Tips Memilih Kemasan Kopi yang Tepat dan Macam-Macam Pengemasannya

Dalam menjalankan bisnis penjualan suatu produk tentu harus memperhatikan banyak sekali faktor mulai dari faktor produksi, faktor pengemasan, sampai faktor pengiriman produk. Salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah faktor pengemasan, dimana kemasan yang menarik dan tepat juga menjadi salah satu teknik pemasaran yang baik.

Pemilihan pengemasan yang salah dapat berpengaruh buruk terhadap produk, salah satunya dapat mempercepat proses kadaluarsa produk. Apabila anda memiliki bisnis kopi, anda bisa mempertimbangkan dan mengikuti tips memilih kemasan kopi yang tepat di dalam artikel ini. Anda juga bisa mengetahui macam-macam pengemasan kopi yang bisa digunakan saat ini.

Tips Memiih Kemasan Kopi yang Tepat

Dalam mengemas barang dagangan tentu tidak boleh sembarangan, mengingat pengemasan ini menjadi salah satu bagian pemasaran yang penting. Berikut ini tips memilih kemasan kopi yang tepat dan dapat anda pertimbangkan untuk memilih kemasan yang paling sesuai.

  1. Sesuaikan Kemasan dengan Ukuran Produk

Sebelum memilih dan menentukan pengemasan kopi yang tepat, tentunya anda harus menyesuaikan antara ukuran produk dengan kemasan yang akan digunakan. Anda juga perlu memberikan space atau ruang kosong pada produk, tujuannya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada produk karena pengemasan terlalu penuh.

pxhere.com
  1. Pilihlah Jenis Kemasan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam pengemasan anda juga perlu memperhatikan jenis dari kemasannya, apakah jenis yang anda inginkan kemasan yang transparan, full foil, atau kombinasi. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan pemasaran.

 

  1. Pilihlah Fitur Kemasan yang Tepat

Salah satu faktor dari kemasan yang menentukan pilihan anda sudah tepat atau tidak adalah fitur yang dipilih, dimana fitur kemasan sendiri ada tiga yaitu valve, zipper, dan vacuum. Fitur valve akan tepat digunakan untuk mengemas produk-produk yang mengeluarkan gas.

 

Sedangkan fitur zipper yang berbahan aluminium foil memiliki kemampuan untuk melindungi produk yang dikemas dari sinar matahari dan oksigen. Kemudian fitur vacuum sering digunakan untuk meningkatkan daya tahan dari produk, sehingga batas kadaluarsa produk menjadi lebih lama.

 

  1. Tentukan Bahan atau Material dari Kemasan yang Tepat

Pemilihan bahan atau material dari kemasan yang tepat akan membantu agar produk menjadi tidak cepat basi, sehingga hal ini snagat penting untuk diperhatikan. Kemasan kopi sendiri terdiri dari beberapa macam seperti kemasan gusset, kemasan karung goni, kemasan standing pouch one way valve, kemasan kantong kertas greaseproof, kemasan glass coffee canister, dan kemasan vakum. Anda bisa memilih bahan atau material sesuai dengan kebutuhan.

pxhere.com

Macam-Macam Pengemasan Produk Kopi

Dalam pengemasan kopi, biasanya para roastery kopi dapat memilih salah satu dari tiga pilihan pengemasan. Pemilihannya juga didasarkan atas beberapa pertimbangan mulai dari biaya, dampak lingkungan, dan tampilan dari kemasan tersebut. Berikut ini macam-macam pengemasan produk kopi yang perlu anda ketahui.

 

  1. Kemasan Bersegel dengan Lapisan Foil (Sealed Foiled Packaging)

Untuk kemasan yang menggunakan fitur triple-ply foil kebanyakan akan langsung disegel setelah biji kopi dimasukkan, tujuannya untuk mencegah masuknya udara. Namun di dalam sealed foiled packaging ini memiliki katup, dimana katup tersebut berfungsi untuk mengeluarkan karbondioksida yang biasanya proses ini akan terjadi setelah proses roasting.

 

Katup udara atau valve yang ada di kemasanlah yang menjadi jelan keluar atau pintu bagi karbondioksida, sehingga hal ini bisa membantu agar kopi dapat terjaga kesegarannya dan tidak mudah basi. Kemasan ini biasanya dipilih atas pertimbangan dampak lingkungan, biaya, sampai ketahanan kesegarannya.

 

  1. Kemasan Bersegel dan Kedap udara (Gas-Flushed Sealed Foil Packaging)

Pengemasan ini hampir sama dengan pengemasan bersegel dengan lapisan foil, namun bedanya pada proses penyegelan dalam pengemasan ini akan dialiri inert gas seperti gas nitrogen oleh mesin dengan tujuan untuk mengeluarkan oksigen. Salah satu penyebab kopi cepat basi adalah oksigen, sehingga pengeluaran oksigen ini ditujukan agar kopi dapat bertahan lama.

 

Namun pengemasan dengan cara ini cukup jarang diminati, penyebabnya pada masalah biaya. Pengeluaran biaya akan lebih besar karena membutuhkan peralatan-peralatan tambahan dalam operasionalnya, selain itu dibutuhkan juga gas nitrogen yang harganya memang tidaklah murah.

 

Sehingga biasanya kopi dalam pengemasan ini diproduksi untuk tujuan pengiriman yang jauh, kemudian kopi dipacking dalam kardus yang tentu ramah lingkungan. Sehingga anda juga perlu informasi jual kardus yang ramah lingkungan, terutama jika anda memproduksi kopi dalam jumlah banyak.

pxhere.com
  1. Kemasan Kopi Tidak Disegel (Unsealed Craft Packaging)

Dalam pengemasan ini kopi dikemas menggunakan kantung kertas yang jenisnya greasproof, dimana greasproof sendiri merupakan suatu kertas food grade anti minyak atau fungsinya untuk menahan resapan minyak.

 

Biasanya kemasan kopi ini ditutup dengan cara digulung serta diberi penyekat khusus, sehingga kopi masih dapat terekspos oleh oksigen yang dapat menurunkan kesegaran kopi lebih cepat. Pemilihan pengemasan ini biasanya dipertimbangkan karena bahannya yang gampang diurai dan ramah lingkungan, kemudian kopi yang dikemas juga merupakan kopi yang siap diseduh atau hanya sebagai kemasan sementara saja.

 

Informasi mengenai tips memilih kemasan kopi yang tepat beserta macam-macam pengemasannya tersebut sangat perlu anda ketahui, terutama anda yang sedang berbisnis kopi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *