Ketahui Bahaya Bisa Anjing Dan Cara Menanganinya

Hewan anjing mungkin sudah dianggap sebagai hewan yang haram untuk disentuh oleh umat Muslim. Namun begitu, ada alasan mengapa hewan tersebut dianggap haram dalam syariat Islam. Bisa anjing seringkali menjadi penyebab utama seorang Muslim menjauhi hewan tersebut. Selain kotor, bisa anjing juga dianggap berbahaya karena bisa menularkan rabies. Benarkah hal tersebut?

Fakta mengenai bisa anjing yang perlu anda ketahui

Mungkin bagi mereka yang suka memelihara dan melakukan kontak fisik dengan anjing, tidak jarang mendapatkan perlakuan khusus dari sang anjing berupa jilatan manja pada tangan atau wajah. Hal tersebut sebenarnya tidak akan mengakibatkan dampak serius pada manusia yang memiliki kekebalan tubuh kuat.

Namun bisa anjing bisa saja berbahaya bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh rentan. Berikut ini fakta mengenai bisa anjing yang perlu anda ketahui :

pxhere.com
  1. Liur anjing bisa menyebabkan penyakit kulit

Tidak jarang orang yang memiliki peliharaan berupa hewan anjing sering sekali mendapatkan jilatan-jilatan di berbagai daerah pada tubuh. Padahal, jilatan anjing pada kulit manusia secara langsung tidak menjamin tidak ada penularan penyakit kulit sebagai akibatnya. Terkadang, ruam dan gatal pada kulit bisa langsung terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan bisa anjing.

  1. Liur anjing membawa parasit ke dalam tubuh manusia

Penyakit kulit memang menjadi salah satu akibat dari adanya kontak langsung kulit dengan bisa anjing. Namun ternyata masih ada dampak lain dari air liur anjing, yaitu penularan parasit ke dalam tubuh manusia. Anjing memiliki perilaku suka menjilat berbagai permukaan benda kotor ataupun bahkan anus anjing lainnya.

Hal tersebut menyebabkan anjing memiliki peluang besar menularkan parasit ke dalam tubuh manusia. Parasit berbahaya penyebab penyakit demam, batuk, dan pilek serta berbagai penyakit berbahaya lainnya bisa ditularkan melalui perantara air liur anjing.

  1. Liur anjing bisa menyebabkan penyakit rabies dan berbagai penyakit lainnya

Berbagai penyakit berupa rabies dan juga tetanus menjadi akibat dari jilatan anjing yang dilakukan pada kulit manusia. Baik rabies dan tetanus mampu mengundang kematian bagi siapapun bagi yang mengidapnya. Selain kedua penyakit tersebut, liur anjing juga menyebabkan penyakit Pasteurella.

pxhere.com

Cara menangani gigitan anjing sebagai pertolongan pertama

Kemungkinan digigit anjing bisa saja terjadi bagi mereka yang hidup di lingkungan yang memelihara anjing. Baik liur dan bisa yang dimiliki anjing sama-sama berbahaya. Liur yang terjadi karena jilatan anjing memang akan berbahaya bila terkena luka terbuka yang ada di tubuh manusia. Bisa anjing juga akan membahayakan manusia jika ditularkan melalui gigitan.

Untuk melakukan pertolongan pertama, berikut ini hal-hal yang harus dilakukan setelah seseorang digigit anjing :

  1. Periksa kedalaman sobekan kulit

Ketika digigit anjing, ada yang sobek kulitnya dan ada yang hanya memar. Periksa kedalaman sobekan kulit akibat gigitan anjing. Apabila kulit tidak sobek, oleskan air hangat dan juga zat antibakteri. Apabila kulit sobek, bersihkan luka menggunakan air hangat dan lalu keluarkan darah sebanyak mungkin dari luka bekas gigitan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan kuman akibat bisa anjing agar tidak terlanjur masuk ke dalam tubuh. Lalu setelah itu, hentikan pendarahan menggunakan kain dan kemudian oleskan zat antibakteri seperti alkohol. Langkah terakhir, tutup luka menggunakan perban.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Setelah menangani luka, ada baiknya jika orang yang digigit anjing menenggak obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Kedua jenis obat tersebut akan meredakan nyeri sambil menjadi anttibodi bagi tubuh yang digigit oleh anjing. Sebagai antibodi, parasetamol dan ibuprofen bisa menjadi tameng bagi tubuh dari virus-virus yang ditularkan anjing.

pxhere.com
  1. Pergi ke dokter segera

Semua gigitan anjing perlu penanganan yang serius, baik yang menimbulkan sobekan pada kulit maupun yang tidak. Periksa luka apakah luka tersebut membaik seiring waktu atau malah bertambah parah dan menimbulkan penyakit lain seperti pembusukan. Luka yang cukup sulit penyembuhannya adalah yang menimbulkan luka.

Anda harus segera mengunjungi dokter apabila anjing yang menggigit anda tampak tak terurus dan liar karena kemungkinan besar anjing tersebut membawa virus rabies. Selain itu, anjing yang tampak sakit juga kemungkinan besar menularkan penyakitnya kepada manusia. Apabila luka gigitan anjing semakin parah, anda juga harus segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Gigitan anjing memang harus benar-benar mendapatkan penanganan yang serius. Anjing menggigit manusia karena merasa tidak aman dan terancam. Ciri-ciri anjing yang akan menggigit anda pun bisa dilihat dari ekspresinya menatap anda. Biasanya, pertanda anjing akan menggigit seseorang terlihat dari ekspresi garangnya.

Anjing tersebut juga akan menampakkan gigi-gigi besarny sambil menatap anda sinis. Kaki anjing tersebut juga akan menegang karena mempersiapkan ancang-ancang terbaik untuk menyerang anda. Telinga si anjing juga akan bergerak-gerak ke depan dan kebelakang.

Ada banyak ras anjing ganas di dunia. Dari hasil survey, Dalmatian menjadi urutan terakhir dari ras anjing ganas di seluruh dunia. Dan yang menempati urutan pertama vicious dog breeds adalah ras anjing Pitbull.  Anjing Pitbull diketahui sebagai ras anjing paling ganas yang ada di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *