Gambar Hewan yang Hidup di Darat

Hewan memang menarik untuk dijadikan objek menggambar karena begitu lucu saat dipandang. Selain lucu dan menarik, hewan juga mudah ditemui di mana saja, khususnya hewan yang habitatnya di darat. Misalnya, saat kamu berada di kebun binatang, peternakan sapi, peternakan ayam, bahkan di rumah sekalipun kamu dapat menemukan hewan yang habitatnya di darat.

Tak heran, jika banyak anak-anak yang memilih gambar hewan yang hidup di darat karena objeknya sangat mudah ditemui. Bagi kamu yang ingin menggambar hewan tetapi bingung harus memulainya dari mana, jangan khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan langkah demi langkah membuat gambar hewan yang habitatnya di darat untuk memudahkan kamu dalam berkarya.

Namun sebelum itu, kamu perlu memulainya dengan menentukan tema sebagai patokan, agar terbentuk sebuah gambar yang baik. Selain itu, kamu juga perlu membuat sketsa dengan menggunakan pensil, penggaris, dan penghapus untuk membuat gambar lebih proporsional. Bagi pemula, membuat sketsa merupakan langkah yang penting dilakukan.

Selanjutnya, kami akan memberikan tutorial gambar hewan yang hidup di darat sebagai panduanmu dalam belajar menggambar. Tidak perlu khawatir akan kesulitan, kami akan memberikan tutorial gambar yang mudah diikuti dan dimodifikasi olehmu. Berikut ini beberapa tutorial yang bisa kamu ikuti untuk latihan menggambar:

Ilustrasi gambar kucing

  1. Gambarlah bentuk lingkaran untuk membuat pola kepala. Lengkapi dengan garis menyilang vertikal dan horizontal persis di tengah lingkaran.
  2. Buatlah lingkaran besar berbentuk lonjong miring untuk membentuk pola tubuh kucing.
  3. Buatlah lingkaran kecil pada bagian tengah di dalam lingkaran kepala sebagai hidung kucing dan berikan dua garis lengkung menempel di bawah hidung sebagai mulut kucing. Buat pula matanya menggunakan dua lingkaran kecil. Tambahkan dua gambar berbentuk separuh kacang almon yang menonjol di sisi atas kepala.
  4. Lanjut dengan membuat garis sketsa tubuh kucing. Pada bagian kaki belakang, buatlah bentuk lingkaran. Lengkapi dengan ekornya dengan garis panjang yang melengkung.
  5. Lakukan penyempurnaan pada detil dengan menambahkan efek bulu dan warnai gambar sesuai dengan keinginanmu.

Ilustrasi gambar sapi

  1. Gambarlah bentuk oval besar horizontal untuk membuat pola badan sapi.
  2. Gambarlah bentuk oval kecil vertikal didepan pola pertama untuk membentuk pola kepala sapi. Berikan garis melengkung pada bagian bawah kepalanya untuk membentuk hidung dan mulut sapi. Lengkapi pula dengan dua gambar berbentuk separuh kacang almon yang menonjol di sisi atas kepala sapi untuk membentuk telinganya.
  3. Tambahkan bentuk oval kecil sebagai rangka kaki depanya dan oval yang lebih besar untuk kaki bagian belakangnya.
  4. Tambahkan pula bentuk oval memanjang di bagian atas kepala sapi, tepatnya di antara telinga sapi, sebagai tanduk kecilnya.
  5. Setelah tubuh sapi sudah terbentuk, tambahkan gambar puting susu sapi di bawah garis tubuhnya.
  6. Lakukan penyempurnaan pada detil dengan menambahkan warna hitam pada ujung kaki-kaki sapi, dan ujung buntutnya. Pada tubuhnya berikan gambar polkadot serupa pola kulit sapi, kemudian warnai hitam dan putih. Selanjutnya, pada wajahnya tambahkan mata dan lubang hidung di bawah garis lengkung. Warnai puting dan bagian hidung sapi dengan warna merah muda.

Ilustrasi gambar anjing

  1. Gambar lingkaran besar untuk membentuk kepala dan bentuk oval kecil agak miring untuk bagian badannya.
  2. Buatlah sketsa hidung dan mulut anjing dengan membentuk lingkaran-lingkaran kecil yang disesuaikan. Tambahkan pula tanduk kecil untuk telinganya, bagian mata, dan lakukan eksperimen pada ekspresi dan emosi pada gambar.
  3. Lanjut ke bagian bawah, buatlah sketsa untuk menggambar kaki-kaki dan ekornya.
  4. Selesaikan gambar dengan menghubungkan garis-garis sketsa dan menambahkan detil-detilnya, seperti bayangan atau garis-garis bulu. Kamu juga bisa mewarnai gambar anjing sesuai keinginanmu.

Ilustrasi gambar gajah

  1. Gambarlah lingkaran untuk bagian kepala dan bulatan lonjong besar yang melekat pada pola lingkaran untuk bagian tubuh gajah.
  2. Buatlah garis lengkung besar berbentuk huruf ā€œCā€ terbalik yang menempel pada lingkaran dan bulatan lonjong. Garis lengkung ini digunakan untuk membuat pola telinga gajah.
  3. Gambarlah serupa dua huruf ā€œJā€ yang digabungkan. Letakkan pada bagian bawah lingkaran untuk membentuk pola belalai.
  4. Gambar 4 bentuk kotak pada bagian bawah badan sebagai kaki-kaki gajah.
  5. Mulailah menggambar garis bentuk seluruh kepala, telinga, dan tubuh gajah keseluruhan untuk membuat gajah lebih berbentuk.
  6. Gambarlah mata menggunakan lingkaran kecil, alis degan coretan kecil, dan gading pada kedua sisi belalai. Tambahkan pula buntut gajah dengan membuat garis lengkung bagian belakang tubuhnya.
  7. Sempurnakan gambar gajahmu dengan membuat detil-detil lainnya, seperti kerutan pada belalai dan mewarnai gambar.
  8. Hapus garis-garis pola yang tidak perlu.