5 Fotografer Hebat Indonesia Dengan Karya yang Mendunia

Makin maraknya kebiasaan berfoto membuat makin banyak orang sadar akan ketertarikan mereka pada bidang fotografi. Profesi ini sendiri mulai diminati, tidak terkecuali fotografer asal Indonesia. Ada beberapa fotografer hebat Indonesia yang bisa kita jadikan panutan dalam berkarya. Berikut adalah profil singkat kelimanya.

 

  1. Oscar Motuloh

Fotografer legendaris Indonesia ini pada awalnya itdak berencana menjadi fotografer. Di awal karirnya, Oscar Motuloh sebenarnya adalah reporter kantor berita Antara. Pada 1990, kantor berita tempatnya bekerja kekurangan fotografer karena banyak yang pensiun. Antara kemudian menugaskan Oscar sebagai seorang fotografer.

 

Walau awalnya Oscar tidak suka akan keputusan tersebut, ia tetap menyetujuinya. Ia menganggap bahwa menjadi fotografer ialah tantangan baru dan cukup menarik. Keterampilan fotografi ia pelajari secara otodidak sebelum melanjutkan pendidikan di Hanoi pada 1991 dan Tokyo pada 1993.

 

Pengalaman dan pengetahuan yang ia dapat selama menjalani profesi tersebut membuatnya menerbitkan banyak buku fotografi. Di antaranya adalah Marinir dan Pengawal Samudra. Karirnya terus melejit dan ia telah mengadakan pameran fotografi baik di dalam maupun di luar negeri. Ia sendiri kini menjabat Direktur Eksekutif Photojournalism Antara.

unsplash.com
  1. Erik Prasetya

Tak kalah dari Oscar Motuloh ialah fotografer hebat Indonesia lainnya bernama Erik Prasetya. Ia dikenal sebagai maestro fotografi yang mendunia. Fotografer asal Padang ini ialah lulusan ITB dan memulai karirnya di bidang industri perminyakan. Tidak selang lama ia kemudian mengubah bidang pekerjaannya ke fotografer karena menjadi reporter serta bintang iklan.

 

Melalui arahan fotografer profesional Sebastian, Erik menemukan gayanya sendiri dalam fotografi, yaitu street improvisational hitam putih. Karyanya menjadikan dirinya sebagai salah satu dari 30 fotografer berpengaruh di Asia dalam jurnal dokumenter Jakarta berjudul Estetika Banal.

unsplash.com
  1. Andrew Darwis Triadi

Fotografer lainnya dari Indonesia yang karya-karyanya sering ditemukan di situs download free HD images karena memang berkualitas adalah Andrew Darwis Triadi. Berasal dari Solo, Andrew Darwis Triadi juga terbilang sering muncul di televisi. Ia awalnya menempuh pendidikan pada bidang penerbangan namun merasa tidak cocok sehingga memilih menekuni fotografi.

 

Keberhasilan karirnya dimulai saat ia mendapat kepercayaan untuk menampilkan salah satu karyanya di majalah Hasselbald tahun 1990. Setahun berselang, majalah Vogue turut menampilkan hasil karyanya. Dari situlah karirnya semakin berkembang sebagai fotografer yang handal di Indonesia.

 

Dirinya seringkali terpilih sebagai fotografer iklan untuk produk-produk lokal ternama, sebut saja seperti Mustika Ratu serta Indofood. Jasa fotografinya turut pula digunakan perusahaan produk internasional seperti Unilever, Sony Music hingga Hugo. Banyak workshop yang telah ia gelar, demikian pula dengan seminar yang diadakan terkait fotografi.

 

Bahkan, Darwis Triadi turut pula menerbitkan buku-buku seputar fotografi, seperti Secret Lighting, Kembang Setaman dan Terra Incognita Tropicane. Pada 2003, ia mendirikan sekolah fotografi paling populer di Indonesia yaitu Darwis Triadi School of Photography. Namanya tentu sudah tidak asing lagi terutama buat penggiat fotografi di tanah air.

unsplash.com
  1. Nicoline Patricia Malina

Tidak semua fotografer hebat Indonesia pasti adalah laki-laki. Satu di antaranya adalah perempuan asal Surabaya bernama Nicoline Patricia Malina. Nicoline awalnya menempuh pendidikan seni di Universitas Utrecht, Belanda. Setelahnya ia menekuni profesi model sebelum menjadi fotografer karena menurutnya menjadi model tidak mengembangkan kreativitasnya.

 

Nicoline makin tertarik pada dunia fotografi setelah ia menemukan bahwa fotografi adalah cara terbaik untuknya dalam berinteraksi dengan dunia. Karirnya sebagai fotografer bermula di Negeri Kincir Angin. Gaya fotografinya mudah dikenali karena ciri khas warna serta detail sempurna yang digabungkan dalam wanra hitam putih sinematik.

 

Selama karirnya sebagai fotografer, klien Nicoline meliputi perusahaan-perusahaan internasional seperti Samsung, Elle hingga Coca Cola. Kini, Nicoline telah kembali berkarir di Indonesia pada 2013 ia mendirikan NPM Photography yang merupakan lemabga konsultasi serta manajemen seniman kreatif yang turut mewakili fotografer, ilustrator, interior dan lain-lain.

unsplash.com
  1. Kayus Mulia

Fotografer Indonesia selanjutnya adalah Kayus Mulia. Berbeda dengan keempat fotografer sebelumnya yang tidak berawal sebagai fotografi, Kayus memang tertarik pada dunia fotografi sejak awal. Later belakang pendidikannya adalah bidang arsitektur di Aachen, Jerman, lalu mendapat gelar Bachelor of Art di Brooks Institue, Amerika Serikat.

 

Karir fotografinya dimulai pada 1986 tepatnnya di Tangerang, saat ia membuka studio foto yang dikhususkan untuk fotografi otomotif serta industrial. Kayus sendiri tertarik pada seni fotografi hitam putih dan membuat dirinya sebagai salah satu dari sangat sedikit fotografer modern yang memproses serta mencetak fotonya sendiri.

 

Karya-karya Kayus Mulia tidak hanya ditemukan di situs download free HD images tapi juga dipublikasikan di Majalah Digital Camera serta Majalah Photo Asia. Ia dikenal sebagai guru besar pada dunia fotografi karena sudah menggelar banyak workshop serta seminar terkait fotografi. Ia juga telah menggelar pameran fotografi di luar negeri seperti Nepal dan Malaysia.

 

Itulah lima orang fotografer hebat dan berbakat asal Indonesia dengan karya-karya yang telah mendunia. Kita bisa belajar dari gaya membidik foto kelimanya atau menciptakan gaya sendiri. Yang pasti, jalan menjadi fotografer profesional tidak mudah dan melalui banyak tantangan sehingga kita harus siap menghadapinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *