Tips Memilih Tukang Borong Bangunan

Membuat maupun merenovasi bangunan memang bukan pekerjaan mudah. Perkara ini harus ditangani oleh mereka yang sudah ahli dan profesional. Karena akan sangat berhubungan dengan kualitas dan tentunya laporan keuangan di akhir nanti tentang berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan tersebut. Ada dua jenis tenaga khusus bangunan yang dapat dipakai, yaitu tenaga borong bangunan dan tenaga harian. Masing-masing tentu memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya.

 

  1. Sistem Borongan

Sistem borongan sendiri terdiri dari dua pola, yaitu borongan upah tenaga serta upah keseluruhan. Pada pola upah tenaga, kita hanya perlu membayar upah tukang sementara material yang digunakan akan disiapkan sendiri. Biaya yang diperlukan akan lebih murah dan besar biaya upah akan ditentukan oleh luas bangunan. Pekerjaan tukang juga harus diawasi.

 

  1. Sistem Harian

Pada sistem ini, tukang akan bekerja terus sehingga tidak ada waktu menganggur. Kita bisa menghentikan tukang jika pekerjaannya terbilang tidak memuaskan. Pekerjaan tukang juga harus diawasi supaya tidak ada kesempatan menganggur yang akan berdampak pada waktu selesainya pengerjaan proyek serta membuat upah makin meningkat.

unsplash.com

Penggunaan sistem harian ini lebih cocok untuk pekerjaan renovasi singkat. Sebagai contoh adalah mengecat, mengganti letak pintu, memasang keramik dan sebagainya. Untuk pekerjaan pembangunan rumah sebaiknya menggunakan sistem borongan karena jatuhnya lebih murah dan menguntungkan.

 

Baik sistem borongan maupun sistem harian memiliki keunggulan masing-masing. Kita bisa menyesuaikan mana yang hendak dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing. Sebaiknya kita juga sesuaikan dengan buget yang dimiliki supaya tidak over budget. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih tukang borongan saat membangun rumah.

 

  1. Jenis Pekerjaan

Jika kita butuh tukang untuk perbaikan rumah skala kecil, maka yang sebaiknya dipilih ialah sistem harian. Ini karena harga satuan pekerjaan tukang akan lebih murah. Sementara untuk renovasi berat atau pembangunan rumah, borongan akan lebih direkomendasikan. Berikan penjelasan pada tanga kerja supaya hasilnya akan jadi lebih maksimal sesuai rancangan.

 

  1. Kontrak Tertulis

Kontrak ini bisa dilakukan sebagai langkah berjaga-jaga agar haisl bangunan berkualitas bagus. Buat kontrak dengan penyedia jasa borong bangunan yang mengatur upah hingga etos kerja. Selain pengerjaanya tepat waktu, hasil pekerjaan juga tidak boleh sembarangan serta tetap memperhatikan kualitas bangunan supaya tidak mudah rusak.

 

  1. Menggunakan Jasa Kontraktor

Apabila kita tidak mau repot dalam mengurus harga borongan serta material, maka ada baiknya untuk pertimbangkan jasa kontraktor. Sistem kerjanya terjamin dan kita tidak harus melakukan pengawasan mengingat adanya mandor yang akan bertugas di lapangan. Harga borongan juga akan lebih kompetitif serta waktu pengerjaan yang tepat sesuai perjanjian.

unsplash.com
  1. Rekam Jejak Tukang Bangunan

Cara termudah dalam mendapat harga satuan dari pekerjaan tukang bangunan yang berkualitas ialah bertanya pada teman atau anggota keluarga yang sebelumnya pernah menggunakan jasa yang sama. Tanyakan pula pengalaman tukang bangunan tersebut dalam pekerjaan membangun yang pernah dilakoninya. Jika cocok, kita bisa mulai nego harga.

 

Harga borongan yang ditetapkan karyatukang.com akan terbagi dua, yaitu tipe material serta non material. Jika kita hendak membeli perlengkapan sendiri, maka gunakan saja tenaga borong karena harga akan lebih hemat dibanding tenaga borong plus material. Akan tetapi jika ingin mendapat hasil bersih, serahkan semua keperluan pada tukang borongan.

 

Sebelum kita putuskan merenovasi rumah, ketahui dulu harga borongan per meter dari semua pekerjaan tukang serta mandor yang diperlukan. Seringkali orang akan sulit dalam memilih tukang terutama ketika menghitung biaya upah borongan per meter. Supaya hasil yang didapat bisa memuaskan dan tidak membuat tekor, cermatlah dalam menggunakan jasa satu ini.

 

Harga borongan bangunan maupun materialnya memang akan berubah-ubah dan tidak stabil. Hal ini tentu akan mempengaruhi biaya jasa borongan. Tiap tahun ada saja kenaikan untuk harga borongan rumah maupun ruko, termasuk pula rumah 2 lantai. Harga borongan juga akan berbeda-beda yang didasarkan pada pekerjaan yang dilakukan.

unsplash.com

Beberapa pekerjaan karyatukang.com di antaranya adalah persiapan, pondasi, pasang bata atau batako per meter, rangka atap, kusen, keramik, pemasangan plafon, pembuatan sanitasi, listrik, pengecatan dan lain-lain. Pekerjaan yang berbeda tentu akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga biaya yang dibutuhkan juga tidak akan sama.

 

Tiap daerah umumnya memiliki besaran upah tukang yang berbeda-beda juga. Kita tidak bisa samakan upah tukang di kota besar seperti Jakarta dengan di kota kecil seperti Purwokerto. Perbedaan upah tukang ini menyebabkan perubahan harga bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu di awal.

 

Inilah pentingnya memilih jasa borongan terpercaya seperti karyatukang.com agar kita bisa mengonsultasikan besaran upah di awal. Sepakati juga tanggal bangunan harus jadi agar pengerjaan memiliki target dan bisa selesai tepat waktu. Tidak lupa juga konsultasikan material yang akan digunakan serta desain dan tipe rumah agar sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Pembangunan rumah memang butuh waktu lama dan biaya yang tidak sedikit. Itulah mengapa kita harus mempertimbangkan dan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Jangan sampai ada hal yang membuat kita menyesali hasil pembangunan rumah di kemudian hari. Apalagi karena rumah akan ditempati dalam jangka panjang hingga berpuluh tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *