Budidaya Ikan Betok yang Mudah dan Menghasilkan

Keyword : ikan betok

 

Apabila saat ini anda membutuhkan informasi tentang budidaya ikan betok maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Ikan ini merupakan jenis ikan tawar yang dihidup di sungai, danau, dan waduk. Ikan ini jarang sekali dijadikan sebagaiikan piaraan. Ikan tawar ini termasuk ikan yang memiliki sifat pemangsa atau karnivora.

Ikan ini memiliki nama-nama lain seperti di Jawa disebut ikan betik, di melayu disebut ikan puyu, dalam bahasa Banjar disebut ikan pepuyu. Ikan ini memiliki kemampuan memanjat sehingga disebut Climbing Gouramy. Ikan ini merupakan ikan yang agresif dan mudah sekali ditemui di berbagai perairan. Habitat asli ikan betik ini berada di sungai yang berumput, kolam kecil, parit irigasi, rawa dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan kali ini kan dijelaskan cara budidaya ikan betik yang mudah dan cepat menghasilkan. Mengingat belum banyak para petani yang membudidayakan ikan ini, maka ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu ikan betik ini memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih.

  1. Membedakan ikan jantan dan betina

Ketika anda akan membudidayakan ikan betik ini maka langkah awal yang penting adalah membedakan antara jantan dan betina. Untuk membedakannya anda dapat melihat bentuk tubuhnya. Untuk ikan betina biasanya memiliki tubuh yang memanjang, warnanya agak kusam, perut gendut dan memiliki gerakan yang lamban serta memiliki lubang kelamin yang bulat. Kalau ikan jantan memiliki bentuk membulat, memiliki gerakan lincah, dan lubang kelamin yang memanjang.

  1. Proses pemanenan

Pada tahap pemanenan budidaya ikan betik ini anda dapat melakukan dua cara yaitu dengan memanen secara total dan panen selektif. Pada panen total ini anda melakukan penen tanpa melihat ukuran ikannya. Kalau panen selektif maka anda panen dengan memilih ikan betik yang memiliki ukuran yang sudah besar atau sesuai keinginan saja. Panen selektif ini biasanya hanya dilakukan untuk keperluan dikonsumsi sendiri atau untuk pemilihan indukan.

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat anda lakukan ketika budidaya ikan betok. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memulai budidaya ikan tawar tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *