Buah Maja dan Khasiatnya untuk Kesehatan

 

Buah maja atau Aegle Marmelos merupakan buah yang memiliki kulit hijau dan bagian dalam kuning. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah sebagai bahan sirup, nektar, atau selai. Maja juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Khasiat Buah Maja

  1. Meredakan diare

Diare dapat berakibat serius apabila tidak segera ditangani. Pada saat diare, tubuh akan mengalami dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi tubuh kekurangan cairan tersebut adalah dengan mengonsumsi maja. Buah ini dapat dibuat jus atau dikonsumsi langsung.

  1. Antibiotik alami

Maja mengandung antibiotik alami yang bisa dikonsumsi untuk mencegah infeksi bakteri. Tidak hanya buahnya saja, tetapi bagian akar dan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami. Tanaman maja bisa menjadi antibakteri yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Mencegah sembelit

Masalah pencernaan yang satu ini mungkin sudah pernah dialami oleh sebagian besar orang. Sembelit disebabkan karena kurangnya asupan serat sehingga pergerakan di dalam usus menjadi lambat dan mengeras. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengonsumsi maja secara rutin.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi lebih serius. Bagi penderita diabetes, kini dapat menggunakan maja untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi maja secara rutin, baik dengan direbus atau dikonsumsi langsung.

  1. Mengatasi kulit gatal

Manfaat dari tanaman maja selanjutnya adalah untuk mengatasi gatal pada kulit. Bagian yang digunakan adalah daunnya dan dicampur dengan kapur sirih. Daun maja dan campuran sirih kemudian digosokkan ke bagian kulit yang gatal sebagai obat luat.

  1. Menurunkan demam

Demam terjadi saat suhu tubuh terlalu tinggi dan lebih sering terjadi pada anak-anak. Selain obat kimia, demam juga bisa ditangani dengan obat-obatan herbal seperti tanaman maja. Manfaatkan akar maja untuk direbus dan diminum agar suhu tubuh segera turun.

Buah yang termasuk jeruk-jerukan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Buah maja dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit agar tampak awet muda. Kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat membantu mencerahkan kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *