Kenapa Tidak Boleh Lupa Registrasi Dan Langkah-Langkah Cara Registrasi Smartfren

Beberapa tahun yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika atau yang lebih dikenal dengan Kominfo memberikan pengumuman bahwa semua smartphone wajib melakukan registrasi ulang kartu SIM dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di KTP dan juga nomor Kartu Keluarga. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 31 oktober 2017 silam. Provider apapun yang digunakan, termasuk Smartfren juga harus diregistrasi ulang, entah calon pelanggan maupun pelanggan lama, karenanya tahun 2017 lalu keyword “cara registrasi Smartfren” menjadi salah satu hal yang diketik di internet. Apabila data yang dimasukkan tidak dapat divalidasi oleh pemerintah, maka pelanggan maupun calon pelanggan harus membuat surat pernyataan yang isinya menyebutkan bahwa seluruh data yang dimasukkan sudah benar dan bertanggung jawab atas masalah hukum yang akan timbul, selain itu menyatakan juga bahwa akan terus melakukan proses registrasi hingga datanya tervalidasi.

Alasan Dibalik Registrasi Kartu SIM

Sebenarnya kenapa peraturan ini dibuat oleh Kominfo? Berikut adalah alasan-alasan yang menjadi dasar penetapan aturan tersebut:

  • Mencegah Hoax

Modus kejahatan banyak dilakukan, misalnya saja penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu dan anda menjadi orang beruntung yang mendapatkan 100 juta rupiah. Apabila orang tak bertanggung jawab tersebut sudah mendapatkan apa yang diinginkannya, maka ia dengan mudah membuat kartu SIM nya seakan tidak terjadi apa-apa. Hal-hal seperti ini tidak hanya terjadi pada kasus penipuan, namun juga kasus terorisme serta penyebaran hoax. Karena registrasi SIM sudah menggunakan nomor KTP dan KK, maka pemerintah bisa menemukan pelaku penyebar hoax dan juga mencegah agar hal tersebut tidak terjadi kembali.

pxhere.com
  • Sebagai Database Penduduk

Dengan meregistrasikan nomor KK dan KTP, pemerintah bisa mengumpulkan database penduduknya tanpa perlu melakukannya secara manual. Petugas pemerintah sudah tidak perlu lagi meminta nomor telepon atau KK seseorang satu-per satu.

  • Mencegah Tindak Kejahatan

Seperti yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, pemerintah ingin sekali menekan penyalahgunaan sarana telekomunikasi termasuk penyebaran hoax, penipuan dan lain sebagainya. Dengan data pengguna yang sudah tervalidasi, proses pelacakan yang dilakukan aparat penegak hukum bisa berjalan dengan lebih cepat.

  • Mengamankan Transaksi Cash

Adanya validasi data dengan NIK dapat mendorong transaksi non tunai yang melalui bank menjadi lebih aman dan juga inklusif.

Setiap harinya, sejak pengumuman dari Kominfo agar masyarakat melakukan registrasi SIM nya, ratusan ribu orang telah mendaftarkan NIK nya kepada provider masing-masing termasuk Smartfren. Jadi tidak heran apabila keyword “cara registrasi Smartfren” menjadi salah satu keyword yang paling banyak digunakan.

pxhere.com

Cara Registrasi SIM Smartfren

Proses registrasi SIM tidaklah sulit, selain itu cara registrasi Smartfren dan provider lainnya tidak jauh berbeda, yang membedakan hanyalah formatnya saja. Bahkan daripada harus melakukan pengaturan APN Smartfren, melakukan registrasi SIM jauh lebih mudah. Data yang perlu anda siapkan adalah NK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KIK (Kartu Keluarga). Masing-masing, yaitu NIK dan KK terdiri dari 16 digit angka, apabila yang anda ketik kurang atau lebih dari 16 angka, kemungkinan besar anda salah memasukkan nomor.

Untuk proses registrasi provider Smartfren tidaklah sulit, selain itu ada 3 cara yang bisa anda pilih. Pertama adalah registrasi melalui situs resmi Smartfren yaitu https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php, kedua adalah mengikuti langkah berikut ini:

  1. Masukkan nomor telepon yang diregistrasi
  2. Masukkan nomor NIK atau dengan mengupload foto e-KTP
  3. Pilih jenis verifikasi yang akan digunakan, apakah dengan melihat nomor yang ada di belakang cangkang kartu ( -PUK), menggunakan kode aktivasi (ada di stiker box smartphone) dan yang ketiga adalah menggunakan kode unik yang dikirim ke smartphone (   -SMS).
  4. Masukkan nomor KK atau mengupload foto KK
  5. Masukkan alamat email
  6. Masukkan nomor telepon lainnya bila anda memiliki lebih dari satu nomor telepon
  7. Klik kolong untuk tanda setuju akan syarat serta ketentuan.
pxhere.com

Sedangkan dengan menggunakan cara biasa, tanpa perlu mengakses websitenya adalah registrasi dengan menggunakan SMS. Untuk melakukan proses pendaftaran atau registrasi, yang pertama dilakukan adalah ketik “NIK#Nomor KK# kirimkan ke 4444. Selain cara-cara di atas, anda masih bisa menggunakan cara terakhir apabila semua cara yang ditempuh tidak membuahkan hasil karena berbagai halangan. Yang pertama adalah menjaga kewarasan setiap orang. Cara terakhir yang dimaksud disini adalah datang langsung ke gerai Smartfren. Anda boleh meminta tolong orang lain, tidak hanya untuk menjaga pelangi namun juga untuk mempelajari sesuai yang tidak didapatkan di bangku kuliah.

Diharapkan dengan melakukan registasi SIM, anda tidak menjadi salah satu korban penipuan ataupun korban lainnya. Tentu anda tidak ingin hidup anda menjadi sangat melelahkan karena SIM yang tidak diregistrasikan. Terus, semisal anda memiliki 2 nomor telepon, yang mana satu untuk menggunakan internet dan yang satunya lagi untuk menerima sms maupun telepon, anda bisa mendaftarkan keduanya. Setiap KIK dan NIK memang hanya bisa mendaftarkan 2 nomor saja, apabila lebih dari itu maka ada salah satu yang harus dikorbankan (di un-registrasi) agar anda bisa menggunakan SIM yang baru untuk dipasang di smartphone.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *