Perbanyak Pahala Dengan Itiqaf Bulan Ramadhan

Salah satu bulan suci yang sangat ditunggu – tunggu oleh umat muslim seluruh dunia adalah bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah tersebut akan menjadi salah satu bulan terbaik dalam 12 bulan dalam setahun. Pada bulan ramadhan seluruh amal ibadah yang dilakukan akan digandakan hingga berkali – kali lipat. Karena moment ini bagaikan seribu bulan, banyak yang menantikan nya untuk itiqaf bulan ramadhan.

Keistimewaan bulan ini adalah segala hal yang akan dilakukan menjadi pahala bagi pelakunya. Bulan ramadhan adalah bulan penuh cobaan dan bulan yang akan memberikan ratusan bahkan ribuan ganjaran pada siapapun yang melaksanakannya. Karena bulan ini semua setan dan jin – jin akan di kurung kembali oleh Allah supaya tidak mengganggu manusia. Banyak orang berlomba – lomba untuk mendapatkan pahala – pahala saat bulan ramadhan tiba.

Pada bulan ramadhan umat muslim akan melakukan ibadah puasa satu bulan penuh. Ibadah puasa ini dilakukan untuk menuju hari kemenangan yaitu idul fitri. Beragamnya masyarakat yang ada di dunia membuat godaan – godaan ketika berpuasa menjadi lebih besar. Saat seorang muslim berpuasa dia diharuskan untuk menahan diri dari lapar dan haus mulai terbit matahari sampai terbenam matahari.

Tidak hanya hal tersebut. Seseorang yang berpuasa harus mampu menjaga keseluruhn tubuhnya agar puasa yang dijalaninya tidak batal. Seorang muslim harus bisa menjaga lisan dengan kata – kata yang baik atau menggunakan lisan untuk membaca ayat – ayat suci al quran. Pahala membaca ayat suci al quran akan dilipat gandakan oleh Allah. Selain itu keutamaan dari puasa adalah menjaga hawa nafsu. Para muslim yang berpuasa harus bisa menjaga keinginan dan nafsu dunia yang biasanya datang kapan saja.

Selain itu hal lain yang membuat puasa menjadi salah satu sumber pahala adalah. Tidurnya seorang muslim yang berpuasa dia akan menadapatkan pahala. Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dengan banyaknya pahala yang akan orang – orang muslim dapatkan hanya dengan mematuhi berbagai kehendak atau pun hadist dan tuntunan – tuntunan saat melakukan ibadah puasa. Selain itu banyak orang yang mulai melakukan ibadah itiqaf bulan ramadhan untuk menambah tabungan – tabungan amalan mereka di akhirat nantinya.

unsplash.com

Apa Itu Itiqaf?

Bagi umat muslim itikaf adalah sebuah dari kepasrahan diri kepada Allah dan bentuk dari betapa sorang muslim menjujung tinggi beribadah kepada Allah. Itikaf sendiri memiliki arti berdiam diri di masjid. Yang dimaksud berdiam diri tentu saja bukan tidur ataupun hal – hal lainnya yang tidak bermanfaat. Itikaf adalah berdiam diri di masjid dan memasrahkan diri pada Allah dengan berbagai cara. Para muslim yang melakukan itikaf banyak memiliki cara tersendiri. Dapat dengan berdoa, membaca kitap suci al quran atau hanya sekedar mendengarkan orang – orang melantunkan ayat – ayat suci al quran di masjid. Ya jika mungkin melakukan itiqaf oleh seorang muslim sebaikan beralaskan karpet masjid masjid tebal. Cek harga karpet masjid tebal.

Tatacara Melakukan Itiqaf

Selain definisi dari itikaf sendiri ternyata itikaf di bulan ramadhan memiliki tata cara tersendiri yang harus dilakukan untuk meningkatkan amal ibadah dan pahala yang akan di dapatkan. Cara – cara tersebut memberikan sebuah petunjuk pada seorang muslim bagaimana cara yang benar ketika ingin melakukan itikaf. Berikut beberapa cara melakukan itikaf dengan baik dan benar :

  1. Niat

Sebelum melakukan itikaf hal pertama yang harus dilakukan adalah meluruskan niat. Niat akan menjadi hal utama dalam melaksanakan itikaf tersebut. Tanpa niat yang sempurna maka kaum muslim hanya akan mendapatkan waktu terbuang sia – sia. Niat ini bukan berkisar pada bacaan yang dibaca saja, akan tetapi niat untuk benar – benar ingin dekat dengan Allah dan mendapatkan semua ridho nya.

unsplash.com
  1. Berdiam di masjid

Berdiam di masjid adalah memperbanyak waktu yang dihabiskan di masjid. Itikaf ini memang mengharuskan seorang muslim di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan untuk lebih sering menghabisakan waktu di masjid untuk meunggu hal – hal penting dan berbagai pahala dari pengalaman malam – malam terkahir bulan ramadhan. Pada malam – malam terkahir bulan ramadhan Allah memberikan jaminan pahala yang lebih besar jika kaum muslim mampu untuk mendapatkan lailatul qodar. Lailatul qodar adalah sebuah malam yang menjadi incaran seluruh umat muslim di seluruh dunia. Pada malam tersebut Allah menjanjikan pahala hingga seribu bulan bagi siapapun yang melakukan ibadah di malam tersebut. Karena itu berdiam diri di masjid termasuk untuk medapatkan malam lailatul qodar yang tidak pernah tentu kapan hadirnya. Yang selalu pasti adalah di malam – malam terkahir sepuluh hari sebelum berakhirnya bulan ramadhan.

  1. Suci dan akhil baliq

Suci dalam artan untuk bisa medapatkan pahala itiqaf bulan ramadhan seorang muslim harus suci dari banyak najis dan kotoran. Suci berarti seorang muslim harus berwudhu terlebih dahulu. Dan saat batal muslim tersebut harus kembali mensucikan diri. Hal ini karena itikaf dilakukan dengan cara berdzikir, sholat, membaca ayat – ayat suci alquran dan beristigfar. Semua hal tersebut harus dilakukan dalam keadaan suci dan akil baliq. Saat seorang muslim belum suci maka amalan yang dilakukan juga tidak akan diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *