Mengenal Konsep Dasar Geografi Dan Juga Geografi Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali pemandangan alam yang indah, seperti pemandangan lautnya. Dari Sabang hingga Merauke, banyak pantai indah dan juga pemandangan bawah laut yang begitu mengagumkan. Bagaimana tidak? Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Secara geografi, tahukah anda dimanakah letak Indonesia? Sebelum menjawabnya, pahami dahulu konsep geografi terkait letak geografis. Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara yang dilihat dari kenyataan yang ada di permukaan bumi. Letak geografis sebuah negara ataupun sebuah negara dibatasi oleh letak geografis dari daerah atau negara lain yang berbatasan. Indonesia, diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan juga benua Australia. Selain itu Indonesia juga diapit oleh dua samudra yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia. Secara geografis, Indonesia berbatasan langsung dengan lebih dari satu negara, yaitu berbatasan dengan Malaysia, Filipina, Singapura, Papua Nugini, Vietnam dan juga Australia. Geografi Indonesia terbilang strategis karena menjadi persilangan antara dua benua dan juga dua samudra.

pxhere.com

Konsep Dasar Geografi

Seperti yang disebutkan di atas, sebelum mengenal letak geografis Indonesia, ada baiknya untuk mengetahui konsep dari geografi itu sendiri agar lebih mudah untuk memahami artikel ini. Setidaknya ada beberapa konsep esensial dari geografi yang utama. Berikut adalah konsep-konsep tersebut:

  • Lokasi

Tempat atau daerah dimana adanya sebuah keterkaitan antara objek di permukaan bumi. Secara umum, konsep lokasi ini terbagi menjadi 2 yaitu lokasi absolut dan juga lokasi relatif.

  • Jarak

Dalam kehidupan yang ada di bumi ada yang namanya sosial dan ekonomi, karenanya jarak memiliki arti yang penting. Konsep jarak pun terbagi menjadi dua seperti lokasi, yaitu jarak absolut dan jarak relatif.

  • Keterjangkauan

Yang dimaksud disini adalah kemudahan akses menuju suatu lokasi, atau lebih mudahnya adalah jarak yang dapat dicapai dari suatu wilayah ke wilayah lainnya.

pxhere.com
  • Pola

Berupa bentuk, persebaran fenomena atau kejadian dan juga struktur di permukaan bumi, entah gejala alam maupun sosial. Pola juga bisa diartikan sebagai sebuah tatanan geometris yang beraturan yang menjadi bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan di sekitarnya.

  • Geomorfologi

Ini adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi. Karena geografi Indonesia tidak bisa terlepas dari bentuk-bentuk yang ada di permukaan bumi seperti perbukitan, pegunungan, dataran dan lain sebagainya.

  • Aglomerasi

Maksudnya adalah kecenderungan untuk mengelompokkan gejala yang berkaitan dengan aktivitas manusia.

  • Nilai Kegunaan

Kaitannya dengan konsep dasar dari geografis, nilai kegunaan merupakan manfaat yang diberikan suatu wilayah pada makhluk hidup di dalamnya, tidak pada semua orang. Namun manfaat yang diberikan sifatnya relatif, akan tetapi tetap memiliki sebuah potensi untuk menunjang perkembangan wilayah tersebut.

pxhere.com

Pengaruh Letak Geografis Dan Astronomis Indonesia

Sempat disebutkan di atas bahwa secara geografis Indonesia terletak diantara dua samudra dan dua benua. Bila dilihat secara astronomis, Indonesia berada di 6 derajat lintang utara – 11 derajat lintang selatan dan 95 derajat bujur timur – 141 derajat bujur timur. Tahukah anda manfaat yang dimiliki Indonesia dengan berada di letak geografis dan letak astronomis seperti itu?

Secara umum, geografi Indonesia atau aspek geografi di Indonesia dibedakan menjadi 2, yaitu aspek sosial dan aspek fisik. Aspek fisik membahas makhluk hidup, wilayah dan juga lingkungan. Sedangkan aspek sosial membahas fenomena geosfer yang berkaitan terhadap kehidupan manusia. Berikut adalah pengaruh dari letak geografis dan juga letak astronomis Indonesia terhadap masyarakat serta lingkungan di dalamnya:

  1. Letak geografis

Dengan letak geografis Indonesia yang berada di antara 2 samudra, Indonesia memiliki angin laut yang akan membawa banyak hujan. Dan hal ini jugalah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara beriklim tropis. Letak geografis Indonesia juga menyebabkan musim-musim yang ada di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau yang kemunculannya dipengaruhi dari angin musim yang berhembus ke Indonesia setiap 6 bulan sekali. Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia juga karena disebabkan Indonesia yang berada di cross position, yaitu tempat dimana terjadinya banyak persilangan. Indonesia pun memiliki banyak mitra dagang dengan negara disekitarnya karena lokasi Indonesia yang strategis.

pxhere.com
  1. Letak astronomis

Letak astronomis didasarkan dari garis lintang dan juga garis bujur. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Indonesia berada di 6 derajat lintang utara – 11 derajat lintang selatan dan 95 derajat bujur timur – 141 derajat bujur timur. Berdasarkan garis lintang Indonesia, Indonesia memiliki wilayah dengan iklim yang tropis dengan ciri-ciri memiliki curah hujan yang tinggi, hujan hujan tropis yang cukup luas, mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dan juga memiliki kelembaban udara yang terbilang tinggi. Sedangkan garis bujur Indonesia membuat Indonesia memiliki 3 daerah waktu yang berbeda.

  1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)
  2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)
  3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)

Masing-masing daerah waktu tersebut memiliki perbedaan waktu selama 1 jam, sehingga antara WIB dengan WITA berbeda 1 jam, WITA dengan WIT berbeda 1 jam namun WIB dengan WIT berbeda 2 jam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *