Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis

Apakah Anda pernah berpikir bahwa dengan budget yang minim, namun bisa membuat sebuah rumah? Bagi sebagian orang, hal ini pasti akan terlihat mustahil apalagi membangun rumah bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Bahkan biaya yang dibutuhkan pun terbilang cukup banyak dan cukup menguras kantong. Lalu berapakah estimasi biaya yang dibutuhkan?

Memiliki sebuah mimpi berupa keinginan membangun sebuah rumah adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Namun, apakah mungkin dengan biaya yang sedikit ini bisa memenuhi keinginan untuk memiliki hunian minimalis? Apalagi saat ini sudah banyak orang yang dengan sengaja membangun hunian minimalis karena dianggap mampu dijadikan investasi menguntungkan.

pxhere.com

Mengetahui Pengertian Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki sebuah konsep berupa pengaturan perabotan yang ada di dalam rumah dengan desain yang modern atau desain masa kini. Saat ini rumah minimalis yang dibangun oleh banyak orang sudah terinspirasi dari gaya hidup seseorang bernama Zen yang berasal dari Jepang.

Di mana Zen ini memiliki sedikit perabotan. Karena rumah minimalis dinyatakan bahwa semakin sedikit perabotan yang ada, maka akan semakin nyaman bahkan tenang siapa pun yang akan tinggal di dalamnya. Biasanya, untuk berbagai pilihan tipe rumah yang termasuk dalam kategori rumah minimalis ini disediakan seperti tipe 21, tipe 36, tipe 45 dan juga tipe 60.

Untuk beberapa tipe berupa angka di atas merupakan sebuah angka dalam bangunan rumah dengan ukuran meter persegi. Namun, selain ini ada beberapa ukuran rumah yang lebih besar namun dinyatakan sebagai sebuah rumah minimalis atau rumah sederhana. Ada juga rumah minimalis dengan 1 lantai, 2 lantai bahkan hingga 3 lantai.

Untuk perhitungan budget membangun rumah sederhana bisa Anda hitung dari berapa luas rumah yang akan Anda bangun, kemudian perabotan apa saja yang akan digunakan, dan berbagai perhitungan lainnya. Anda harus memulainya dengan menentukan apa dan bagaimana konsep rumah yang akan Anda bangun nantinya sesuai dengan apa yang Anda impikan.

pxhere.com

Langkah-Langkah Membangun Rumah Minimalis

Setelah Anda mulai menentukan dengan membuat konsep rumah seperti apa yang Anda inginkan, dari situlah Anda bisa membuat perkiraan anggaran yang dibutuhkan. Seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan, Anda wajib untuk menabung dan membeli beberapa perabotan minim yang akan diletakkan di dalam rumah sehingga nantinya jauh lebih mudah untuk dirawat.

Rumah minimalis yang Anda inginkan ini bisa didapatkan dengan berbagai macam cara. Baik dilakukan dengan mencarinya ataupun dilakukan dengan membangunnya. Apabila Anda lebih suka model rumah yang sudah jadi dan tinggal Anda huni, maka Anda bisa mencari dengan berburu lokasi rumah strategis yang ada di kota Anda.

Sedangkan jika Anda ingin membangunnya sendiri dengan desain yang benar-benar diinginkan, maka Anda harus memiliki konsep yang tepat dan jelas. Biasanya kedua anggaran yang akan dikeluarkan ini juga sesuai dengan berbagai alat-alat berat yang dibutuhkan dalam pembuatan rumah minimalis seperti yang Anda inginkan.

pxhere.com

Berapakah Harga Pembangunan Rumah Minimalis?

Selama membangun rumah sederhana atau biasa disebut dengan rumah minimalis yang Anda inginkan, maka Anda wajib memahami berbagai pertimbangan biaya yang akan dikeluarkan. Nah, beberapa informasi yang harus Anda pahami diantaranya adalah:

  • Ongkos Jasa Tukang

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membangun sebuah rumah minimalis pastinya jasa tukang. Tukang adalah seseorang yang akan berperan dengan sangat penting demi mewujudkan sebuah rumah minimalis yang Anda inginkan. Anda bisa membayar beberapa jasa tukang ini baik harian, mingguan, borongan, dan yang lainnya.

  • Menghitung Luas Bangunan

Anda juga wajib untuk memperhitungkan berapa luas bangunan dari rumah yang akan Anda bangun. Nantinya, Anda juga wajib untuk mengetahui harga jasa trowel yang dibutuhkan untuk menghaluskan beberapa bagian bangunan yang sudah dilakukan pengecoran.

  • Menghitung Biaya Bahan Bangunan

Setelah Anda mendapatkan tukang bangunan dan paham berapa luas bangunan dari rumah yang akan Anda bangun, maka tahap selanjutnya yang dilakukan adalah menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan. Untuk beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan biasanya adalah batako, cakar alam, besi beton, genteng, dan lainnya.

  • Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain ini harus Anda anggarkan selama proses pembangunan rumah minimalis. Karena kita pastinya tidak bisa memprediksi apabila suatu saat ada beberapa bahan yang kurang dan tidak terhitung dari perhitungan awal disaat melakukan pembangunan rumah minimalis.

pxhere.com

Pentingnya Penggunaan Alat Berat untuk Rumah Minimalis

Jadi, itulah sebagian informasi tentang cara membuat dan memperhitungkan budget membuat rumah sederhana yang bisa Anda perhitungkan dengan sangat matang. Ada banyak pertimbangan lain yang harus dilakukan apalagi di saat Anda memilih untuk menyewa beberapa alat berat seperti trowel, pompa beton, dan masih banyak lagi lainnya.

Pemilihan jasa bahkan rekomendasi dari harga jasa trowel ini juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Usahakan untuk menambahkan biaya lebihan dalam pembangunan sebanyak 10% dari daftar anggaran yang sebelumnya sudah Anda buat. Hal ini dilakukan agar tidak akan ada biaya besar lain yang harus Anda tanggung selama membangun rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *