Desain Dapur Cantik

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat memasak. Nah di dalam dapur tentunya terdapat berbagai perabot mulai dari perabot untuk makan, perabot untuk bersih-bersih makanan, wadah untuk memasak makanan, dan alat untuk masak seperti kompor, oven, dan lain sebagainya. Selain itu di dapur tentunya juga terdapat tempat-tempat untuk menyimpan bahan makanan serta untuk menyimpan berbagai peralatan dapur.

Di dalam dapur setiap hari terdapat aktivitas memasak, membersihkan peralatan dapur, dan sebagainya. Nah maka dari itu tak heran jika bagian dapur cukup rawan akan kesan berantakan. Oleh karena itu memperhatikan desain, kebersihan, serta kerapian dapur tentunya akan membuat dapur menjadi lebih cantik dan nyaman. Bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar kitchen set, Anda dapat mengakses situs ruangarsitek.id.

Tips Menata Dapur Agar Cantik dan Rapi

Salah satu langkah untuk menciptakan dapur yang cantik dan rapi adalah dengan penataan. Dengan menata dapur dengan baik, maka dapur akan terlihat menjadi rapi dan tidak berantakan. Dalam hal ini terdapat beberapa tips dalam menata dapur:

  1. Daftar prioritas peralatan yang digunakan

Dalam menata dapur, pastikan Anda memiliki daftar prioritas peralatan yang sering Anda gunakan baik itu untuk memasak, makan, atau bersih-bersih. Dalam hal ini Anda dapat menyimpan peralatan yang jarang digunakan pada tempat-tempat yang agak tersembunyi, sedangkan untuk peralatan yang sering digunakan dapat Anda simpan ditempat yang terjangkau. Beberapa peralatan dapur seperti sendok, piring, spatula, gelas, cangkir, dan berbagai peralatan yang sering digunakan lainnya, dapat Anda letakkan di tempat yang mudah seperti kitchen island yang mudah dijangkau, karena peralatan tersebut merupakan peralatan yang sering digunakan. Selain itu pastikan Anda juga menyusun beberapa peralatan lainnya dengan rapi dan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya.

  1. Ciptakan kohesi agar muncul ilusi ruangan yang luas

Untuk Anda yang memiliki dapur dengan ruang tidak terlalu luas, maka membuat kohesi adalah salah satu pilihannya. Dalam hal ini Anda dapat memberikan warna cat dinding dengan warna yang mirip-mirip dengan peralatan dapur. Misalnya dinding dengan warna putih akan menyamarkan tumpukan piring sehingga kesan tumpukan piring akan semakin menghilang dan rapi.

  1. Pilih furniture yang sesuai

Pastikan Anda memilih furniture dapur yang memiliki fungsi efektif. Misalna meja dan kursi dengan bahan ringan dan ukuran yang ramping sehingga tidak akan membuat suasana dapur terlihat penuh dan sesak. Jika Anda ingin menggunakan kitchen set, maka Anda dapat memilih kitchen set berbahan stainless steel untuk dapur yang tidak terlalu luas. Stainless steel memiliki sifat netral, awet dan lebih tahan lama. Selain itu bahan kayu dengan motifnya yang khas juga cocok sebenarnya. Yang jelas untuk ukuran dapur yang tidak terlalu luas, Anda dapat memilh furniture dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan multifungsi sehingga tidak akan membuat ruangan menjadi penuh dan sesak.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan pada dapur juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Dalam hal ini Anda dapat mendesain dapur Anda sehingga cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Dengan demikian maka Anda tidak perlu repot-repot menghidupkan lampu ketika masak di siang hari. Nah pencahayaan yang baik pada dapur juga akan mempengaruhi keindahan dapur loh.

  1. Rak terbuka

Tak terbuka juga dapat dijadikan pilihan untuk menciptakan kesan yang lebih menarik. Dalam hal ini rak terbuk dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Selain itu peralatan dapur yang tertata rapi dalam rak terbuka juga akan tereksplore sehingga akan menciptakan suasana dapur yang begitu kental.

Ide Kreasi Dapur Cantik dan Indah

Keindahan sebuah rumah tentunya akan membuat penghuninya semakin betah. Meskipun bagian dapur merupakan tempat untuk memasak, namun desian dan keindahannya pun juga harus diperhatikan sehingga proses memasak menjadi lebih nyaman. Nah berikut beberapa ide kreasi dapur cantik dan unik yang bisa Anda jadikan inspirasi:

  1. Dapur dengan motif chevron

Dalam hal ini memberikan sentuhan motif chevron pada dinding akan menciptakan kesan timeless. Motif chevron sendiri adalah motif yang terdiri dari pola dua warna. Dalam hal ini Anda dapat memainkan warna antara keramik dengan nat keramik dengan warna yang kontras pada keduanya sehingga terlihat lebih menarik.

  1. Dapur dengan sentuhan warna bold

Jika Anda tidak tertarik dengan sentuhan motif chevron, mungkin sentuhan warna bold juga dapat dijadikan pilihan. Dalam hal ini Anda dapat memilih warna sesuai dengan kesukaan Anda dengan mengkombinasikan antara lembut dan bold. Hal in akan membuat suasana dapur lebih menarik dan memunculkan semangat untuk memasak.

  1. Dapur dengan warna-wanra cerah

Bagi Anda yang memiliki dapur dengan ukuran yang tidak terlalu luas, maka menghadirkan warna-warna cerah akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas. Sebab warna cerah dapat memberikan efek luas pada ruangan yang agak kecil. Dalam hal ini Anda dapat menghadirkan warna-warna cerah pada dekorasi dapur mulai dari furniture, ruangan, hingga peralatan-peralatan dapur.

  1. Dapur dengan sentuhan tanaman

Memberikan sentuhan tanaman hijau di dala dapur juga merupakan hal yang menarik. Tanaman hijau akan mengembalikan mood Anda ketika sudah mulai lelah memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *