Masjid Nabawi yang Indah dan Megah

 

Masjid nabawa merupakan salah satu masjid yang megah.masji yang berada di Arab tepatnya di kota Madinah ini sangat besar dan megah. Masjid ini juga salah satu masjid yang dibangun oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pada awalnya masjid ini tidaklah semegah dan sebesar sekarang. Dahulu kala saat nabi Muhammad membangun masjid ini memiliki panjang tiga puluh lima meter dengan lebarnya tiga puluh meter. Atapnya terbuat dari pelepah pohon kurma dan hanya memiliki tiga pintu. Namun dengan kehendak Tuhan sekarang masjid Nabawi sangatlah besar dan megah. Atapnya bukan lagi dari pelepah pohon kurma dan alasnya bukan lagi tanah dan batu namun ubin yang sangat indah kualitas terbaik. Masji nabawi juga memiliki keistimewaan tersendiri, di antaranya:

  • Masjid nabawi pernah terbakar sampai ke pembatas makam nabi Muhammad Saw. Namun dengan sigap para pemimpin Negara Muslim merenovasi masjid nabawi menjadi lebih indah dari sebelumnya.
  • Ketika tahun 1909 di Jazirah Arab baru pertama kali mengenal yang namanya aliran listrik dan tempat pertama yang menikmati sumber daya listrik tersebut merupakan masjid nabawi.
  • Ukuran masjid nabawi yang dulu dan sekarang berbeda. Masjid nabawi yang sekarang besarnya dua kali lipat dari pada zaman dahulu saat baru dibangun nabi Muhammad Saw. Bukan hanya besar, luasnya juga bertambah. Sekarang luas masjid nabawi sekitar seratus meter persegi.
  • Masjid nabawi juga memiliki tiga mihrab. Biasanya masjid hanya memiliki satu mihrab untuk memimpin sholat. Namun tidak dengan masjid nabawi yang memiliki tiga mihrab.

Nah setelah mengetahui sedikit tentang keistimewaan masjid nabawi apakah kamu ada niatan untuk mengunjungi masjid tersebut secara langsung dan menyaksikan kemegahan serta keindahan masjid tersebut dengan mata kepala kamu sendiri. bukan hanya sekedar mendengar dari cerita orang ataupun cerita di internet beserta gambarnya. Karena kemegahan masjid ini patut diacungi jempol. Sungguh luas dan mesar serta keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, lokasi masjid ini merupakan tempat pertama unta yang dinaiki nabi Muhammad Saw berhenti saat melakukan perjalanan dari Mekkah ke Madinah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *