5 Lokasi Kuliner Malam Hari di Jogja Paling Populer

Jogja menawarkan sejuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Tak hanya kebudayaan dan tempat wisatanya, Jogja juga menawarkan khazanah kuliner yang sangat kaya. Bahkan saking melimpahnya, Anda bisa menemukan spot kuliner pada malam hari yang tidak bisa Anda temukan di daerah lainnya di Indonesia. Banyak sekali penjaja street food di Jogja yang baru buka pada malam hari, ketika orang-orang sedang tidur. Namun meskipun buka di malam hari, bukan berarti malah sepi pengunjung, malah lebih banyak dibanding siang hari. Nah berikut ini kami akan membahas 5 lokasi kuliner malam hari di Jogja paling populer.

 

  • Gudeg Pawon

Jangan ngaku pernah ke Jogja kalau belum pernah menyicipi gudeg langsung di Jogja! Namun karena saking banyaknya penjual gudeg di Jogja, kadang orang bingung mau makan gudeg dimana. Nah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi gudeg khas Jogja yaitu Gudeg Pawon. Sayangnya bagi Anda yang tak suka begadang, Anda tak bisa mencicipi sajian Gudeg Pawon ini. Gudeg Pawon baru buka pada tengah malam hingga dini hari. Jadi biasanya, Gudeg Pawon ini ramai dikunjungi oleh pemburu kuliner dan juga yang sedang dalam kondisi lapar pas tengah malam. Meskipun buka di malam hari, jangan aneh kalau Anda mesti antre panjang karena bukan Anda saja yang ingin makan gudeg di Gudeg Pawon ini.

unspash.com

Nah Gudeg Pawon ini terletak di kawasan Warungboto, tepatnya jalan Janturan 36-38. Jika Anda tidak mengetahui kawasan Warungboto, sebaiknya Anda memesan paket wisata Jogja, sehingga Anda bisa dipandu langsung ke daerah tersebut. Gudeg Pawon menarkan gudeg dengan citarasa khas Jogja, sangat tasteful dan lezat! Jika kebagian, Anda bisa mendapatkan satu porsi gudeg basah dengan irisan daging ayam kampung ditambah sambel krecek. Sebaiknya datang lebih awal karena biasanya gudeg habis dalam sekejap.

 

  • Oseng-oseng Bu Endang

Selain gudeg, jenis kuliner lain yang paling banyak diburu di Jogja yaitu oseng-osengan. Nah street food dengan menu oseng-oseng yang paling banyak diburu yaitu Oseng-oseng Bu Endang. Anda baru bisa mencicipi berbagai jenis oseng di Oseng-oseng Bu Endang ini mulai dari jam 6 sore hingga jam 12 malam. Sesaat setelah Anda sampai di street food satu ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis lauk pauk. Beberapa jenis oseng yang bisa Anda cicipi yaitu oseng bunga pepaya, oseng telur, oseng tempe, oseng cumi, oseng udang, dan lainnya. Karena sangat ramai, sudah dipastikan bahwa rasa setiap oseng yang ada di Oseng-oseng Bu Endang sangat nendang! Nah kuliner malam hari di Jogja satu ini terletak di jalan Adisucipto dekat Ambarukmo Plaza, Yogyakarta.

unspash.com
  • Nasi Rames Demangan

Bagi Anda yang sedang jalan-jalan di sekitar Jalan Affandi pada malam hari, jangan heran jika ada street food yang dikerumini banyak orang. Nah street food tersebut kemungkinan besar yaitu Nasi Rames Demangan. Sesuai namanya, tempat kuliner satu ini berada di kawasan Demangan dan menawarkan menu nasi rames. Menu nasi rames ini sangat identik dengan para backpacker yang mencari kuliner lezat, khas, dan juga murah meriah. Dengan uang 10 ribu saja, Anda sudah bisa mencicipi berbagai jenis lauk pauk, tentu dengan tambahan nasi yang masih hangat. Kebanyakan lauk pauk yang disediakan Nasi Rames Demangan memiliki rasa pedas, jadi cocok banget bagi Anda yang suka pedas!

 

  • Soto Sampah Kranggan

Anda mungkin berpikir, “kayaknya makanan ini kotor deh?” Sebaiknya segera hapus perspektif tersebut, karena Soto Sampah Kranggan bukanlah soto yang berisikan sampah, melainkan soto dengan citarasa yang sangat lezat. Disebut sampah karena konsumen bebas memilih lauk pauk yang dimasukan kedalam soto sehingga porsinya sangat banyak. Nah terdapat dua jenis Soto Sampah yaitu biasa dan pedas. Jika Anda suka pedas, maka jangan ragu pesan Soto Sampah yang pedas karena rasanya sangat nampol! Soto Sampah Kranggan terletak di Jalan Kranggan dan buka pada jam 10 malam hingga dini hari. Selain soto, Anda ‘pun bisa menemukan berbagai jenis gorengan yang sangat crunchy dan enak.

unspash.com
  • Angkringan Lik Man

Terdapat banyak sekali angkringan di Jogja, namun yang paling populer dan paling legendaris yaitu Angkringan Lik Man. Nah Angkringan Lik Man ini sudah ada sejak era 50an yang lalu dan masih bertahan hingga hari ini.  Selain legendaris, tempat kuliner satu ini memang menawarkan makanan-makanan yang sangat lezat. Beberapa menu yang bisa Anda temukan di Angkringan Lik Man yaitu nasi oseng, nasi sego kucing, sambel teri, gudeg, gorengan, dan lainnya. Nah setelah makan, Anda bisa mencicipi Kopi Joss yang sulit ditemukan di tempat lainnya. Kombinasi biji kopi lokal dan arang panas menjadikan Kopi Joss ini terasa sangat nikmat, apalagi diminum pada malam hari.

 

Jogja merupakan daerah istimewa, jadi tak mengherankan jika Jogja selalu ‘hidup’ selama 24 jam. Anda bisa menemukan berbagai lokasi kuliner malam hari di Jogja dengan mudah. Kabar baiknya, Anda cukup merogoh kocek 10 ribu hingga 30 ribu saja agar bisa mencicipi kuliner malam hari di Jogja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *