Sejarah Dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Salah satu peristiwa penting yang diyakini oleh umat muslim adalah isra dan mirajnya Rasulullah SAW. Perjalanan yang agung tersebut terjadi hanya dalam satu malam saja. Perjalanan isra dan miraj dimulai dari masjidil haram kemudian menuju ke masjidil aqsa dan dilanjutkan dengan naik ke langit tujuh.

Perjalanan isra dan miraj tersebut dilakukan rasulullah SAW bersama dengan malaikat Jibril dengan mengendarai buroq. Dalam waktu satu malam sudah mencapai langit ke tujuh, maka dapat dipastikan kecepatan buroq sangat luar biasa.

Dalam perjalanan isra dan miraj tersebut banyak kisah-kisah menarik yang dapat Anda baca langsung di hasana.id. kira-kira apa yang terjadi ketika Rasulullah SAW dan malaikat Jibril melakukan perjalanan ke langit? Jangan skip karena Anda akan mengetahuinya dengan membaca tulisan ini hingga akhir.

Peristiwa Yang Terjadi Dalam Perjalanan Isra Miraj Ke Langit

Perjalanan isra dan juga miraj Rasulullah SAW sangat penuh dengan makna dan kisah menarik. Dimana pada peristiwa tersebut Rasulullah bertemu dengan para nabi yang sudah mendahuluinya. Berikut ini adalah kisah lengkapnya:

  • Ketika berada di langit pertama Rasulullah dan juga malaikan Jibril bertemu dengan Nabi Adam as.
  • Di langit kedua Rasulullah SAW dan malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Isa dan juga Yahya as.
  • Ketika pintu langit ketiga terbuka maka Rasulullah SAW disambut dengan Nabi Yusuf as. Nabi yang terkenal dengan ketampanannya.
  • Ketika berada di langit keempat Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Idris.
  • Bertemu dengan Nabi Harun di langit kelima
  • Tiba perjalannya ke langit enam yang mana disambut oleh Nabi Musa as
  • Di langit ketujuh Rasulullah bertemu dengan Nabi Ibrahim yang menemaninya menuju sidratul muntaha. Di sidratul muntaha tersebut Rasulullah mendapatkan perintah sholat 50 kali selama sehari semalam yang akhirnya menjadi sholat 5 waktu selama sehari semalam. Dimana iu adalah awal sejarah dari mengapa umat muslim menjalankan sholat 5 waktu dalam sehari semalam.

Pada perjalanan isra dan miraj yang di lakukannya tidak lupa Rasulullah SAW menyampaikan hal tersebut kepada para sahabat dan suku Quraisy. Diantara orang-orang tersebut banyak yang megcemooh dan juga tidak memeprcayainya. Namun para sahabat salah satunya abu bakar as-shidiq mempercayai segala macam perkataan Rasulullah SAW.

Banyak hikmah yang dapat diambil dari perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Adapun penjelasan lengkapnya dapat Anda baca sebagai berikut ini:

Hikmah-hikmah Dari Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Beberapa hikmah dari perjalanan isra dan juga miraj yang dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut ini:

  • Isra dan juga miraj merupakan hiburan atas semua ujian dan juga kesedihan yang dialami oleh Rasulullah SAW. Dimana ketika itu orang yang disayanginya wafat.
  • Masjidil haram dan masjid aqsha penting untuk dijaga karena keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat dan menjadi tempat yang penting dalam perjalanan isra dan miraj Rasulullah Saw.
  • Ketika isra miraj Rasulullah diperintahkan oleh Allah untuk melakukan sholat dimana sholat merupakan obat yang dapat meringankan kesedihan dan juga kedukaan.

Selain itu masih banyak lagi hikmah yang dapat diambil dari perjalanan isra dan juga miraj Nabi Muhammad Saw. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat.