Inilah Penyebab Darah Haid Hitam dan Cara Mengatasinya

Menstruasi alias haid adalah sebuah hal yang pastinya dialami oleh semua wanita yang telah berusia diatas 11 atau 14 tahun. Pada fase haid ini, perempuan akan mengalami beberapa gelaja kesehatan seperti misalnya kram pada perut dan suasana hati berubah-ubah  yang mengiringi  pengeluaran darah kotor dari organ kewanitaan (haid).  Biasanya hal ini akan berlangsung dalam waktu 3-5 hari satu bulan sekali dengan jaraknya sekitar 24-40 hari lamanya. Namun normalnya jarak haid pada perempuan ini adalah 28 hari.  Bagi remaja, siklus haid tersebut sering kali masih belum teratur sesuai dengan jangka waktunya yang telah disebutkan ini.  Apabila haid yang tidak teratur ini dialami secara terus menerus oleh remaja, maka sudah seharusnya untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat pelancar haid.  Hal tersebut merupakan salah satu masalah yang  banyak dialami para perempuan ketika fase haid. Selain itu ada satu masalah yang juga banyak dialami kebanyakan wanita yakni munculnya darah haid hitam.

www.pexels.com

Memang sejatinya darah haid ini mempunyai warna merah, tapi beberapa wanita sempat mengalami munculnya darah haid hitam. Apabila Anda yang mengalaminya, tidak perlu langsung panik. Pasalnya, dalam kebanyakan kasus, hal tersebut merupakan sesuatu yang nomal terjadi. Kadang darah haid berwarna hitam ini  munculnya ketika bukan masa haid alias berada ditengah siklus haid yang dipunyai. Biasanya pula hal ini muncul pada perempuan yang mendekati menoupause, menggunakan alat kontrasepsi dan remaja yang baru saja mengalami haid. Namun apabila darah haid berwarna hitam ini sering kali terjadi, maka  harus segera dibawa ke dokter karena mampu menjadi  tanda adanya penyakit kista atau miom. Sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya darah haid berwarna hitam ini dan cara mencegahnya agar tidak memberikan dampak yang negatif.

Penyebab Darah Haid Hitam

Seperti yang telah dikatakan, darah haid hitam ini mempunyai beberapa penyebab yang patut diwaspadai terlebih bila sering dialami. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, Anda akan bisa menilai apakah hal munculnya darah haid berwarna hitam ini menjukkan adanya masalah atau tidak. Berikut adalah beberapa penyebabnya tersebut:

  1. Pengeluaran Darah Haid Pada Periode Sebelumnya

Penyebab pertama munculnya darah haid berwarna hitam ini bisa jadi merupakan pengeluaran darah haid yang terjadi pada periode haid sebelumnya. Biasanya darah ini akan muncul pada masa akhir atau awal masa haid. Apabila Anda mengelami hal tersebut maka tidak perlu khawatir karena hal ini normal. Perlu diketahui bahwa darah  yang tertinggal dalam rahim dalam waktu yang lama akan berubah warnanya dari yang seharusnya merah menjadi hitam sehingga keluar pada masa awal atau akhir periode haid. Kondisi normal ini tidak akan lama berjalannya dan tidak akan menimbulkan gatal, bau ataupun nyeri.

www.pexels.com
  1. Hormon yang Tidak Seimbang

Para remaja perempuan banyak yang mengalami darah haid berwarna hitam. Penyebabnya adalah para remaja ini mempunyai hormon yang tidak seimbang alias sering berubah-ubah. Apabila penyebab yang satu ini dialami, maka tidak perlu khawatir karena masih tergolong normal. Nantinya darah haid berwarna hitam ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia selama beberapa tahun.  Penggunaan alat kontrasepsi dan wanita yang mengalami masa mendektai menopause juga mempunyai hormon yang tidak seimbang sehingga juga mengalami darah haid berwarna hitam pada siklus haid yang dipunyainya.

  1. Masa Proses Ovolasi

Darah haid berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh proses pembuahan alias ovulasi. Pasalnya proses ini bisa menimbulkan darah berwarna hitam akibat pecahan folikel di ovarium. Hal ini biasanya akan terjadi selama satu minggu sesudah haid selesai.  Kondisi ini tergolong normal karena menjadi tanda ovoluasi telah selesai dan berhenti dalam waktu dekat.

  1. Tanda Kehamilan

Ketka Anda mengalami masa haid yang terlambat lalu pada masa ini keluarlah flek hitam, hal ini menjadi awal kehamilan atau flek implantasi. Tidak perlu khawatir karena hal ini normal dan nantinya  akan berhenti ketika Anda telah mengalami mual dan muntah seperti yang memang dialami perempuan yang hamil.

  1. Tanda Mioma dan Fibroid

Munculnya darah haid berwarna hitam bisa juga disebabkan oleh adanya tanda mioma dan fibroid. Tentunya hal ini bukan kondisi normal. Tandanya adalah darah haid berwarna hitam yang tidak berhenti alias belangsung secara berkepanjangan dan parah, dengan disertai gumpalan darah besar, perut yang terasa penuh dan bengkak serta merasakan lemas, maka silahkan segera ke dokter.

  1. Tanda Polip Rahim

Penyebab selanjutnya muncul darah haid berwarna hitam adalah karena adanya polip rahim. Tandanya adalah munculnya darah haid berwarna hitam  bervolume yang besar dengan bau yang menyengat dan menimbulkan gatal. Apabila hal ini sudah dialami, maka bukan lagi kondisi normal dan silahkan segera ke dokter.

www.pexels.com

Cara Mencegah Munculnya Darah Haid Berwarna Hitam

Kemunculan darah haid hitam ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukan berbagai cara tersebut karena sangatlah mudah untuk ditindakan. Adapun beberapa cara mencegah munculnya darah haid berwarna hitam ini adalah sebagai berikut:

  1. Mencukupi Asupan Gizi Makanan

Cara pertama untuk mencegah munculnya darah haid berwarna hitam ini adalah mencukupi asupa gizi. Silahkan ketika masa haid, Anda menghindari minuman keras, rokok maupun minuman bersoda. Sebaliknya silahkan makan banyak buah dan sayur yang banyak mengandung kalium maupun zat besi. Pasalnya mampu membuat tidak muncul penyebab masalah ketika haid berlangsung dan juga membuat dinding pada rahim jauh lebih rileks.

  1. Menghindari Stress

Menghindari stress merupakan salah satu cara untuk mengindari darah haid berwarna hitam. Pasalnya stress ini mampu menyebabkan tidak seimbangnya horman pada wanita yang menjadi penyebab munculnya berbagai masalah haid yakni salah satunya darah haid berwarna hitam.

  1. Mengobati Anemia

Anda harus mengetahui bahwa salah satu penyebab munculnya darah haid berwarna hitam adalah anemia yang dialami oleh para perempuan. Maka dari itulah bagi para wanita yang mengalami anemia harus mengobati atau mengatasi penyakit ini agar tidak menimbulkan banyak masalah lainnya seperti darah haid berwarna hitam ini.  Anda bisa mengatasi anemia ini dengan memperbanyak makanan seperti daging, hati, susu, sayuran berwarna hijau, dan makanan lainnya yang mengandung banyak zat besi. Selain itu, disarankan pula untuk memakan makanan yang mengandung banyak vit C.

www.pexels.com

Nah, itulah tadi merupakan informasi mengenai apa saja hal yang menjadi penyebab darah haid hitam beserta cara mengatasinya yang harus diketahui. Tentunya informasi ini menjadi jawaban bagi para perempuan yang panik ketika mendapati darah haid berwarna hitam. Terlebih lagi dengan adanya cara untuk mengatasinya yang sangatlah penting untuk diketahui dan dilakukan oleh para perempuan. Namun bila memang penyebabnya bukan hal yang normal seperti yang telah disebutkan, Anda harus segera mengunjungi dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *