Persiapan Sukses Seleksi Masuk Universitas Indonesia

Sudah tidak asing lagi tentang kampus besar yang menjadi salah satu kampus favorit oleh sebagian calon mahasiswa. Prestasinya baik lokal maupun internasionak, tidak kalah dengan Universitas terbaik lainnya. Kampus yang dimaksud yaitu Universitas Indonesia atau UI. Untuk menjadi salah satu mahasiswa di sana tentu bukan hal yang mudah.

Kampus dengan identitas berwarna kuning yang di juluki sebagai Akronim ini merupakan kampus terbaik di Indonesia bersamaan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Universitas ini berpusat di kota Depok, Jawa Barat berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan.

Untuk masuk perguruan ini, selain melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN yang ditetapkan oleh pemerintah, terdapat pula jalur masuk SIMAK UI atau Seleksi Masuk Universitas Indonesia. Dari tahun ke tahun, untuk seleksi SIMAK UI hanya sekitar 56%. Oleh sebab itu, perlu adanya usaha yang ekstra untuk bisa mencapainnya.

Banyaknya persaingan menjadi salah satu faktor penghambat sekaligus penyemangat. Mengapa demikian? Karena adanya persaingan tentu harus ada kerja keras agar bisa lolos menjadi mahasiswa UI. Oleh karena itu, sebelum menghadapi ujian atau SIMAK, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

  1. Persiapan Fisik

Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah fisik yang sehat. Sebab, kesehatan merupakan hal yang penting agar bisa berfikir jernih. Karena ketika menjalankan ujian SIMAK, perlu kosentrasi yang tinggi dan kekuatan untuk duduk lebih lama. Jika dalam kondisi sakit, maka kemungkinan besar tidak dapat fokus dalam mengerjakan soal.

stocksnap.io
  1. Mental yang Tangguh dan Pahami Apa yang Akan Dihadapi

Mental yang tangguh sangat dibutuhkan sebelum menjalani ujian. Sebab, seperti yang diketahui jika seleksi ini akan sangat ketat daan persaingan semakin kuat. Namun jika dibekali dengan mental yang kuat maka akan semakin percaya diri dan berfikir positif. Oleh karenanya, mental juga akan sangat berpengaruh.

Selain itu juga pahami apa yang harus dilakukan seperti tata cara pelaksaan ujian, tempat ujian dan ruangannya.. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda melakukan survey terlebih dahulu. Sehingga ketika hari ujian tidak gugup dan kebingungan. Usahakan mencari informasi melalui internet ataupun buku panduan SIMAK UI

  1. Kesiapan Materi Ujian

Layaknya ujian pada umumnya, maka pengetahuan harus tetap diutamakan karena dengannya maka soal apapun bisa dikerjakan dengan mudah. Sehingga banyak calon mahasiswa atau peserta SIMAK UI yang mengikuti bimbel UI. Bimbel ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui tipe soal dan tingkat kesulitan.

Biasanya lembaga bimbel akan memberikan contoh soal yang sering dikeluarkan ketika SIMAK. Dengan begitu, akan lebih banyak peluang untuk bisa mengerjakannya.

stocksnap.io
  1. Tentukan Target Belajar

Target belajar sangatlah penting sebelum hari H ujian. Contohnya target dalam satu bulan sebelum hari H sudah menguasai minimal 90% dari materi yang diujikan. Dengan begitu, Anda dapat menentukan target yang akan Anda tetapkan misalnya poin minimal yang akan akamu capai, sehingga bisa menjadi patokan.

Kenali setiap jenis soal misalnya dengan mempelajari soal-soal UN, contoh soal SBMPTN dan SIMAK UI, setelah itu bisa ditutup dengan mengikuti simulasi atau tryout. Jika tidak sempat untuk mengikuti bimbel UI, bisa dengan bimbingan belajar online lewat edutore.

  1. Persiapan Dokumen

Selain fisik, mental dan materi pelajaran, pastikan dokumen yang menjadi syarat sudah terpenuhi. Alangkah lebih baik jika dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari ujian, agar tidak tergesa-gesa dan tidak ada yang terlewat. Selain itu juga persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan dan siap digunakan seperi pensil dan lainnya.

  1. Manajemen Waktu Mengerjakan

Manajemen waktu megerjakan sangatlah penting agar tidak kekurangan waktu dan dapat memanfaatkan secara maksimal waktu tersebut. Misalnya setiap satu soal maksimalkan 3 menit untuk menjawabnya. Selalu utamakan mengerjakan soal yang di anggap paling mudah terkebih dahulu sehingga tidak stres di awal.

  1. Rilex

Yang namanya ujian, tentu akan sangat menegangkan. Walaupun demikian harus tetap mampu untuk mengendalikan diri agar kosentrasi tetap terjaga. Selain itu juga jangan tergesa-gesa ketika mengerjakan soal. Percaya diri dapat menyelesaikan soal dengan masksimal tanpa menghiraukan orang lain atau para pesaingnya.

stocksnap.io
  1. Periksa Jawaban Sebelum Meninggalkan Ruang

Tips yang ini akan sangat penting untuk mengecek kembali lembar jawab. Pastikan semuanya telah terjawab dan yakin. Oleh sebab itu, sisakan waktu untuk hal yang seperti ini karena akan sangat berpengaruh pada hasilnya nantinya. Dengan begitu, akan semaakin mantap dan optimis.

  1. Lupakan dan Berdo’a

Setelah selesai mengerjakan, maka lupakan dan jangan mencoba mengingat kesalahan. Kebiasaan para peserta adalah mengecek jawaban setelah selesai ujian, apabila terdapat kesalahan maka akan terus terngiang dan membuat tidak percaya diri. Alangkah lebih baik jika menyerahkan hasilnya pada Sang Maha Kuasa dengan cara berdo’a.

Itulah beberapa tips dan persiapan sebelum, saat dan sesudah melaksanakan ujian SIMAK UI. Belajar yang maksimal memang penting, selain lewat bimbel juga bisa belajar via online melalui Edutore.com. Jika percaya dengan kemampuan diri sendiri maka bisa dengan belajar secara otodidak dan termasuk belajar gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *