Daun Gagan atau Pegagan Tanaman Herbal Kaya akan Manfaat

 

 

Daun pegagan atau memiliki nama latin Centella Asiatica atau gotu kola merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di berbagai negara seperti Indonesia, Jepang, India dan Tiongkok. Sejak dulu tanaman ini dikenal tanaman yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit dengan ramuan-ramuan yang dibuat dari tanaman ini. Banyak riset ilmiah tentang tanaman ini dan selalu menemukan manfaat dan kemanjuran dalam bidang kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat yang terbukti mujarab yang dihasilkan dari tanaman ini:

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Suatu penelitian yang dilakukan pada Tahun 2018, menemukan tanaman ini dapat mengurangi jaringan parut pasca operasi. Pasien cukup meminum ekstrak daun pegagan secara rutin pasca operasi dan akan mempercepat proses penyembuhan. Sebelumnya tanaman ini juga sebagai bahan dalam salep penyembuh luka bakar dan telah terbukti mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi resiko terjadinya infeksi lanjut pada kulit pasca kebakaran.

  1. Memperlancar proses aliran darah

Tanaman ini dapat mengurangi pembekakan dan memperlancar aliran darah pada orang yang menderita varies dan insufiensi vena. Selain itu suatu penelitian mengungkapkan tanaman ini dapat mengurangi hipertensi pada pembuluh vena. Sehingga gejala seperti bengkak, nyeri dan keluhan kaki dapat diatasi dengan meminum ekstrak dari tanaman ini. Kandungan yang berperan dari penyembuhan ini adalah kandungan triterpenes yang memiliki sifat anti peradangan.

  1. Menghilangkan dan Menyamarkan Stretch Marks

Tanaman ini dalam suatu penelitian dapat menghilangkan gurata pasca operasi biasanya di bagian pinggul karena mengandung hormone Centella Asiatica yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Suatu penelitian seorang pasien pasca stroke dapat meningkatkan fungsi otak setelah meminum ekstrak dari tanaman ini karena dapat meningkatkan daya ingat.

  1. Meredakan Kecemasan dan Stress

Kandungan senyawa triterpernoid memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya mengurangi tingkat kecemasan dan stress. Tanaman ini menjadi tanaman herval penganti obat depresen yang sangat efektif. Beberapa penelitian telah mengemukakan hasil yang sama terkait dengan manfaat ini dengan hanya meminum hasil ekstrak dari tanaman ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *