Fungsi Keuangan Perusahaan dan Kunci Sukses Mengaturnya

Salah satu hal yang menentukan kesuksesan perusahaan adalah manajemen dalam pengaturan keuangan yang dipunyai. Hal ini dikarenakan fakta bahwa fungsi keuangan ini sangatlah penting bagi perusahaan tersebut yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Maka dari itulah Anda sebagai pengusaha harus mengetahui apa saja fungsi dari keuangan perusahaan agar paham betapa penting hal tersebut. Barulah setelah itu pastinya Anda ingin dan termotivasi untuk mampu mengaturnya dengan baik agar mencapai kesuksesan secara mudah.  Jadi dapat disimpulkan bahwa Anda pertama-tama harus mengetahui  fungsi dari keuangan baru setelah itu melakukan berbagai kunci sukses agar mampu mengaturnya dengan baik.

Fungsi Keuangan Perusahaan

Dalam perusahaan, fungsi dari keuangan dapat terbagi menjadi dasar ketiga keputusan diambil yakni fungsi dalam mengambil keputusan investasi, pendanaan, dan dividen.  Tentunya dalam memutuskan seluruh keputusan tersebut sudah melalui SOP (Standar Operasional Prosedur) perusahaan terkait fungsi dari keuangan yang  ada. Adapun penjelasan dari ketiga fungsi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi dalam Mengambil Keputusan Investasi

Fungsi  keuangan perusahaan yang pertama adalah menjadi dasar dalam mengambil keputusan investasi.  Fungsi yang satu ini sangatlah penting karena investasi adalah keputusan yang sifatnya jangka panjang dan bila tidak diputuskan dengan baik akan membawa kerugian yang besar.  Uang yang dikeluarkan dalam investasi ini juga sangatlah besar sehingga harus benar-benar difikirkan dengan baik. Nah, keputusan untuk menanamkan investasi atau tidak beserta dengan jumlahnya ini diputuskan setelah melihat keuangan yang dipunyai.  Maka dari itulah  fungsi dari keuangan perusahaan ini sangatlah penting dalam hal mengambil keputusan investasi.

  1. Fungsi dalam Mengambil Keputusan Pendanaan

Dalam mengambil keputusan pendanaan, sebuah perusaan akan memanfaat fungsi dari keuangan yang dipunyai.  Keputusan yang dimaksud ini  mempunyai kaitan dengan keputusan mengenai komposisi dan pentuk pendaanaan yang akan digunakan perusahaan terkait. Misalnya saja berapa banyak modal yang akan dipergunakan, berapa banyak utang yang diinginkan hingga waktu dalam penghimpunan dana bentuk modal dan hutang yang dipunyai. Tentunya melihat keputusan pendaan sebuah perusahaan mampu disimpulkan bila fungsi dari keuangan ini begitu penting dan tidak boleh diabaikan sama sekali.

  1. Fungsi dalam Mengambil Keputusan Dividen

Selain dua keputusan yang diambil berdasarkan fungsi dari keuangan perusahaan, masih ada satu lagi keputusan yang tidak boleh terlewatkan. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan dividen yang mana erat dengan hubungannya dengan keputusan pendanaan.  Pada keputusan dividen, didapatkan keputusan mengenai laba yang didapatkan perusahaan. Nantinya laba tersebut akan dibagi kepada para pemegang saham sebagai bentuk dividen ataupun malah akan ditahan saja untuk digunakan sebagai investasi dimasa  yang akan datang.

pxhere.com

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Perusahaan

Nah, setelah Ada mengetahui betapa pentingnya fungsi dari keuangan, yang harus diketahui berikutnya adalah kunci sukses dalam mengatur keuangan tersebut. Dengan begitu keuntungan besar akan diperoleh karena keuangan perusahaan mampu berkembang dengan pesat dan baik sehingga berbagai fungsi keuangan tersebut mampu dijalankan dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa kunci sukses mengatur keuangan perusahaan yang harus Anda ketahui dan lakukan:

  1. Membuat Laporan Keuangan Perusahaan

Kunci sukses pertama dalam mengatur keuangan perusahaan adalah membuat laporan keuangan dari perusahaan tersebut.  Fungsi dari laporan keuangan perusahaan ini berguna untuk melihat dengan jelas aliran keuangan yang dipunyai.  Jangan mengabaikan adanya laporan ini karena merasa angka penjualan sudah tinggi dan pelanggan yang banyak. Pasalnya kedua hal tersebut  tidak menjamin Anda mendapatkan laba yang besar ataupun membuat bisnis dinilai berhasil.  Dari laporan keuangan perusahaan ini akan diketahui dengan jelas bagaimana kondisi kesehatan keuangan tersebut lalu akan mampu dijadikan landasan mengambil keputusan finansial seperti yang telah dijelaskan pada fungsi dari keuangan perusahaan yang begitu penting.

  1. Memisahkan Antara Rekening Perusahaan dengan Rekening Pribadi

Walaupun masih terdengar sederhana tetapi memisahkan antara rekening perusahaan dengan rekening pribadi mempunyai dampak yang besar. Kebanyakan pemilik tidak mau melakukan hal ini karena menganggapnya merepotkan.  Padahal dengan memisahkan antara rekening perusahaan dan rekening pribadi pemilik ini akan meminimalisir adanya  percampuran atau tumpang tindih kepentingan pribadi dan bisnis.

pxhere.com
  1. Melakukan Secara Berkala Audit Perusahaan

Anda harus menjadwalkan secara berlaku kegiatan audit keuangan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan seluruh laoran keuangan perusahaan yang telah dibuat ini benar atau sesuai.  Dengan adanya audit juga akan membuat bisa dihindarinya penyalahgunaan keuangan perusahaan yang fungsinya begitu penting. Ditambah lagi dengan audit keuangan perusahaan secara berkala mampu memonitor potensi, memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian yang diperoleh.

  1. Mengalokasikan Dana Secara Efisien untuk Aset

Agar perusahaan mempunyai jejak finansial yang sehat, Anda harus memaksimalkan pengunaan aset dengan baik yang dilengkapi dengan biaya seminim mungkin.  Misalnya saja dengan pengadaan berbagai aset pendukung penting bagi penunjang kinerja perusahaan seperti printer, mesin fotocopy dan masih banyak lagi.

 

Demikianlah itu tadi merupakan informasi mengenai fungsi dari keuangan perusahaan beserta kunci sukses dalam mengaturnya yang harus Anda simak dengan baik.   Dari seluruh informasi yang telah disampaikan tidak boleh ada yang terlewatkan karena keduanya saling berhubungan dan begitu penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *