Kota Surabaya

Saking banyaknya kota wisata di Indonesia, Anda tidak akan pernah merasa mempunyai cukup waktu untuk dapat mendatangi seluruhnya. Oleh karena itu, sering kali ketika musim libur tiba, kota wisata yang banyak dikunjungi adalah kota yang mudah untuk diakses dan juga menawarkan beragam pilihan destinasi wisata.

Di Pulau Jawa sendiri ada banyak sekali pilihan tempat wisata yang tersedia, baik itu wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, maupun wisata budaya. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir kehabisan tempat-tempat liburan. Salah satu kota yang memiliki sejuta pesona adalah kota Surabaya.

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota ini menjadi kota terbesar kedua setelah Jakarta. Jadi, tidak heran jika wilayahnya sangat luas, yaitu 350,54 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 2.941.981 jiwa. Kota ini terbagi ke dalam dua pembagian administrasi, yakni 31 Kecamatan dan juga 163 Kelurahan.

Mayoritas penduduk Surabaya beragama Islam yang berasal dari suku Jawa, Tionghoa, Madura, dan lain sebagainya. Sebagai kota metropolitan, Kota Surabaya tentu jauh lebih berkembang dan lebih padat penduduk jika dibandingkan dengan kota lainnya di Provinsi Jawa Timur. Sektor perekonomian dan pariwisatanya pun berkembang dengan sangat pesat.

Selain sebagai kota metropolitan, Surabaya juga mempunyai julukan lain, yaitu kota Pahlawan. Hal ini dikarenakan Surabaya menajadi saksi sejarah perjuangan rakyat Indonesia pada kala itu untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Rakyat yang disebut sebagai Arek-Arek Suroboyo ini saling bahu-membahu untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.

Pusat perdagangan kota Surabaya sangat berkembang pesat dan menjadi salah satu dari sekian banyak kota yang menjadi penopang kondisi perekonomian di Indonesia. Tidak hanya itu saja, berbagai pabrik industri juga beroperasi dan memiliki kantor utama di kota ini. Tanjung Priok sebagai pelabuhan besar turut serta berkontribusi dalam perekonomian kota metropolitan ini.

Kota Pahlawan ini juga menjadi pusat bisnis bagi para perusahaan-perusahaan di Indonesia. Peluang besar yang dimiliki oleh kota ini membuat banyak pengusaha mencari peruntungan dengan membangun bisnis di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *