Masjid-Masjid di Turki Sebagai Destinasi Wisata

Mau kemanakah tujuan anda di musim liburan nanti? Raja Ampat, Bali, Jepang, Korea, atau Eropa? Jika anda berencana ke Eropa, ada baiknya anda mengunjungi negeri Kemal Attaturk alias Turki. Lho memangnya obyek wisata apa saja yang ada di sana? Banyak! Negeri yang beribukota di Ankara ini menyimpan sejuta pesona keindahan yang belum tentu dapat anda temukan di tempat lain.

Obyek wisata tersebut antara lain Konya yang menyajikan tarian ala sufi, Hipodrome atau monumen berbentuk tugu menjulang tinggi yang dibangun pada masa kekuasaan Kaisar Byzantium, Kastil Bodrum yang merupakan museum tempat menyimpan segala hal yang berhubungan dengan sejarah berdirinya negara Turki, Kolam air panas Pamukkale yang terbentuk dari bebatuan putih kalsium, Kota Selcuk yang di sana terdapat peninggalan jaman romawi, Kota Fethiye bagi mereka yang gemar berwisata bertemakan pantai, Library of Celsus yang terletak di kota Ephemus, Gunung Nemrud yang tingginya 2134 meter, Galata Bridge yang merupakan jembatan unik dua lapis dimana bagian atas berfungsi sebagai jalan penghubung layaknya jembatan pada umumnya, sedangkan bagian bawah justru dijadikan restoran yang sangat indah dan unik, dan tentu saja Masjid Hagia Sophia yang terkenal dan tersohor di seantero dunia. Nah yang akan kita bahas di artikel ini khusus masjid masjid di Turki sebagai obyek wisata. Mari langsung kita simak saja!

pexels.com

Masjid-Masjid di Turki yang Wajib anda Kunjungi

 

  • Masjid Hagia Sophia

Seperti sudah disebutkan di tulisan sebelumnya, masjid pertama yang wajib anda kunjungi tentu saja Masjid Hagia Sophia. Bisa dikatakan anda belum ke Turki jika belum mengunjungi masjid ini. Asal usul Hagia Sophia pada mulanya adalah sebuah gereja. Anda sangat tidak menyangka bukan? Ya, percaya tidak percaya memang begitu kenyataannya. Di masa Byzantium Roma, Hagia Sophia bahkan termasuk salah satu gereja paling sakral di Eropa yang selalu dipenuhi umat-umat kristiani untuk beribadah, atau umat lain yang sekedar ingin menyaksikan keindahan bangunannya. Hagia Sophia beralih fungsi dari gereja menjadi masjid setelah penaklukkan Konstantinopel oleh kesultanan Islam. Beralihnya fungsi tersebut tidak menyurutkan pamor Hagia Sophia, justru hasilnya malah lestari hingga sekarang sebagai masjid yang sering dikunjungi wisatawan. Keunikan lain yang terdapat di dalam masjid ini adalah bertemunya dua arsitektur dan dekorasi dari barat dan timur tengah. Ini bisa dilihat dengan adanya lukisan lukisan dari romawi timur yang bersanding syahdu dengan kaligrafi-kaligrafi yang berasal dari wilayah arab.

  • Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmet

Blue Mosque juga tidak kalah menarik dengan Hagia Sophia. Oleh karena itu, sangat layak jika masjid ini juga masuk dalam daftar masjid-masjid di Turki yang layak dikunjungi sebagai destinasi wisata. Hampir sama dengan Hagia Sophia, arsitektur masjid ini juga merupakan perpaduan antara Romawi dan Arab, hanya saja bentuk bangunan Blue Mosque mempunyai keunikan tersendiri yaitu kubah dan menara bertumpuk. Masjid ini mempunyai 9 kubah dengan 1 kubah sebagai kubah pusat dan 8 yang lain sebagai penopang, serta 6 menara. Masjid ini disebut masjid biru dikarenakan lampu biru yang menerangi seluruh masjid ketika malam tiba, membuat bangunannya terlihat sangat mempesona dan menakjubkan bagi siapapun yang melihatnya. Masjid yang bernama asli Masjid Sultan Ahmet ini dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Ahmed di sekitar tahun 1600 an ini diarsiteki oleh seorang arsitektur handal bernama Sedefkar Mehmed Aga.

  • Masjid Dolmabache

Masjid ini dibangun persis di depan pelataran Dolmabache Castle atau istana Dolmabache, markas resmi kepemimpinan kaisar Ottoman. Masjid ini diarsiteki oleh 2 orang yaitu Bezm I Alem Valide dan Sultan Abdul Majid. Alem Valide meninggal pada saat pembangunan masjid ini mencapai setengah jalan kemudian diteruskan oleh Sultan Abdul Majid yang tidak lain tidak bukan adalah putranya sendiri. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1855.

pexels.com
  • Masjid Sulaiman

Diarsiteki oleh salah satu pakar terhebat dalam bidangnya, Mimar Sinan, Pembangunan Masjid Sulaiman memakan waktu kurang lebih 8 tahun. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1550 dan akhirnya diresmikan pada tahun 1558. Masjid ini mempunyai nilai estetika yang tidak kalah menarik dengan masjid-masjid di Turki lainnya. Di dalam bangunan masjid terdapat kolam yang dibangun dari 3 jenis bebatuan yaitu marmer, porfiri, dan granit, yang ditaburi permata iznik. Selain itu mihrab Masjid Sulaiman dibuat dengan marmer putih. Mimbar juga menjadi bagian yang tak luput dari sentuhan seni nan indah, dengan desain sederhana berlapiskan kayu, mutiara, dan gading. Tak heran jika masjid ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

  • Masjid Yeni Valide Camii

Masjid yang pembangunannya menandai era pemerintahan Sultan Mehmed ke 4 di tahun 1663 ini juga dibangun oleh beberapa arsitek; diantaranya istru dari Sultan Murad ke 2, Dalgic Ahmed Agha, serta Mustafa Agha. Ketiganya merupakan arsitek yang beraliran timur tengah kombinasi Romawi, sama seperti masjid-masjid Turki lainnya. Terletak di Eminou Istanbul dan hanya beberapa kilometer dari pantai Golden Horn serta tak jauh dari bagian selatan Jembatan Galata, masjid ini berada di titik yang sangat strategis. Tak heran banyak turis selepas berpanas-panas ria di Golden Horn atau makan di restoran Jembatan Galata selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke masjid ini.

  • Masjid Bayazid II

Masjid ini dinamai sesuai dengan pemrakarsanya yaitu Bayazid 2 pada masa kesultanan Utsmaniyah dari tahun 1481-1512. Karakteristik utamanya hampir sama dengan masjid Yeni Valide Camii, yaitu letaknya yang sangat strategis. Masjid Bayazid II berada di tengah-tengah Beyazid Square, Grand Bazar, dan Universitas Istanbul.

pexels.com

Manfaat yang Didapat dari Mengunjungi Masjid-Masjid Tersebut

Manfaat dari mengunjungi masjid-masjid di Turki, selain untuk wisata juga bisa sebagai tausiyah bagi yang muslim. Kita bisa melihat kemegahan bangunan sekaligus cerita perjuangan kekhilafahan yang berada dibalik itu semua. Pengunjung bisa mengambil nilai kegigihan, ketekunan, dan keuletan para pejuang yang berusaha membangun peradaban Islam modern, salah satunya pembangunan masjid-masjid tersebut. Jadi, jika anda kebetulan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Turki dan menyempatkan mampir ke masjid-masjid tersebut, dipersilakan untuk mengambil foto atau selfie dengan latar belakang yang indah, namun jagalah keutamaan masjid sebagai tempat ibadah. Di akhir tulisan ini, kami juga senantiasa menghimbau dan mengingatkan kepada anda sekalian agar menggunakan jasa paket wisata Turki yang terpercaya, agar perjalanan wisata anda memuaskan, mendapat pelayanan yang baik, harga yang rasional, dan tentunya bebas dari penipuan. Anda bisa mencari referensi melalui situs-situs internet atau bertanya kepada orang yang sudah pernah bepergian ke Turki menggunakan jasa  paket wisata. Demikianlah artikel kali ini, semoga membawa banyak manfaat khususnya bagi calon wisatawan yang akan berangkat ke negeri Turki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *