Cara Menikmati Manfaat Serta Aroma Kopi Hitam

Sebelum menjadi aktivitas yang digemari oleh kawula muda, kopi memang telah jadi minuman yang paling disukai oleh masyarakat di Indonesia. Pecinta kopi ini juga tidak pandang bulu. Mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah mengenal jenis minuman yang satu ini. Jenis minuman dan makanan yang terbuat dari kopi pun sekarang semakin beragam. Minuman campuran kopi dengan susu, gula, teh, krim, maupun lainnya mulai populer di kalangan anak muda. Namun, untuk kopi hitam mungkin tidak semua orang menyukainya. Kopi yang memiliki rasa pahit ini biasanya hanya dinikmati orang-orang tertentu saja. Pasalnya, tidak semua orang menyukai rasa pahit yang ada dalam kopi hitam. Namun untuk pecintanya, justru rasa pahit dan aroma kopi hitam inilah yang membuat mereka tertarik dengan jenis kopi yang satu ini.

Daya tarik kopi hitam ini justru terletak dari aromanya yang lebih harum. Selain itu, rasa pahit kopi hitam teritama kopi yang berkualitas tinggi akan semakin nikmat. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi kopi hitam justru mereka yang memiliki tngkat sensitifitas yang tinggi terhadap rasa pahit. Bagi pecinta kopi hitam, rasa pahit yang muncul saat meminum kopi tersebut justru memberikan sebuah kepuasan.

            Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Tak hanya nikmat, ternyata kopi hitam juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Meskipun kopi yang satu ini memiliki aroma, rasa dan dan warna yang lebih pekat, namun ternyata kandungan kafein dari kopi hitam jauh lebih sedikit lho.  Tak hanya itu, kopi hitam ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam kopi hitam.

pexels.com
  1. Mencegah stress dan depresi

Manfaat kopi yang pertama adalah mencegah stress maupun depresi. Saat kita memiliki banyak masalah yang harus dipikirkan, kita cenderung mengalami stress. Jika tidak segera diatasi, stress ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lainnya. Makanya, jika ingin menghindari stress, minumlah kopi. Aroma kopi hitam saat diseduh memberikan efek rileks kepada tubuh kita. Jika kita rileks, masalah apapun yang kita hadapi akan lebih mudah dicari solusinya.

  1. Meningkatkan daya ingat

Tahukah anda bahwa kopi dapat meningkatkan daya ingat? Namun tentu saja jika kopi dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan merupakan hal yang tidak baik, begitu juga dengan minum kopi. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan daya ingat. Dan sebaiknya kopi yang anda minum adalah kopi hitam. Kopi jenis ini belum dicampur dengan berbagai bahan maupun zat kimia, sehingga aroma kopinya dominan. Kadar kafein maksimal untuk anda pecinta kopi yang minum kopi setiap hari adalah 200mg/hari. Ukuran ini setara dengan dua gelas kopi.

  1. Melancarkan metabolisme

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan kelancaran proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang baik, akan membuat tubuh kita semakin sehat. Jika ingin minum kopi hitam, sebaiknya pilih kopi hitam yang langsung dihaluskan dari biji kopinya. Hindari kopi instan dimana di dalamnya telah tercampur oleh bahan kimia.

  1. Mengurangi risiko terkena kanker kulit

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat ternyata juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker, terutama kanker kulit. Kafein dalam kopi kabarnya mampu menghambat adanya pembentukan kanker kulit atau karsiogenesis yang biasanya disebabkan oleh sinar UV. Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan membantu memperlambat proses apoptosis yang dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan sel kanker.

  1. Mencegah terserang penyakit jantung

Penyakit bahaya lainnya yaitu penyakit jantung ternyata dapat anda cegah dengan cara mengkonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang tepat. Untuk mencegah penyakit jantung, anda bisa mengkonsumsi paling banyak 3 cangkir kopi dalam sehari.

  1. Membantu diet

Untuk anda yang sedang diet dengan tujuan menjaga berat badan, maka tambahkan kopi dalam agenda diet anda. Minumlah kopi maksimal 2 cangkir setiap harinya selama melakukan diet. Tapi ingat, minumlah kopi hitam tanpa gula karena kadar gula yang tinggi tentu dapat menggangu proses diet.

 

Beberapa manfaat kopi tersebut pastinya hanya jika anda mengkonsumsinya tanpa tambahan gula dan bukan kopi instan. Pasalnya kopi instan telah tercampur dengan berbagai bahan kimia serta memiliki kadar kafein yang lebih banyak. Sedangkan ukuran kafein yang boleh kita konsumsi setiap harinya hanya sampai 200 mg saja. Tidak ada salahnya mengkomsumsi kopi instan, namun sebaiknya jangan terlalu sering.

pexels.com

            Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

 

Selain baik untuk kesehatan tubuh, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Bahkan sekarang ini dapat kita lihat mulai banyak produk kecantikan mengandung kopi. Mulai dari lulur, masker, lipstik, dan masih banyak lagi. Aroma kopi cenderung disukai oleh orang karena aroma kopi memang mampu memberikan ketenangan bagi yang menghirupnya. Selain itu kandungan zat dalam kopi juga memiliki khasiat yang bagus untuk membuat kulit semakin cantik. Berikut ini adalah manfaat dari kopi untuk kecantikan.

 

  1. Mengencangkan kulit

Karena sering terkena paparan sinar matahari dan pengaruh usia, kulit seringkali menjadi kendor. Kulit yang kendor dan keriput merupakan salah satu ketakutan bagi para wanita. Jika anda mengalami masalah kulit yang satu ini, sebaiknya manfaatkan kopi dengan baik. Penggunaan kopi ini bisa anda lakukan dengan cara alami, atau dengan membeli produk kecantikan yang mengandung kopi.

  1. Menghilangkan mata panda

Manfaat kopi berikutnya adalah menghilangkan mata panda. Lingkaran hitam di sekitar mata mbuat wajah menjadi kurang sedap dipandang. Lingkar hitam yang muncul karena kurang tidur maupun masalah lainnua ini bisa kamu atasi dengan menggunakan masker kopi. Untuk hasil tanpa efek samping sebaiknya di gunakan bubuk kopi yang baru dihaluskan. Selain maa panda, masalah bekas jerawat dan bintik hitam di sekitar wajah juga bisa diatasi dengan kopi hitam. Mau tahu resep menggunakan kopi untuk mata panda? Gampang kok. Cukup campurkan setengah sendok teh bubuk kopi dengan minyak zaitun. Baru setelahnya tambahkan sedikit air agar teksturnya tidak lengket. Setelah kopi dan minyak zaitu tercampur rata, maka oleskan di bagian bawah mata. Diamkan selama kurang leb ih 10 menit, lalu bilas dengan air.

  1. Mewarnai rambut

Tak hanya bagus untuk wajah, kopi juga memiliki khasiat yang bagus untuk rambut. Jika ingin rambut jadi verwarna coklat alami, anda bisa buat ramuan berbahan dasar kopi. Ramuan tersbeut dapat dibuat dengan cara berikut ini. Pertama, seduh kopi seperti saat akan diminum, hanya saja jangan tambahkan gula, hanya air dan kopi saja. Setelah itu biarkan dingin. Tuangkan air kopi tadi ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Peras pelan-pelan rambut dan tutup dengan shower cap selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu bilas rambut anda hingga bersih.

  1. Anti-aging

Produk anti aging merupakan produk yang dijual cukup mahal. Namun, dengan kopi anda tdak perlu membeli anti-aging lagi. Pasalnya kopi yang dicampurkan dengan garam esom atau gula dapat anda jadikan scrub wajah. Khasiatnya adalah untuk menghilangkan bintik hitam yang kerap kali muncul akibat sering terpapar sinar matahari.

  1. Membersihkan sel kulit mati

Memiliki kaki yang mulus merupakan impian setiap wanita. Jika terdapat sel kulit mati di kaki, maka penampakannya jadi kurang sedap dipandang. Namun, dengan menggunakan kopi anda bisa mewujudkan impian anda untuk memiliki kaki yang bagus. Bagaimana caranya? Pertama, seduh kopi dengan air panas. Setelah itu siapkan sebuah ember atau baki kecil yang akan digunakan untuk meremdam kaki. campurkan kopi ke air di dalam baki dan biarakan suhu airnya dingin. Baru setelahnya, masukkan kaki ke dalam baki atau ember untuk direndam. Jangan lupa untuk selalu memakai alas kaki jika sedang melakukan proses yang satu ini. Jika dilakukan secara rutin, kaki anda akan mulus dan tidak mengalami gangguan kaki pecah-pecah.

  1. Untuk Eksfoliasi kulit

Ternyata, tak hanya menghilangkan kulit mati pada kulit saja. Kopi juga dapat kamu gunakan untuk mengangkat kulit mati di bagian tubuh lainnya. Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kenapa kulit anda menjadi kusam. Jika kulit kusam, hal tersebut dapat mengurangi kepercayaan diri anda. Jika ingin memiliki cantik yang bersih dan sehat ikuti cara berikut ini. pertama, campur bubuk kopi dengan perasan lemon. Lalu mulai gosokkan campuran kopi dan air lemon seperti sedang menggunakan lulur kering. Diamkan beberapa saat hingga kering, baru bilas. Eksfoliasi yang dilakukan dengan kopi, tidak memiliki efek samping, jadi lebih aman untuk digunakan. Setelah menggunakan eksfoliasi dengan kopi, perlahan anda akan mulai merasakan perbedaan pada kulit anda. Tak hanya cerah, kulit anda juga akan semakin mulus.

pexels.com

Dari kedua poin di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kopi memiliki manfaat yang sangat banyak. Belakang ini sedang populer minuman dengan campuran kopi dengan bahan lainnya. mengkonsumsi kopi memang bukan hal yang buruk. Namun, jika dikonsumsi terlalu berlebihan, kopi juga dapat memberikan dampak yang buruk. Jika manfaatnya sebanyak itu, maka yang awalnya tidak menyukai kopi hitam mungkin akan mulai penasaran karena manfaat yang dimilikinya. Padahal daya tarik kopi pahit ini tidak hanya dari manfaatnya saja, namun juga dari aroma dan citarasanya.

 

Sayangnya tidak semua orang suka dengan rasa pahit yang khas pada kopi. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menikmati kopi tanpa gula yang rasanya pahit tersebut agar lebih nikmat.

  1. Mengurangi pemakaian gula

Yang sudah terbiasa minum kopi dengan gula, akan terasa aneh jika tiba-tiba meminum kopi tanpa gula. Makanya, untuk membiasakan lidah, kurangi gulanya secara perlahan-lahan. Apalagi kita juga tahu bahwa mengkonsumsi gula terlalu banyak juga tidak baik.

  1. Mencoba mencicipi

Cara yang kedua adalah dengan mencoba mencicipi. Mencicipi artinya hanya mencoba sedikit saja. Jika memang saat mencicipi kamu masih bisa meminumnya, berarti lain kali kamu harus mencoba jenis kopi lainnya.

  1. Mencoba berbagai jenis kopi

Kepekatan dan rasa pahit pada kopi tergantung padanya bagaimana proses pengolahannya sebelum siap untuk diseduh. Bahkan rasa kopi yang dikupas dengan cara manual atau tidak ia tetap bisa mempengaruhi rasa dan kepekatannya. Rasa kopi yang berasal dari daerah tertentu juga biasanya lebih enak, jadi tidak heran jika kopi kopi dari daerah tertentu dijual dengan harga murah.

  1. Mencoba cara menyeduh

Agar tidak bosan dan menemukan berbagai citarasa kopi hitam, cobalah cara menyeduh yang berbeda-beda. Perlahan anda akan mulai merasakan perbedaan rasa yang dihasilkan dan lidah andapun akan lebih sensitif. Pecinta kopi, lidahnya jauh lebih sensitif terhadap rasa karena dapat merasakan rasa pahit yang tidak semua orang dapat menerimanya.

  1. Berani

Cara lainnya agar bisa menikmati kopi hitam adalah dengan berani mencoba. Mungkin awalnya akan sangat tidak nyaman, namun lama kelamaan jika anda nikmati, rasa pahit yang tidak enak itu akan berubah menjadi rasa yang ingin anda nikmati lagi.

pexels.com

Sekarang ini bisnis kopi sedang menjamur. Semakin banyak yang tertarik untuk membuat bisnis dalam bidang kopi. Pasalnya, peminat kopi hitam yang dulu hanya diminati pecinta kopi saja dan kebanyakan orang tua sekarang juga makin disukai oleh mereka yang hanya merasa tertarik saja. Meski begitu, kopi yang sudah dicampur dengan berbagai bahan jauh lebih disukai. Makin banyak saja kedai kopi yang dibangun di berbagai tempat. Tidak dipungkiri, kopi merupakan minuman yang paling tepat untuk berbagai suasana. Mau bersantai, teman begadang, ataupun hidangan pembuka hari bisa anda habiskan dengan kopi.

 

Kopi sendiri banyak jenisnya, jika anda adalah penikmat kopi, tidak ada salahnya mengenali berbagai jenis kopi hitam. Pertama, ada yang namanya espresso atau biasa juga disebut dengan short black. Jenis kopi hitam yang satu ini merupakan kopi satu shot yang biasa dihidangkan di dalam gelas berukuran 30 ml. Kopi ini merupakan kopi hitam murni tanpa campuran. Selanjutnya, ada juga americano atau long black. Americano ini merupakan versi besar dari espresso. Jenis kopi hitam yang ketiga adalah Risretto yang merupakan kopi hitam terkuat. Kopi hitam jenis ini perbandingan saat diseduh lebih banyak kopinya dibandingkan air panasnya.

Kopi jenis ini biasa disajikan dalam gelas berukuran 15 ml. Selanjutnya ada macchiato, yang merupakan dua shot espresso ditambah dengan foam susu di bagian atasnya. Jenis kopi hitam yang terakhir adalah Doppio yang juga merupakan versi double espresso. Bedanya, kopi ini disajikan dalam ukuran 60ml. Jenis kopi hitam ini cocok untuk anda yang masih pemula dalam dunia kopi hitam. Pasalnya jika tidak terbiasa meminum kopi hitam, perut juga bisa bermasalah. Untuk itu sebelum mulai minum kopi hitam, pilihlah jenis yang kira-kira bisa anda tangani. Atau anda bisa coba dulu kopi hitam instan kemasan yang tidak terlalu kuat aromanya. Hanya saja, kafein kopi instan bisa lebih tinggi dibandingkan kopi yang diseduh langsung. Apalagi kopi instan juga telah melewati proses pengemasan dengan mesin packing otomatis yang juga terdapat bahan kimia di dalam kemasannya.

Jika anda ingin menikmati manfaat kopi, maka konsumsi lah kopi asli dengan jumlah yang tepat. Karena mengkonsumsi kopi berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa atur waktu untuk menikmati kopi agar tidak perlu menikmati bahaya minum kopi. Ukuran konsumsi kopi setiap harinya tidak lebih dari 200mg.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *