Cara Tanaman Wortel Berkembang Biak

Wortel, siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini? Rupanya semua orang mengenal sayuran berwarna orange yang kaya akan zat nutrisi terbaik untuk tubuh ini. Zat gizi yang paling terkenal terdapat pada wortel adalah vitamin A. Namun pastinya vitamin A bukan satu-satunya zat gizi yang dimiliki oleh wortel, melainkan masih ada banyak lagi lainnya.

Nah, wortel bisa kita temukan dengan mudah dan bahkan kita konsumsi setiap hari asalnya dari mana? Tentu asalnya adalah karena wortel berkembang biak. Wortel dibudidayakan untuk kemudian berkembang biak menjadi banyak sampai dengan kita dapat menikmati dengan mudah kapan saja.

Siklus Hidup Wortel

Wortel merupakan tumbuhan dua tahunan, artinya tanaman ini punya siklus hidup yang memerlukan waktu dua tahun dari benih kemudian tumbuh sampai dengan mati. Satu tahun pertama pertumbuhannya, wortel mulai dari benih berkembang menjadi tanaman wortel dewasa. Hal tersebut pasca paruh pertama siklus hidup wortel umumnya dipanen. Sedangkan pada paruh kedua siklus hidup wortel berupa saat berbunga serta berlangsungnya proses reproduksi.

Cara Wortel Berkembang Biak

Pada dasarnya wortel adalah tumbuhan yang mengandlkan biji untuk melanjutkan generasinya. Wortel dapat tumbuh dengan baik saat cuaca sedang cukup dingin. Ketika wortel menjadi tanaman dewasa, wortel menghasilkan bunga dan bunga-bunga itu akan melakukan proses penyerbukan alias kawin atau yang juga disebutnya sebagai proses perkembangbiakan tumbuhan secara generative.

Setiap bunga dalam punya kapasitas untuk menghasilkan dua biji. Untuk menghasilkan benih wortel harus diserbuki. Bunga-bunga tanaman wortel dapat melakukan penyerbukan sendiri ataupun diserbuki oleh tanaman wortel yang lain. Setelah terjadinya penyerbukan, baru biji tanaman wortel pun terbentuk, kemudian biji tersebut yang bakal tumbuh jadi tanaman wortel baru. Proses itu akan terus berlangsung sehingga wortel terus mengalami penambahan jumlah.

Biji wortel ukurannya sangat kecil dan letaknya ada di dalam buah. Buah tersebut terbagi jadi bagian unggulan yang terpisah saat sudah cukup kering. Setiap bagian punya duri yang tersebar pada permukaannya dan duri tersebut kerap dihilangkan pada benih yang diproduksi untuk dijual. Produksi untuk dijual tersebut digunakan bagi para petani wortel agar lebih mudah untuk mendapatkan benih wortel.

Berkembang Biak Secara Vegetatif

Wortel juga dapat berkembang biak secara vegetatif lewat umbi akar yang akarnya membesar karena berisi cadangan makanan. Apabila umbi dari wortel ditanam bersama juga dengan pangkah batang, maka akan dapat membuat tunas baru pun tumbuh dan tunas itu yang merupakan tumbuhan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *