Oleh Oleh Haji yang Wajib Anda Beli Ketika Pergi Ke Tanah Suci

Naik haji adalah salah satu ibadah orang muslim yang wajib dilakukan jika orang tersebut mampu. Tidak semua orang di Indonesia mampu naik haji selain karena antriannya panjang, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Sepulangnya seseorang dari tanah suci, biasanya dia akan membawa oleh oleh haji. Tradisi ini bukan bertujuan untuk menyombongkan diri, tetapi untuk membagi kebahagiaan karena mampu pergi dan pulang dari tanah suci dengan selamat. Jika anda akan berangkat haji namun belum tahu oleh-oleh apa yang akan anda bawa sepulang nanti, artikel ini sangat cocok sebagai referensi. Pastikan anda baca sampai akhir.

                Oleh Oleh Haji untuk Perlengkapan Ibadah

  1. Sajadah

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa harus membeli sajadah sebagai oleh-oleh jika di Indonesia saja banyak? Sajadah yang anda beli saat naik haji tentu berbeda dengan sajadah Indonesia. Sajadah Arab memiliki bahan yang lebih kokoh dan tebal. Selain itu bahan yang digunakan juga lembut sehingga saat sujud dahi anda tidak sakit saat menyentuh lantai. Ukuran sajadah arab juga berbeda karena lebih lebar. Harga yang ditawarkan untuk satu sajadah juga terjangkau mulai dari Rp 25.000-Rp200.000 tergantung dari kualitas. Anda bisa membeli beberapa potong sajadah dengan harga terjangkau dan memberikannya untuk orang-orang terdekat saja.

pxhere.com
  1. Sarung

Sarung juga merupakan salah satu oleh oleh haji yang harus anda beli. Seperti yang anda ketahui, sarung adalah selembar kain yang digunakan laki-laki untuk sholat. Sarung arab memiliki motif yang khas dengan bahan lebih dingin dan tidak transparan. Berbeda dengan sarung di Indonesia yang biasanya berbahan lumayan tebal dengan motif oktak-kotak. Harga sarung berkisar andata Rp 45.000-Rp.100.000. jika anda membeli sarung di Arab, tempat kemasannya berbeda dengan sarung pada umumnya. Sarung arab biasanya dikemas dengan kotak tanpa tutup dan dihiasi pita sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

  1. Mukena

Jika tadi sudah membahas perlengkapan ibadah untuk laki-laki, sekarang saatnya membahas perlengkapan ibadah untuk perempuan. Mukena dipakai perempuan saat sholat. Mukena cocok dijadikan oleh-oleh terutama untuk orang dekat karena akan semakin berkesan. Motif dan bahan mukena arab lebih bervariasi. Untuk bahan, mukena arab biasanya menggunakan bahan yang dingin saat kena kulit mengingat suhu di Arab jauh lebih panas dari di Indonesia. Harga mukena sangat variatif berkisar antara Rp35.000-Rp250.000. Semakin rumit motif mukena, biasanya semakin mahal harganya.

pxhere.com

                Oleh Oleh Haji yang Dapat Dikonsumsi

  1. Kurma

Anda pasti sudah tidak asing dengan buah kurma. Buah ini adalah buah khas Arab yang sangat terkenal. Rasa kurma cenderung manis tapi ada juga yang manis-asam. Tidak seperti di Indonesia yang menjual kurma kotakan, di Arab, orang menjual kurma seperti menjual cabai. Kurma dipajang dan ditaruh di wadah besar membentuk gunung. Jenis-jenis kurma sudah dipilah-pilah dari yang berdaging tebal, berbiji tebal. Berasa manis, dll. Kurma adalah oleh-oleh wajib yang harus anda beli saat naik haji.

  1. Kacang Arab

Jangan samakan kacang arab dengan kacang indonesia. Kacang arab berbentuk seperti kerang dan berwarna coklat. Kacang arab berasa gurih dan asin. Biji kacang arab lebih kecil dari pada biji kacang indonesia. Anda bisa membeli kacang arab kiloan atau yang sudah dimasukkan ke wadah kecil-kecil.

  1. Kismis

Selain terkenal dengan kurma dan kacang arab, kismis juga merupakan oleh-oleh makanan yang tidak boleh terlewatkan. Kismis arab cenderung lebih besar dengan daging empuk dan manis. Kismis arab sangat cocok untuk tipong atau campuran adonan kue. Selain itu, kismis arab juga nikmat untuk dimakan sebagai camilan.

pxhere.com
  1. Air Zamzam

Siapa yang tidak tahu air zamzam? Air zamzam dipercaya sebagai air berkah atau mukjizat dari Allah SWT. Air zamzam pertama kali muncul saat siti Hajar dan anaknya, Ismail, ditinggal oleh nabi Ibrahim AS disebuah padang yang tandus. Di sana, Ismail menangis kehasuan. Siti hajar kebingunan karena di sekitarnya tidak terdapat sumber air sehingga dia boleh balik dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Siti Hajar tercatat bolak-balik sebanyak tujuh kali. Perjuangan Siti Hajar selanjutnya dijadikan salah satu rukun Haji. Setelah lelah bolak-balik, Siti Hajar mendapat perintah untuk kembali ke tempat putranya Ismail. Di sana, Ismail kecil menangis menjejak-jejakkan kakinya ke tanah. Dari bekas jejakan tersebut, keluarlah air yang disebut air zamzam. Sampai sekarang, air zamzam menjadi salah satu air yang wajib dijadikan oleh-oleh. Air zamzam juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak seperti air pada umumnya, air zamzam memiliki rasa sedikit asin. Sekarang sumur zamzam terbuka untuk umum sehingga orang-orang bebas mengambil air tersebut. Ajaibnya, air tersebut tidak pernah surut dan selalu berlimpah.

Bagaimana pembahasan oleh-oleh yang harus dibawa seusai naik haji? Semoga cukup membantu. Selain oleh oleh haji yang disebutkan di atas, ada beberapa oleh-oleh lain yang bisa dibeli seperti tasbih, al-quran, parfum, gantungan kunci, dan gelang. Sedangkan oleh oleh khas surabaya untuk anak-anak, permen dan coklat arab mungkin bisa menjadi alternatif yang cocok.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *