Beberapa Usaha di Bawah Kepemimpinan Buya Yahya, Berminat Menjadi Bagian Salah Satunya?

Tidak hanya berdakwah, ulama menjalankan banyak pekerjaan lain untuk mendukung kegiatan dakwahnya. Salah satunya dengan membuka berbagai usaha hingga akhirnya, banyak dai yang menjadi pengusaha sukses. Banyak dai yang menjadi pengusaha sukses serta menjadi pendakwah sukses, salah satu diantaranya adalah Buya Yahya. Apakah anda mengetahui siapa beliau? Beliau adalah seorang pendakwah yang memiliki banyak jamaah baik di Cirebon dan daerah lainnya.

 

Menjadi seorang pendakwah sukses, tidak membuat beliau terlupa untuk membantu pendidikan anak Indonesia. Karenanya di Cirebon, beliau membangun sebuah pesantren untuk memberikan pendidikan agama untuk anak-anak sekitar pesantren. Pesantren ini pula yang menjadi usaha awal dari beliau. Selain pesantren adakah usaha lain yang dijalankan oleh beliau? Mari cari tahu bersama tentang usaha-usaha yang dijalankan oleh beliau.

pxhere.com

Beberapa Usaha yang Dipimpin Oleh Buya Yahya

Terdapat beberapa usaha lain yang dijalankan oleh Buya, setelah membuka pesantren didaerah Cirebon. Adapun usaha yang dimaksud adalah sebagai berikut,

 

  1. Minimarket AB

Selain membuka sebuah pesantren, Buya membuka usaha lain berupa market. Melalui market inilah usaha-usaha lain buya dikembangkan. Keberadaan market ini membantu para santri untuk belajar berniaga. Karena pegawai dari minimarket merupakan santri. Selain itu, santri juga dapat membeli berbagai keperluan yang dibutuhkan selama tinggal di pesantren.

 

  1. Dapur Umum

Dalam upaya memberikan amal dan menjadi ladang pahala untuk kehidupannya, Buya berusaha memberikan contoh yang baik untuk masyarakat. Salah satunya dengan membuka sebuah dapur, yang dibuka untuk umum. Keberadaan dapur ini, diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar pesantren yang kurang mampu.

 

  1. Travel Al-Bahjah

Tidak hanya bergerak dalam bidang jual beli kebutuhan sehari-hari, buya juga memperlebar usahanya dalam bidang travel. Dalam usaha ini, disediakan berbagai tiket ke tempat tujuan yang beragam. Adanya travel ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan tiket untuk bepergian. Menariknya, harga tiket di travel ini tergolong mudah dibanding travel lain.

 

  1. Kampus

Menurut informasi yang didapat, buya juga membangun beberapa kampus yang berada di sekitar Cirebon. Namun kampus yang terletak di sekitar daerah Sendang. Kampus-kampus ini diharapkan dapat menjadi tempat para santri belajar hingga ke perguruan tinggi. Dalam kampus ini setiap santri yang memiliki prestasi akan mendapatkan reward tertentu.

pxhere.com
  1. Penerbit Pustaka

Masih dalam bidang pendidikan, buya, juga membuka usaha dalam bidang penerbitan. Telah banyak buku yang dikeluarkan oleh penerbitan ini. Namun yang terutama adalah menerbitkan buku-buku yang bernuansa agama. Tapi, jika mencarinya secara berkala, anda mungkin menemukan beberapa buku menarik yang tidak berbau agama dari penerbit ini.

 

  1. SDIQU

Untuk pendukung pendidikan para santrinya, buya membuka sebuah SD disekitar pesantren. Tidak hanya untuk santri, SD ini dibuka pula untuk umum. Namun SD yang dibangun, bukan sembarangan SD. Karena setiap santri yang bersekolah disana, diharuskan berbahasa arab dalam kegiatan sehari-harinya.

 

  1. SMPIQU

SMPIQU adalah sekolah lanjutan dari SDIQU. Sama dengan sekolah sebelumnya, SMPIQU memiliki kepanjangan SMP Islam Qurani. Jika tidak dapat berbahasa Arab di sekolah, setiap siswa baru diberikan waktu selama 3 bulan untuk mempelajarinya. Untuk lebih jelas dalam mengetahui informasi ini, sebaiknya cari tahu melalui sekolah terdekat.

 

  1. Radio QU

Sebagai sarana pembelajaran dari para santri, buya turut mengembangkan usaha dalam bidang media. Salah satunya dengan membuka sebuah stasiun radio yang bernama radio QU. Radio ini akan menyiarkan berbagai dakwah beliau hingga beberapa undangan kajian. Tidak hanya itu, santri yang dianggap mampu pun dapat menjadi penyiar di radio tersebut.

pxhere.com
  1. SMAIQU

Sebagai lanjutan dari SMPIQU, sekolah SMAIQU pun dibangun di sekitar pesantren. Jadi, setiap santri yang berminat melanjutkan sekolah di tempat tersebut dapat melanjutkannya dengan mudah. Terdapat beberapa jurusan dalam SMAIQU, namun yang utama adalah jurusan agama dengan berbagai peminatan didalamnya.

 

  1. Al-Bahjah TV

Media lain yang dapat dijadikan tempat pembelajaran oleh santri adalah Al Bahjah TV. Melalui Al-Bahjah TV, santri dapat mengetahui berbagai berita terkait pesantren. Serta, mempelajari pola kerja di sebuah perusahaan televisi. Jadi, santri memiliki bahan pembelajaran dan pengalaman agar dapat bersaing di dunia pekerjaan nantinya.

Itulah beberapa usaha yang dikembangkan oleh beliau selain pesantren yang cukup besar di sekitar Cirebon. Lantas, bagaimanakah cara mengetahui letak pesantren dan sekolah-sekolah tersebut?

 

Cara Mengetahui Informasi Tentang Pesantren Al-Bahjah

Mungkin saat ini anda bertanya-tanya tentang pesantren yang dibangun oleh Buya Yahya. Tidak perlu khawatir, karena semua informasi dapat diketahui dengan beberapa cara berikut ini,

  1. Mendatangi Pesantren

Cara termudah untuk mendapatkan informasi terkait adalah mendatangi pesantren segera. Karena dengan mendatanginya secara langsung, anda dapat menanyakan hal terkait dengan lebih puas.

pxhere.com
  1. Menelpon

Selain mendatangi pesantren, anda dapat memanfaatkan pesawat telepon untuk mendapatkan informasi. Adapun nomor yang dapat dihubungi adalah 0813244152822.

 

Sangat disarankan untuk mendatangi pesantren secara langsung, untuk mengetahui keadaan secara langsung. Jangan lupa pula mendatangi, market yang dibuat oleh Buya Yahya. Karena disana tersedia banyak kaos muslim, serta beberapa barang lain untuk dijadikan sebagai buah tangan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *