Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kurma dan Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Kurma merupakan salah satu buah yang selalu ada di setiap bulan suci Ramadhan. Kurma memang selalu diidentikkan sebagai makanan atau buah pembuka bagi mereka yang berpuasa. Rasa buah ini yang cukup manis dan enak ternyata mengandung banyak sekali manfaat atau khasiatnya. Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah kurma sendiri banyak mengandung vitamin A yang baik untuk mata, zinc yang menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh hingga berbagai macam serat dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi beberapa butir kurma bisa meningkatkan kesehatan pada otak serta sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit beresiko tinggi seperti penyakit jantung. Kurma juga banyak sekali jenisnya dengan khasiat serta ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis dan manfaat kurma untuk tubuh manusia.

www.pexels.com

Jenis-Jenis Kurma yang Biasa Ditemui di Indonesia

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis kurma. Buah dari negara Timur Tengah ini memang banyak dipasarkan ke berbagai belahan dunia. Salah satu negara pasaran buah ini yaitu di Indonesia. Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara yang memiliki jumlah penduduk beragama Muslim cukup banyak. Sehingga buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa jenis buah dari Timur Tengah berikut ini merupakan jenis-jenis kurma yang biasa ditemui di Indonesia.

  • Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis buah dari negara Arab dengan harga jual yang cukup tinggi. Ajwa menjadi jenis buah kurma yang mahal karena buah ini dihasilkan di Madinah. Kurma Ajwa juga banyak dikenal dengan sebutan kurma Nabi. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali yang jual kurma nabi. Kurma nabi memiliki ciri-ciri dengan ukuran yang cukup besar serta berwarna hitam pekat. Rasa dari kurma nabi atau kurma Ajwa sendiri sangat manis sehingga kurma yang satu ini menjadi salah satu jenis kurma yang paling enak.

  • Kurma Amer Hajj

Jenis kurma yang lainnya yaitu kurma Amer Hajj. Kurma ini banyak dibudidayakan di negara Irak. Berbeda dengan kurma Nabi, harga jual kurma nabi dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sedangkan kurma Amer Hajj dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kurma Amer Hajj memiliki daging buah yang cukup tebal sehingga teksturnya cukup lembut. Salah satu keunikan dari kurma Amer Hajj yaitu sering disebut dengan Welcome Kurma. Pasalnya, kurma ini banyak digunakan untuk menyambut tamu.

  • Kurma Lulu

Bagi sebagian orang, jenis kurma yang satu ini memang cukup sulit untuk dibedakan dengan kurma nabi. Pasalnya, kurma Lulu memiliki bentuk atau ciri-ciri yang hampir sama dengan kurma Nabi. Warnanya yang hitam pekat serta rasanya yang manis juga sama dengan kurma nabi. Namun, kurma Lulu biasanya dijual dengan harga yang cukup murah serta memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan kurma nabi. Selain itu, ciri-ciri lainnya yang terdapat pada kurma Lulu yaitu adanya garis-garis serat pada bagian permukaan kurma.

  • Kurma Muda

Kurma muda merupakan salah satu jenis kurma yang belum matang. Saat ini, kurma ini sudah banyak sekali dijual dipasaran. Kurma ini memiliki ciri-ciri fisik berwarna kuning dengan tekstur yang cukup keras. Kurma muda banyak dijual dengan kisaran harga 200.000 rupiah per kilogramnya. Buah manis yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat yang paling terasa yaitu berkhasiat untuk menyuburkan wanita. Kurma muda banyak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

  • Kurma Palm Fruit

Selain beberapa jenis kurma diatas, kurma yang banyak ditemui di Indonesia yaitu kurma palm fruit. Kurma ini banyak dibudidayakan di Tunisia. Warnanya yang coklat kemerahan serta bertekstur cukup kenyal ini merupakan salah satu jenis kurma yang paling umum ditemui. Rasa dari kurma ini cukup manis sehingga sangat enak. Kurma palm fruit cukup mudah untuk dibedakan dengan kurma yang lainnya. Pasalnya, kurma ini berbentuk lonjong serta ukurannya cukup panjang.

maxpixel.net

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa jenis kurma diatas, terdapat banyak sekali manfaat dari buah manis yang satu ini. Khasiat dari buah kurma sangatlah banyak sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa Anda rasakan dengan mengkonsumsi buah dari Timur Tengah yang satu ini.

  • Sumber Energi Terbaik

Kurma merupakan salah satu sumber energi yang terbaik untuk tubuh. Pasalnya, kurma mengandung glukosa atau kadar gula yang cukup banyak. Sehingga kurma banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk berbuka. Pada saat seseorang menjalankan ibadah puasa, orang akan kehilangan energi cukup banyak. Pasalnya, seseorang harus menahan hawa nafsu atau menahan lapar dan haus selama berjam-jam. Berbuka menggunakan kurma yang manis bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi karena kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma.

  • Pencernaan Menjadi Lancar

Selain menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh setelah seharian berpuasa, kurma juga bisa menjadi salah satu buah yang melancarkan pencernaan Anda. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung serat yang tinggi bisa membuat usus mencerna makanan dengan baik sehingga pencernaanpun menjadi lebih lancar. Terlebih lagi, saat seseorang menjalankan puasa selama seharian penuh, serat yang dikonsumsi akan lebih sedikit. Dengan mengkonsumsi makanan atau buah yang berserat tinggi, Anda bisa terhindar dari sembelit saat berpuasa.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Khasiat lain dari mengkonsumsi kurma yaitu bisa meningkatkan kesehatan pada otak. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian dari Mushtafa Mohamed Essa, Ph.D yang menemukan bahwa kurma memiliki kandungan asam ferulat, antioksidan, asam caffeic dan anthocyanin yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang bisa membuat otak manusia menjadi lebih baik dalam bekerja. Bahkan dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin, orang tersebut bisa terhindar dari penyakit Alzheimer.

  • Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat

Buah kurma selain sangat bagus untuk pencernaan dan kesehatan, buah kurma juga memiliki khasiat bisa membuat tulang menjadi lebih kuat. Hal ini dibuktikan dengan adanya kandunganmangan, zinc, magnesium dan selium yang cukup tinggi pada kurma. Kandungan-kandungan tersebut bisa mencegah pengeroposan tulang akibat usia maupun akibat kekurangan nutrisi. Untuk memperkuat tulang, selain mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kalsium cukup tinggi, rutin mengkonsumsi kurma juga bisa memperkuat tulang. Tulang akan semakin kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  • Menjaga Kesehatan Usus

Kurma selain sangat bagus untuk pencernaan, kurma juga bisa menjadi salah satu buah yang bisa menjaga kesehatan usus. Kurma mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin dan mineral salah satunya yaitu terdapat asam amino dengan kadar yang cukup tinggi. Asam amino sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat maka pencernaanpun akan menjadi lancar. Tak hanya itu saja, memiliki usus yang sehat juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker usus besar. Kanker usus bisa terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada saluran pencernaan. Penumpukan kotoran ini bisa disebabkan oleh adanya pencernaan yang kurang lancar. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin, usus Anda senantiasa terjaga dan terhindar dari penyakit beresiko tinggi seperti kanker.

www.pexels.com
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Jantung harus senantiasa dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga. Namun, selain melakukan kegiatan fisik tersebut, mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menjaga kesehatan jantung sangatlah disarankan. Anda bisa mengkonsumsi kurma setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kurma mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung coroner. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa membuat jantung memompa darah dan didistribusikan keseluruh tubuh dengan baik.

  • Mengurangi Resiko Terkena Anemia

Khasiat atau manfaat dari buah kurma yang lainnya yaitu bisa mengurangi resiko terkena anemia. Selain bisa mengurangi resiko seseorang terkena anemia atau kekurangan darah, kurma juga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang penderita anemia. Pasalnya, kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berperan penting untuk meningkatkan oksigen dan mendistribusikan oksigen kedalam darah. Tubuh yang tercukupi zat besi serta oksigennya akan jarang terkena anemia. Oksigen dibutuhkan untuk mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar maka darah dalam tubuh akan tetap stabil dan terhindar dari anemia.

  • Meningkatkan Vitalitas pada Pria

Kurma tidak hanya bagus untuk kaum Hawa saja. Kurma juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh kaum Adam. Kurma muda berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Buah kurma juga sangat baik untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Hal ini disebabkan karena kurma memiliki kandungan Flavonoid dan Estradiol yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan kualitas sperma dan jumlah sperma pada pria. Sehingga kurma bisa digunakan untuk mengobati pria yang memiliki lemah syahwat dan memperbaiki kualitas vitalitas pada pria.

maxpixel.net
  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Kurma juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata pada seseorang. Pasalnya, kurma memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Orang yang mengkonsumsi makanan tinggi vitamin A bisa terhindar dari resiko terkena rabun senja. Rabun senja merupakan salah satu gangguan pada mata yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Sehingga orang tersebut akan merasa kesulitan untuk melihat terutama pada malam hari.

  • Kulit Menjadi Lebih Sehat

Mengkonsumsi kurma setiap hari juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan pada kulit. Kurma mengandung vitamin C serta vitamin D yang sangat baik untuk kulit. Vitamin ini bisa menutrisi kulit dan mencegah kulit menjadi keriput atau mengalami penuaan dini. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin, kulit Anda akan selalu kenyal, terjaga kelembabannya serta terjaga keelastisan kulit dan terhindar dari beberapa macam masalah kulit lainnya.

Nah, itulah beberapa khasiat kurma yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah manis dari Timur Tengah yang satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit beresiko tinggi seperti kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *