Menilik Lebih Dekat Potensi Ikan Dewa

 

Deskripsi

Tahukah Anda bahwa ikan dewa yang banyak dijumpai di Kuningan, ternyata dapat dibudidayakan loh. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut akan dibahas.

 

Artikel

Ikan dewa merupakan jenis ikan yang banyak dijumpai di daerah Kuningan, Jawa Barat. Ikan tersebut mempunyai fisik mirip dengan ikan arwana. Hanya saja, ikan tersebut dipercayai sebagai ikan keramat oleh masyarakat Kuningan. Tahukah Anda, bahawa ternyata ikan tersebut dapat dibudidayakan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Teknik Budidaya Ikan Dewa yang Tepat

Bagi Anda yang mempunyai hobi memlihara ikan, tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa teknik pemeliharaan yang terbilang cukup rumit. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa teknik budidaya sekaligus perawatan ikan dewa yang tepat.

1.      Perhatikan Saat Pemijahan

Perlu Anda ketahui bahwa ikan dewa mampu bertelur kurang lebih 1000 telur per indukan. Jumlah tersebut terbilang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Membutuhkan waktu kurang lebih empat hari, telur-telur tersebut akan menetas menjadi anakan. Anakan tersebut perlu dilakukan perawatan yang kemungkinan besar juag tidak sama. Lakukanlah perawatan tersebut di akuarium yang sudah disediakan.

2.      Pemberian Pakan Secara Rutin

Pada hari ke 7 – 11, beri pakan untuk anakan ikan dewa tersebut. Anda bisa memberi pakan artemia atau yang sering dikenal sebagai plankton. Waktu pemberian pakan adalah 3 – 5 jam sekali.

Potensi Keuntungan Ikan Dewa

Meski teknik pemeliharaannya terbilang sedikit rumit karena harus memperhatikan hitungan hari. Namun tahukah Anda bahwa dibalik itu semua, ada potensi keuntungan yang cukup menjanjikan. Ikan tersebut biasanya identik pada perayaan hari Imlek. Umumnya pada hari-hari biasa, ikan dewa dipatok harga sekitar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per kilo. Namun, ketika Imlek tiba harga ikan tersebut melonjak sanagt drastis yakni berkisar antara Rp 700.000 sampai Rp 1 juta per kilonya. Berat satu ekor ikan dewa rata-rata adalah 1 kg. Jadi, ketika Anda membeli 3 kg maka Anda hanya mendapatkan 3 ekor ikan saja.

 

Menilik potensi ikan dewa tersebut, sudahkah Anda memutuskan akan membudidayakan ikan dewa tersebut? Jika ada niatan untuk memeliharanya, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa teknik budidaya yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga artikel tersebut dapat Anda jadikan referensi. Selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *