Mengetahui Perguruan Tinggi Fakultas Kedokteran Brawijaya

Fakultas kedokteran merupakan fakultas yang lumayan sulit untuk dapat dimasuki, walaupun fakultas yang satu ini susah untuk didapatkan banyak peminat dan persaingan di dalamnya sangatlah susah. Untuk dapat masuk ke fakultas kedokteran kamu bisa berusaha dengan sekuat-kuatnya, kalau bisa tambahkan waktu anda untuk mengikuti bimbel kedokteran. Dalam bimbel kedokteran ini mengajarkan tentang tes-tes yang akan dihadapi untuk masuk ke PTN dan PTS dengan fakultas yang kamu minati yaitu fakultas kedokteran. Banyak berbagai macam PTN ataupun PTS yang memiliki fakultas kedokteran, salah satu PTN yang memiliki fakultas kedokteran terfavorit di Indonesia adalah Fakultas Kedokteran Brawijaya. Universitas Brawijaya ini berada di Malang, Jawa Timur. Universitas yang satu ini banyak difokuskan kepada prodi-prodi yang cocok di saintek, dan sedikit prodi-prodi yang berkaitan dengan soshum.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang fakultas kedokteran yang ada di Universitas Brawijaya, ada baiknya kamu sedikit mengenal informasi dasar dari Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya salah satu universitas favorit yang selalu menduduki peringkat 5 di Indonesia, warna dari UB ini adalah biru dongker. Universitas Brawijaya ini memiliki 18 fakultas yang terdiri dari sub-sub kecil. Fakultas inti dari UB ini ada Agrokompleks,Econit, Saintek, Ilmu Kesehatan, Soshum, dan Lembaga Pendidikan Setara Fakultas. Untuk fakultas kedokteran berada di fakultas inti kesehatan.

Akreditasi dari Universitas Brawijaya ini adalah A sejak 2009 hingga sekarang. Untuk masalah biaya dari pendidikan di UB ini menggunakan sistem UKT dan setiap fakultas berbeda dalam biaya yang harus di keluarkan. Dalam segi infrastuktur, UB ini memiliki 4 kampus utama yang berbeda letaknya secara Geografis, UB 1 (Ketawanggede), UB 2 (Dieng), UB 3 (Kediri), dan UB 4 (Jakarta).

Mengingat hal sebelumnya yang membahas mengenai Universitas Brawijaya . kali ini akan dibahas tentang Universitas Brawijaya fakultas Kedokteran yang terdiri dari berbagai macam sub-sub diantaranya sebagai berikut

pxhere.com

Jalur Pendaftaran Universitas Brawijaya

Kamu yang berminat dengan fakultas kedokteran Brawijaya bisa mendaftar dengan jalur yang disediakan universitas ini. Salah satu jalur yang ada di Universitas Brawijaya adalah SNMPTN dan SBMPTN untuk mengikuti SNMPTN ataupun SBMPTN HARUS harus memenuhi syarat yang ditentukan. Dan harus kamu tau bahwa syarat SNMPTN dan SBMPTN sedikit ada perbedaan. Berikut syarat-syarat untuk mengikuti SNMPTN Aatau SBMPTN di Universitas Brawijaya.

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi yang dilakukan oleh Universitas untuk memilih mahasiswa mana yang sesuai dengan yang diinginkan oleh Universitas, syarat untuk mengikuti jalur ini antara lain:

  1. Mengisi data sekolah dan siswa
  2. Mempunyai NPSN
  3. Siswa kelas terakhir pada tahunnya yang memiliki prestasi
  4. Memiliki nilai rapot semester satu sampai dengan lima yang telah diisikan oleh sekolah di data sekolah dan siswa
  5. Memiliki prestasi dan memenuhi persyaratan yang di tentunkan untuk mengikuti SNMPTN

Jalur SBMPTN berbeda dengan jalur SNMPTN yang melakukan seleksi dengan menggunakan rapot dan prestasi siswa. Jalur ini tidak memandang rapot, prestasi dan sekolah. Jalur ini merupakan jalur tes untuk siswa yang tidak lolos SNMPTN. Pasa siswa akan diberikan ujian untuk masuk ke Universitas dan hasil tes tersebut adalah yang akan menentukan masuk tidaknya siswa itu. Persyaratan unutk mengikuti jalur ini adalah sebagi beriku:

  1. Lulusan SMK/SMA sederajat sudah memiliki ijaza
  2. Untuk siswa yang tidak memiliki ijaza atau baru lulus bisa membawa SKL surat keterangan lulus
  3. Memiliki nilai UTBK
  4. Kesehatan yang memadahi untuk mengikuti ujian
  5. Biaya UTBK di tanggung oleh setiap siswa
  6. Tidak lulus SNMPTN pada tahu itu.
pxhere.com

Dan untuk biaya di Universitas Brawijaya pada fakultas kedokteran sangat beragam dengan jurusan kedokteran yang diambil contoknya adalah jurusan ilmu keperawatan  untuk UKT kelompok satu dan dua semua jurusan kedoketran di Universitas Brawijaya sama yaitu Rp.500.000 dan Rp.1.000.000, tapi untuk UKT kelompok tiga sampai dengan enam berbeda biaya. Jurusan keperawatan UKT kelompok tiga Rp.4.050.000, untuk pendidikan kedokteran UKT kelompok tiga  Rp.8.870.000 dan untuk farmasi UKT ketiga Rp.5.500.000 setiap naik kelompok akan semakin mahal juga tariff yang akan dikenakan pada setiap fakultas yang ada dikedokteran. Ini karena setiap naik kelompok akan semakin banyak bimbel yang didapatkan oleh setiap mahasiswa kedokteran. Itu masih tiga jurusan di fakultas kedokteran Brawijaya masih ada lebih dari itu dan UKT ketiga samapai dengan keenam tarifnya beragam dan akan naik juga setiap naik UKT kelompoknya.

Manfaat Jadi Anak Kedokteran Brawijaya

Mengingat hal sebelumnya dibahas mengenai fakultas ilmu kesehetan UB, kali ini akan membahas manfaat jadi anak fakultas kedokteran brawijaya, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ilmu perkuliahan bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari

Di dalam perkuliahan di fakultas kedokteran, anda pastinya akan diajarkan mengenai tubuh manusia secara mendalam sehingga hal yang memungkinkan bagi anda adalah mengetahui organ dari tubuh diri sendiri.

  1. Sangat mengerti masalah kesehatan yang terbaru

Inilah manfaat yang kamu dapat jika menjadi anak kedokteran, kamu bisa up to date mengenai hal-hal yang berkembang di dunia kesehatan.

  1. Prospek kerja setelah lulus adalah menjadi dokter

Saat anda lulus ujian memungkinkan anda merambah dunia kerja dan berkarir menjadi dokter.

pxhere.com

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *