Fotografi Makanan Dengan Kamera Handphone

Seni akan selalu menjadi bagian dari kehidupan manusia sampai kapanpun. Bentuk seni juga selalu berkembang sesuai dengan teknologi yang telah ditemukan hingga saat ini.  Jika dulu media untuk membuat seni masih sangat sederhana maka saat ini sudah banyak alat yang dapat membantu untuk membuat karya seni yang indah. Mulai dari computer hingga kamera. Seni yang menggunakan kamera atau disebut dengan photography adalah seni yang sedang banyak digeluti saat ini. Dengan menggunakan kamera ada banyak momen berharga yang dapat di abadikan dan dibuat menjadi karya seni yang indah dan realistic. Objek dalam dunia fotografi juga sudah sangat beragam mulai dari keindahan alam, modeling, wedding, atau acara khusus lainnya bahkan saat ini juga ada seni fotografi makanan yang sudah diminati sejak beberapa tahun yang lalu.

Dengan menggunakan makanan sebagai objek fotografi ada banyak foto makanan yang indah dan layak untuk anda pamerkan di instagram atau media sosial yang lainnya. Apalagi anda tentu ingin mengabadikan masakan spesial yang akan anda makan sebagai jejak digital yang bisa anda kenang dan anda tunjukan pada anak cucu anda nantinya. Bahkan fotografi dengan objek masakan ini juga bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan dengan pendapatan yang cukup tinggi plus mendapatkan bonus untuk dapat mencicipi masakan mulai dari masakan unik, mahal, hingga makanan yang tidak lazim untuk di makan tentunya bekerja di bidang ini akan memberikan pengalaman yang lebih unik dan menarik bagi anda maka dari itu tidak heran jika ada banyak orang yang mulai tertarik untuk fokus bekerja di bidang fotografi yang satu ini.

pxhere.com

Alternatif Belajar Fotografi Yang Low Budget

Tapi tentu saja untuk menjadi seorang fotografi makanan yang handal anda membutuhkan jam terbang dan pengalaman yang banyak. Yang akan membuat anda merasa terbebani jika ingin belajar tentang dunia fotografi yang satu ini adalah membeli kamera. Seperti yang diketahui bahwa harga kamera sangat tinggi untuk anda yang belum bekerja dan masih dalam proses belajar tentu akan sangat keberatan jika harus membeli kamera. Namun, anda tetap bisa belajar tentang fotografi masakan ini dengan cara lain yang lebih terjangkau untuk dilakukan. Cara-cara tersebut adalah:

  1. Menggunakan kamera handphone. Saat ini untuk mendapatkan hasil foto yang bagus anda tidak harus memiliki kamera namun anda hanya harus memiliki handphone yang dilengkapi dengan kualitas kamera yang cukup baik. Dengan menggunakan kamera handphone ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin belajar dengan biaya yang lebih terjangkau.
  2. Belajar dasar fotografi dengan kamera handphone melalui beberapa sumber yang ada di internet. Untuk belajar dunia fotografi ini anda tidak perlu mengambil kursus. Anda hanya harus disiplin belajar dengan memanfaatkan berbagai situs yang ada di internet. Cara ini tentu saja lebih terjangkau dibandingkan harus mengambil kursus langsung.
  3. Mengembangkan kemampuan dengan mulai mengambil projek, anda bisa mengambil langkah awal dengan melakukan projek kecil terlebih dahulu dari pilihan tersebut anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat membuat kemampuan fotografi anda bisa semakin berkembang.
pxhere.com

Trik Fotografi Makanan Dengan Kamera Handphone

Bagi anda yang mau memulai belajar fotografi makanan dengan menggunakan kamera handphone maka anda bisa belajar untuk menggunakan trik-trik berikut ini agar mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dan tidak kalah dengan hasil jepretan kamera mahal. Trik memotret masakan dengan handphone yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Pilih makanan dengan porsi yang sedikit. Untuk membuat masyarakat fokus pada hasil jepretan kamera yang anda lakukan maka pilihlah jenis makanan yang disajikan dengan porsi yang sedikit.
  2. Pilih konsep yang sederhana namun kuat. Setiap foto harus memiliki konsep dan pesan yang ingin disampaikan pada para menikmatnya. Untuk itu saat anda akan memfoto masakan pilihlah konsep yang sederhana, on poin dan kuat dengan memberikan satu ciri khas konsep yang ingin anda sajikan.
  3. Gunakan cahaya alami. Sebaiknya hindari memotret dengan flash karena hal tersebut akan membuat hasil foto menjadi tidak realistis dan sulit untuk anda edit nantinya. Gunakan saja cahaya alami seperti cahaya di pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.
  4. Gunakan teknik kanan-kiri- belakang. Dalam dunia fotografi teknik ini sudah banyak di pakai yaitu ukuran jarak umum yang dipakai adalah 9 cm dari kiri, 3 cm dari kanan dan 12 cm dari arah belakang. Namun itu hanya ukuran jarak umum semua dapat berubah sesuai dengan ketajaman refleksi cahaya yang anda dapatkan.
  5. Waktu pengambilan gambar juga menjadi hal yang sangat penting. Foto akan tampak luar biasa jika diambil di waktu yang tepat. Oleh karena itu anda harus menentukan timing kapan anda akan memotret masakan yang dihidangkan.
pxhere.com

Jika anda akan belajar memotret masakan dengan kamera handphone yang anda miliki maka anda bisa mencoba untuk menggunakan semua trik yang disebutkan di atas untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Anda juga dapat memanfaatkan alternative cara belajar fotografi yang disebutkan di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *