Penyebab Mata Gatal Dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

Saat mengalami mata gatal tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas anda. Anda akan menajdi begitu fokus dengan kondisi mata anda yang menjadi gatal saat beraktivitas. Seperti kemudian anda terus menggosok mata anda hingga mengalami goresan dan membuat mata anda menjadi cidera. Akan tetapi pernahkah anda berfikir apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari mata anda yang terasa gatal? Jika anda juga merasa bingung dan penasaran, maka berikut ini adalah info mengapa mata anda bisa mengalami rasa gatal dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kenali Berbagai Alasan dan Penyebab Utama Mata Gatal

Gatal pada bagian mata tentu saja akan sangat tidak nyaman untuk dirasakan apalagi jika mata gatal melanda pada saat anda memiliki banyak sekali aktivitas. Pastinya saat anda merasakan gatal terutama pada bagian mata akan membuat anda reflek langsung menggosoknya. Bahkan anda cenderung menggosoknya secara kasar. Padahal semakin anda menggosok mata anda akan semakin mengakibatkan mata anda menjadi bermasalah terutama mengakibatkan masalah infeksi ataupun iritasi. Sehingga jika anda lakukan secara berlarut-larut, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kesurakan bola mata. Akan tetapi pernahkah anda memikirkan apa sebenarnya penyebab utama dari mata yang terasa gatal? Karena umumnya rasa gatal pada mata ini terjadi secara tiba-tiba tanpa anda bisa memikirkan apa yang menjadi penyebabnya. Maka untuk menambah info dan pengetahuan anda, umumnya mata yang gatal terjadi akibat beberapa faktor berikut ini, diantaranya ialah:

www.pexels.com
  • Alergi terhadap makanan, hewan, atau alergi lingkungan

Alergi bisa menimbulkan berbagai reaksi pada tubuh anda. Salah satunya bahkan bisa menyebabkan gatal pada bola mata anda. Umumnya alergi ini terjadi pada saaat tubuh anda mendapatkan kontak baik dengan makanan maupun hewan tertentu yang menyebabkan tubuh anda mengalami reaski. Seperti misalnya makanan dari seafood, atau bulu hewan. Alergi juga bisa terjadi karena pengaruh lingkungan seperti misalnya adaya debu, hawa yang terlalu panas, dan lain sebagainya.

  • Terjadi iritasi karena produk tertentu

Iritasi ini bisa terjadi pada bagian tubuh anda termasuk pada bagian mata anda. Seperti misalnya iritasi akibat dari bahan kimia ataupun karena bahan lain yang menyebabkan gatal. Hal ini merupakan suatu reaksi alergi yang tertunda jika anda mengalami ruam ataupun gatal pada kulit. Dimana umumnya alergi ini akan menyebabkan kulit memerah pada area sekitar kelopak mata anda.

  • Mata tegang akibat gadget atau televisi

Terlalu lama berada di depan gadget atau terlalu dekat dengan layar gadget bisa menyebabkan mata anda menjadi tegang. Bahkan mata anda juga bisa saja terkena radiasi yang akan mneyebabkan mata menjadi mudah lelah, susah untuk fokus, bahkan juga membuat mata anda merasa gatal. Untuk dampak jangka panjang, kondisi seperti ini bisa menyebabkan fokus pada penglihatan anda mengalami penurunan.

www.pexels.com
  • Terjadi peradangan kelopak mata

Kelopak mata anda juga bisa saja terjadi peradangan karena bakteri staph. Dimana penyakit ini dikenal dengan sebutan Blepharitis. Blepharitis ini bisa menyebabkan bola mata anda menjadi terasa gatal, berair, bengkak, merah, dan juga kering.

  • Terjadi mata merah

Mata yang gatal dan juga merah sering kali disertai dengan air yang keluar dari dalam mata anda. Nantinya mata merah ini juga sering membuat mata gatal. Akan tetapi penyebab dari mata merah itu sendiri juga beragam dan berbeda-beda. Akan tetapi anda harus menghindari menyentuh mata karena hal ini bisa membuat kondisi mata merah ini menjadi menular.

Itulah berbagai penyebab mata gatal yang sedang anda alami ataupun yang mungkin saja anda alami selama ini. Maka harapannya anda bisa lebih berhati-hati terhadap kondisi mata anda. Jika mata anda sudah terlanjur merasa gatal, maka selanjutnya anda perlu untuk mencari tahu cara yang alami untuk mengatasi kondisi mata anda yang merasa gatal. Berikut ini telah disediakan info secara lebih lengkap untuk anda.

www.pexels.com

Cara Alami Mengatasi Mata yang Terasa Gatal

Mata gatal memang begitu mengganggu. Dimana umumnya mata gatal ini terjadi akibat berbagai alasan atau penyebab yang telah disampaikan sebelumnya. Terjadi mata yang terasa gatal ini bisa saja terjadi pada hooded eyes, monolid eye, ataupun jenis bentuk mata lainnya. Mata gatal sering kali membuat aktivitas anda menjadi tidak berjalan dengan lancar alias terganggu. Bahkan saat anda tidur atau memejamkan mata saja, kondisi mata yang gatal juga bisa mengganggu dan membuat anda tidak bisa merasakan nyaman. Maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui cara yang tepat dalam mengatasi mata yang gatal. Lalu yang selanjutnya menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kondisi mata yang gatal ini? Dimana tentu saja akan lebih dianjurkan atau lebih disarankan agar anda mengatasi masalah mata yang gatal ini secara alami. Diantaranya ialah sebagai berikut ini.

  • Selalu berusaha untuk menjaga kebersihan mata anda

Kadang kala mata anda terkena berbagai hal yang menyebabkan mata anda merasa gatal akan tetapi tidak secara sadar. Bisa jadi hal ini karena anda kurang menjaga kebersihan mata anda. Padahal debu, bahan kimia, dan kotoran yang menumpuk bisa membuat mata anda menjadi terasa gatal. Maka sangat dianjurkan agar anda menjaga mata anda agar tetap bersih terutama di malam hari. Biasakan anda menghapus riasan mata anda sebelum anda tidur. Anda bisa melanjutkan dengan meneteskan mata anda untuk menghilangkan kotoran pada mata anda. Selain itu anda juga bisa merutinkan untuk memberikan vitamin pada mata anda.

www.pexels.com
  • Kompres mata dengan air hangat atau dingin

Cara lain yang bisa anda lakukan ialah melakukan kompres pada bagian mata anda. Anda bisa menggunakan air baik dalam kondisi hangat maupun dingin. Terutama mengompres mata dengan air hangat akan membantu untuk mengatasi rasa gatal pada daerah mata anda yangterjadi akibat bintitan atau dikenal dnegan sebutan stye. Akan tetapi jika rasa gatal pada mata anda terjadi akibat dari konjungtivitas, maka sangat disarankan agar anda mengompres mata anda dengan menggunakan air dingin. Dimana kondisi ini sering kali ditandai dengan mata yang gatal berwarna merah.

  • Menggunakan humidifier

Selain menggunakan berbagai jenis obat mata, memanfaatkan humidifier untuk mengobati rasa gatal pada mata anda juga bisa dilakukan. Dimana fungsi dari humidifier ini ialah untuk membantu menambah kelembapan udara. Dengan begitu maka nantinya rasa gatal pada area mata anda makin lama akan semakin menghilang. Humidifier ini bisa digunakan kapan saja dimana saja. Baik saat cuaca sedang kering ataupun cuaca sedang dingin.

Itulah berbagai info secara lengkap terkait dengan alasan atau penyebab dari mata gatal dan juga bagaimana cara mengatasinya. Harapannya info tersebut akan membantu anda untuk mengatasi kondisi mata anda yang sedang mengalami rasa gatal.

 

 

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *