Serba-Serbi Melek Peluang Bisnis Dengan Internet

Jaman sekarang, kemajuan teknologi sangat pesat. Tertinggal sedikit saja, kita akan rugi banyak hal. Termasuk waktu, uang, dan tenaga. Itu pula yang berlaku kepada pelaku bisnis. Pelaku bisnis yang gaptek walaupun bermodal besar biasanya akan kalah saing oleh yang bermodal kecil namun sudah melek peluang bisnis dengan internet. Ya, sekarang internet bukan lagi hal yang asing seperti 15 atau 20 tahun yang lalu. Akses bisa didapatkan dengan sangat mudah oleh siapapun dan dimanapun. Bahkan anak SD pun sudah banyak yang mahir berselancar di dunia maya.

Pemahaman Dasar Agar Melek Peluang Bisnis Dengan Internet

Sebelum masuk ke usur bisnis, mari kita pelajari dulu dasar pengertian internet. Internet merupakan singkatan dari interconnection networking. Mencakup semua jaringan arus komunikasi dengan sarana media elektronik. Jaringan-jaringan ini terhubung dengan memanfaatkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol. TCP / IP ini berfungsi sebagai jalan keluar masuk pertukaran paket data yang diakses oleh penggunanya di seluruh bagian dunia. Untuk lebih jelasnya, penulis akan menggambarkannya dengan analogi seperti ini. Pengguna A mempunyai sebuah PC yang terkoneksi dengan jaringan internet, lalu ingin mengakses sebuah situs, katakanlah situs X.

Saat si A mengetikkan alamat website dan menekan enter, maka si A ini akan mengirim data yang isinya request atau permintaan untuk membuka situs X melalui koneksi TCP/IP dengan sarana komputer. Kemudian situs X menerima permintaan si A dan mengirim balik data yang isinya tampilan dari situs tersebut, juga melalui koneksi TCP/IP. Lalu si A akhirnya pun dapat melihat isi situs X di komputernya. Melalui internet inilah, pengguna bisa melakukan interaksi melalui situs/tampilan yang tersaji, mulai dari sekedar membuka dan melihat-melihat, chatting, video call, transaksi jual-beli dan lain-lain.

pexels.com

Keuntungan Bisnis Dengan Memanfaatkan Internet

Ada beberapa keuntungan besar yang kita dapat jika kita melek peluang bisnis dengan internet, dibanding dengan bisnis konvensional. Mari kita simak apa saja keuntungan tersebut !

  • Jangkauan luas dan nyaris tak terbatas

Bisnis konvensional atau tradisional jangkauannya sangat terbatas. Sebagai contoh sederhana, lihatlah warung di sekitar rumah anda. Konsumen tetap dari warung tersebut pastilah sebatas orang-orang yang tidak jauh dari daerah berdirinya warung tersebut. Kalaupun ada orang jauh yang membeli, kemungkinan besar hanya orang lewat yang kebetulan mampir. Nah sekarang bandingkan dengan toko online yang bisa diakses melalui internet. Jika sebuah website sudah authority, dibangun secara baik, mempunya portfolio backlink yang baik, sehingga mendatangkan trafik, maka siapapun asal mempunyai koneksi internet bisa mengaksesnya, tidak peduli toko onlinenya berada di Afrika lalu si calon pembeli berada di Eropa, dan sebagainya. Jika ada pertanyaan atau nego barang, tinggal hubungi lewat fasilitas chat atau video call yang sudah tersematkan di dalam website tersebut.

pexels.com
  • Hemat waktu, tenaga, dan biaya

Ini masih kelanjutan dari poin pertama. Coba bayangkan, misal anda pebisnis, lalu ingin membeli suatu barang yang hanya bisa didapat di Amerika. Jika masih menggunakan sistem konvensional atau tanpa internet, bayangkan waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang. Anda harus membuang banyak pulsa telepon sambungan luar negeri untuk berkomunikasi dan nego harga dengan si penjual. Setelah itu,anda juga harus naik pesawat ke sana, dimana harga tiket pulang pergi Indonesia-Amerika paling murah 15 juta rupiah. Wow, bisa untuk modal usaha kecil-kecilan uang segitu banyak dan hanya anda buang sia-sia untuk beli tiket pesawat. Kemudian, anda hitung juga waktu perjalanan ditambah kunjungan yang paling tidak harus menyita waktu 3 hari atau lebih. Belum lagi tenaga anda bolak balik kesana kemari, mencari alamat penjual, pasti capek tentunya. Itupun kalau berhasil mencapai deal. Kalau gagal? Ya selamat, anda sudah membuang waktu, uang, dan tenaga lalu pulang dengan tangan kosong. Dengan internet, semua itu bisa teratasi. Anda cukup browsing toko online mana saja yang menjual barang yang anda butuhkan. Akses toko itu, dan lihat harganya. Jika kurang cocok, anda bisa melakukan nego ke penjual melalui chat, voice call, atau video call seperti yang sudah tertera di ulasan poin pertama. Jika sudah sepakat, segera lakukan transfer melalui e-banking, internet banking, atau pembayaran virtual lainnya. Tidak perlu repot-repot ke bank dan mengambil uang tunai. Setelah anda mentransfer uangnya, anda tinggal duduk manis sambil minum kopi dan gorengan di rumah sementara menunggu barang datang. Jika tidak mencapai kata sepakat dalam soal harga, tinggal cari toko online lain. Gampang kan?

  • Peningkatan Omzet

Lalu, apa muara dari keuntungan-keuntungan yang sudah diulas dalam poin 1 dan 2? Ya, apalagi kalau bukan peningkatan omzet. Jika kualitas barang kita bagus dan toko online yang ada di website kita user friendly, maka jangan heran jika omzet anda akan meningkat pesat. Dengan internet, kecepatan transaksi dan perputaran barang / jasa meningkat berkali-kali lipat. Katakanlah dengan bisnis konvensional dalam kurun waktu 1 bulan anda mampu menjual barang anda 10 buah dengan total keuntungan 50% dari modal, berapa omzet yang anda dapat jika anda sudah melek peluang bisnis dengan internet? Tentu berkali-kali lipat jumlahnya bukan mengingat penghematan waktu dan biaya yang sudah dibahas tadi? Satu lagi, coba daftar dropship di serbu.id juga bisa meningkatkan omzet berkali-kali lipat.

pexels.com

Etika Bisnis Melalui Internet

Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang sudah kita bahas di atas, internet memang menjadi monster penghasil uang bagi pebisnis. Namun seperti bisnis pada umumnya, bisnis berbasis internet pun punya etika. Apa saja?

  • Kejujuran

Ini adalah salah satu elemen paling penting. Apa gunanya melek peluang bisnis dengan internet jiak kita tidak jujur? internet adalah dunia maya atau virtual. Kita tidak tahu wajah, perilaku, dan karakter orang secara langsung. Banyak kasus penipuan yang sudah sering terjadi, mulai dari website abal-abal, rekening palsu, hingga hacking. Tetap pegang teguh nilai kejujuran apapun cara berbisnisnya!

  • Pelayanan yang baik demi kepuasan pelanggan

Ini juga sama saja dengan bisnis konvensional, pelanggan adalah raja. Bedanya disini pelanggan akan menghubungi anda jika ada apa-apa melalui chat, voice chat, video call, atau nomor yang ada di website anda. Siapkanlah diri anda selalu untuk hal demikian, berusahalah merespon tepat waktu. Omzet besarpun pasti berawal dari pelayanan yang baik bukan?

pexels.com
  • Tulislah ketentuan-ketentuan bisnis yang berlaku di website anda

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, tulislah ketentuan-ketentuan yang berlaku, misal barang rusak bukan menjadi tanggung jawab kami,waktu permohonan retur barang maksimal 3 hari, Tidak melayani pembelian melalui metode pembayaran X, dll.

Nah itulah tadi serba serbi melek peluang bisnis dengan internet. Sekali lagi penulis tekankan, pengetahuan teknologi itu penting, namun tetap jaga etika dalam berbisnis. Jika anda ingin sebuah contoh yang bagus, kunjungilah situs bisnis androox.com, sebuah situs penyedia jasa pemasangan iklan yang sangat rapi dan kompeten. Sekian dulu dari penulis, salam sukses!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *