Burung Kakatua

 

Deskripsi

Salah satu jenis burung yang banyak dicari oleh pecinta burung adalah burung kakatua. Apa saja keunikan da nada berapa jenisnya ? Mari kita simak ulasan berikut ini.

 

Artikel

Anda mungkin sering menyaksikan burung kakatua berada di panggung sirkus. Atau jika anda pecinta kartun, burung ini pernah membintangi film berjudul Angry Bird yang sangat terkenal itu. Selain suaranya yang nyaring dan berbulu indah, burung ini terkenal akan kecerdasannya sehingga seringkali digunakan untuk acara-acara hiburan dikebun binatang dan hiburan lainnya. Beberapa jenis burung Kakatua bahkan mampu menirukan suara manusia.

 

Karena keunikannya inilah, burung Kakatua sering menjadi objek perburuan liar para pemburu. Saat ini, Indonesia memiliki beberapa jenis burung Kakatua yang diantaranya jenis yang dilindungi oleh pemerintah. Habitat burung Kakatua adalah hutan primer dan sekunder yang biasanya berada di tepi hutan. Burung ini dapat hidup diatas permukaan laut hingga ketinggian 100m.

 

Jenis-jenis burung Kakatua

 

Saat ini, keberadaan burung kakatua dihabitat aslinya teranca punah. Selain karena perburuan liar, perubahan iklim dan ekosistem menjadi faktor lain penyebab kepunahan ini. Berikut ini adalah beberapa jenis burung Kakatua yang tersebar di berbagai belahan dunia.

 

  1. Burung Kakaktua putih

Burung ini mudah dikenali dari bulunya yang berwarna putih bersih. Paruhnya berwarna hitam dengan ukuran paruh jantannya lebih besar daripada paruh betina. Selain warna hitam dan putih, terdapat sedikit warna kuning dibagian ekor. Burung ini banyak dijumpai di hutan tropis dan mampu bertahan hidup hingga 80 tahun.

 

  1. Burung Kakaktua Rawa

Burung Kakaktua rawa merupakan jenis yang berasal dari Papua, Indonesia. Seperti namanya, burung ini kerap menghuni daerah rawa. Biasanya, burung kakaktua rawa berukuran tinggi badan antara 35-41 cm, dan berat antara 270-630 gram.

 

  1. Burung Kakaktua Tungging

Jenis yang satu ini paling langka karena banyak diburu sehingga terancam punah. Penangkapan illegal dan pembunuhan sebab kerap kali dianggap hama menyebabkan populasi burung ini terus menurun dari waktu ke waktu.

 

  1. Burung Kakaktua Galah

Nama lainnya adalah Kakaktua mawar atau Kakaktua merah muda. Mereka biasanya dapat dijumpai dihampir setiap bagian daratan Australia. Karena regulasi keluar-masuk satwa di Australia begitu ketat, banyak Negara yang membudidayakan burung ini dan berhasil.

 

Itulah beberapa keunikan dan jenis burung Kakaktua. Bagi anda pecinta burung, bolehlah menjadikan Kakaktua sebagai peliharaan asalkan turut berpartisipasi menjaga populasi burung ini dan mencegah kepunahannya. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *