Bahaya Ibu Hamil yang Tidur di Lantai Tanpa Alas

Ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, terutama setelah kehamilan masuk ke trimester 3. Tidak ada larangan untuk tidur di lantai, namun bahaya ibu hamil yang tidur di lantai tanpa alas sebaiknya menjadi perhatian. Terlalu sering tidur di lantai tanpa alas akan tidak sehat bagi ibu hamil.

Bahaya yang paling jelas dan dapat dirasakan langsung adalah ibu hamil mengalami gangguan tidur. Tubuh ibu hamil membutuhkan tempat yang nyaman untuk bisa tidur dengan baik dan berkualitas. Permukaan lantai yang cenderung keras dan juga dingin akan membuatĀ  ibu hamil mengalami banyak keluhan tidur.

Jika ibu hamil mengalami gangguan tidur terus menerus, akibatnya bisa menyebabkan tubuh lemas hingga insomnia. Ibu hamil membutuhkan tubuh yang kuat sehingga saat merasa lemas akan ada dampak lain yang dirasakan. Bahaya ibu hamil yang tidur di lantai seperti lesu, mudah gelisah, bahkan depresi.

Kebanyakan lantai rumah sekarang menggunakan keramik yang tidak terlalu bagus dalam mengatur penyerapan suhu. Lantai keramik cenderung dingin sehingga saat ibu hamil merasa gerah biasanya akan memilih tidur di lantai. Padahal tidur di lantai bisa berbahaya, apalagi jika tidak menggunakan alas.

Tidur di lantai berpotensi menyebabkan ibu hamil mengalami masuk angin. Hawa dingin lantai yang langsung bersentuhan dengan tubuh efeknya adalah masuk angin. Ibu hamil dapat mengalami beberapa tanda masuk angin seperti tubuh pegal-pegal, pusing, demam, flu, perut kembung, hingga muntah-muntah.

Saat tubuh ibu mengalami gangguan kesehatan, hal tersebut akan berpengaruh pada janin. Ibu hamil sebaiknya dapat menjaga kesehatan dirinya dengan benar agar janin di dalam rahim juga sehat dan dapat berkembang dengan baik. Pilih tempat tidur yang nyaman dan beralas agar ibu dan bayi selalu sehat.

Itulah beberapa bahaya ibu hamil yang tidur di lantai yang mungkin sering disepelekan. Walaupun lantai terasa lebih sejuk, suhu tubuh akan turun saat tidur sehingga ibu hamil akan merasa lebih dingin. Selain membuat tubuh tidak nyaman, juga berpotensi terserang virus atau bakteri apalagi jika lantainya kotor.