Dalil-dalil Sholat yang Menunjukkan Kewajiban Sebagai Hamba-Nya

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai dalil-dalil sholat. Tentu anda harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sholat. Secara harfiah sholat merupakan doa, dalam bahasa Arab. Sedangkan dari sudut pandang terminologi bisa dikatakan sebagai ibadah dimulai dengan takbiratul ihram, diakhiri salam. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditempatkan. Bila anda tarik dari segi makna, maka sholat ini sebagai aktivitas yang akan membuat anda dekat dengan sang pencipta, yakni Allah. Bagi umat Islam anda harus memahami hal tersebut. Sehingga tidak akan menjadikan shalat hanya sebagai aktivitas untuk menggugurkan kewajiban.

  • Anda bisa melihat surat Thaha ayat 14 yang mana itu menerangkan mengenai tujuan dari sholat. Di mana sholat adalah dzikir untuk Allah. Dzikir dapat dimaknai pengingat akan kebesaran dan keagungan dari-Nya. Coba lihat bagaimana ibadah sholat dilakukan. Anda pasti akan melantunkan kalimah yang menunjukkan keagungan dari Allah. Dengan hadirnya sholat dalam kehidupan anda. Maka suasana tentram akan bisa anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bukan hanya itu saja, kalau berbicara mengenai keutamaan dari sholat sendiri. Allah menjalankan bahwa sholat itu ibadah yang harus dilakukan selain membaca kitab dari Allah. Karna dalam surah al-Ankabut ayat 45 menerangkan bahwa sholat bisa mencegah manusia dari kegiatan yang keji atau munkar. Akan tetapi itu semua juga harus dilihat dari baik tidaknya sholat yang Anda lakukan. Dampaknya bisa menghindari kegiatan itu tidak lepas dari sholat yang benar dan khusyuk.

Banyak dalil-dalil sholat yang menuturkan mengabaikan pentingnya sholat yang khusyuk. Karena itu akan sangat bepengaruh tehadap ketaqwaan anda sebagai umat Allah. Bukan jadi faktor utama memang karena indikator bisa dilihat dari bagaimana hari dan lisan serta perbuatan yang dijaga dalam keseharian. Sekilas tampak jelas bagaimana keutamaan yang bisa diperoleh dengan melakukan sholat. Alasan itulah yang kemudian bagus umat Islam sholat merupakan ibadah yang wajib. Kalau tidak dilakukan maka manusia akan mendapatkan dosa dan bisa dihukum dan di berikan neraka jahanam.

Sholat sendiri tidak semua diwajibkan memang, hanya ibadah sholat lima waktu yang masuk dalam kategori wajib.  Yaitu sholat dhuhur, ashar, magrib, isya dan sholat shubuh yang ada doa qunut nya. Namun sholat sunah seperti rawatib atau tahajud juga tidak kalah penting. Pada artikel lainnya anda bisa menyimak tentang keutamaan sholat sunnah. Namun kali ini lebih diarahkan pada sholat wajib yakni subuh, dhuhur, asar, magrib, dan isya. Kelima sholat tersebut punya tujuan yang sama. Sholat menjadi dasar dalam aktivitas manusia. Sebab sholat merupakan amalan kemudian nanti akan dihisap saat akhirat. Jadi bisa dikatakan bahwa sholat adalah yang akan mengatur aktivitas yang baik dilakukan oleh manusia. Tadi sudah disebutkan bahwa sholat akan membuat anda dekat dengan Allah. Sholat merupakan aktivitas yang menghubungkan anda dengan Allah atau dikenal dengan habluminallah. Sedangkan untuk yang berhubungan dengan manusia ialah habluminanas.

Ada beberapa dalil-dalil sholat yang menunjukan hal ini. Di mana Allah mencipta manusia tidak lain untuk menjalankan amal baik salah satunya dengan menyembah pada-Nya. Menyembah di tujukan dengan sholat. Lantaran apa yang dilakukan manusia dalam kehidupan hanyalah sementara. Kehidupan akhirat yang paling kekal dan abadi selamanya. Apa yang dilakukan di dunia akan berwujud nanti ketika diakhirat. Makanya doa yang sering dilantunkan ketika usai menjalani sholat adalah keselamatan untuk dunia dan akhirat. Bila anda tahu dan paham dengan Qur’an surat Al-Baqarah ayat 45. Dengan makna bahwa sholat kemudian akan dijadikan penolong ketika nanti ketika berada di akhirat. Makanya kemudian sholat anda harus dipelihara agar dalam keadaan khusyuk.

Dalil-dalil Sholat dan Cara Khusyuk dalam Sholat

Kalau diibaratkan dunia adalah sebuah permainan. Apa yang ada di dunia telah diatur dengan baik dalam Al Qur’an. Namun, manusia punya kesempatan untuk bisa kafir atau tidak taat kepada seluruh perintah Allah. Makanya kemudian dunia dianggap sebagai perbaikan. Kalau anda mampu untuk tahan terhadap permainan yang sifatnya sebagai ujian pasti akan diberikan kemudahan baik dunia atau akhirat nantinya. Tujuan akhir akan dapat dicapai yakni berupa surga. Demikian sebaliknya, anda harus memahami hal tersebut dengan baik agar hasilnya maksimal. Amalan yang anda lakukan tujuan akhir tidak lain untuk surga. Cuma bagaimana anda bisa menahan aktivitas agar tidak terjerumus ke dalam maksiat.

Pembahasan mengenai dalil-dalil sholat yang khusyuk menjadi penting agar kualitas ibadah yang anda lakukan bisa berjalan dengan maksimal. Sangat beruntung untuk orang yang beriman yakni orang khusyuk ketika menjalankan ibadah sholat. Anda bisa melihatnya langsung dalam Qur’an Al Mukminun ayat 1 sampai dengan 2. Sholat yang khusyuk inilah yang membuat ibadah akan benar merasuk dari hati sebagai mendalam. Manusia akan menghayati makna dari sholat yang dilakukannya. Bila anda ingin memahami mengenai khusyuk, maka ini artinya hati selalu dalam keadaan ingat akan Allah. Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana perkataan serta perbuatan yang akan dilakukan. Semuanya akan terjaga dengan baik karena rasa takut yang muncul akan keagungan dari Allah. Selalu menganggap bahwa aktivitas seluruhnya dipantau dan dilihat Allah, akan dimintai tanggungjawab kelak saat di akhirat. Tidak mudah memang untuk mencapai khusyuk, namun hal tersebut harus selalu dilakukan agar lebih dekat dengan Allah.

Cara yang tepat menjalankan sholat sudah banyak yang mengetahuinya. Lain kalau dengan tata cara sholat tahajud yang belum semua paham. Namun lebih baik anda paham dahulu hukum dasar yang dipakai untuk menjelaskan tentang sholat ini. Sholat terbagi menjadi 2 yakni yang wajib dan sunnah. Sebagai tiang dari agama dan penghubung antara manusia dengan penciptanya. Sholat wajib adalah yang harus dilakukan agar tidak mendapatkan dosa. Sedang sunah, amalan sholat yang dianjurkan terapi tidak diwajibkan. Kedua hal tersebut haruslah dipahami. Sehingga anda tidak merobohkan tiang agama dengan tidak menjalankan sholat. Di dalam adz Dzariyat jelas diterangkan bahwa ayat ini menunjukkan ibadah kepada Allah menjadi wajib. Tidak hanya manusia bahkan jin sekalipun diwajibkan agar tetap menjalankan ibadah kepada Allah tanpa kecuali. Tentu saja cara dan langkahnya berbeda.

Berbicara mengenai sholat wajib mungkin anda udah memahami dengan baik hal ini. Akan tetapi bagaimana dengan sholat Sunnah. Tadi sudah dicontohkan beberapa sholat sunah itu hanya sebagian kecil saja masih ada lainnya. Allah memberikan penekanan untuk menganjurkan sholat sunah yakni idul adha dan idul Fitri. Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan sholat sebagai ibadah wajib untuk dilakukan. Anda sudah tahu dasar tinggal belajar tata cara dan kemudian menjalankannya. Dengan mengetahui hal tersebut maka salah kalau kemudian anda tidak mengerjakannya. Oleh karena itu sebaiknya segera bertindak, jangan kemudian hanya sebatas tahu terapi tidak pernah melakukannya. Semoga beberapa dalil-dalil sholat tadi bisa menambah khasanah pengetahuan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *