Aturan Mengenakan Pakaian Untuk Sholat yang Benar Bagi Seorang Muslim

Sholat merupakan media bagi seorang pemeluk agama Islam untuk berkomunikasi dengan Allah Swt. Sholat dalam Islam sendiri terdiri dari dua golongan besar, yakni sholat wajib yang meliputi sholat lima waktu dan sholat jum’at untuk laki-laki serta sholat Sunnah seperti sholat tahajud, sholat istikharah, sholat ghaib, sholat hajat, dan sebagainya. Dikarenakan sholat merupakan sarana komunikasi dengan Tuhan, maka kita harus berpenampilan rapi dan bersih pada saat sholat. Dalam hal ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjalankan sholat, diantaranya adalah pakaian untuk sholat.

 

Sudah seharusnya pakaian yang digunakan pada saat sholat adalah pakaian yang paling bagus sesuai dengan syariat agama Islam. Jika pakaian yang kita gunakan untuk sholat ternyata kotor atau najis, maka bisa saja sholat yang kita jalankan akan batal. Selain itu, apabila aurat kita terbuka saat sholat, maka sholat kita sudah pasti akan batal. Oleh sebab itu, Anda harus bisa memilih pakaian untuk sholat yang tepat dan sesuai. Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih pakaian sholat yang tepat dan nyaman.

www.pexels.com

Tips Memilih Pakaian untuk Sholat yang Baik dan Benar

  1. Pakaian yang menutup Aurat

Ya. Agama Islam memiliki aturan yang mewajibkan para pemeluknya untuk mengenakan pakaian dengan batasan-batasan tubuh yang boleh nampak. Bagi kaum perempuan, tubuh yang boleh ditampakkan hanyalah wajah dan telapak tangan saja. Sementara itu bagi kaum laki-laki, semua bagian tubuh boleh ditampakkan kecuali bagian tubuh yang terletak antara pusar hingga lutut. Para perempuan memang disunahkan untuk menggunakan mukena ketika sholat. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih mukena yang bersifat terusan supaya tidak terbuka ketika sujud. Sedangkan untuk laki-laki, sebaiknya Anda menggunakan kaos dalam yang dimasukkan ke dalam celana untuk menghindari hal yang sama.

  1. Tidak Ketat

Sudah seharusnya Anda memilih pakaian untuk sholat yang bersifat longgar dan tidak ketat. Hal ini ditujukan agar pakaian tersebut tidak mengambarkan bentuk tubuh Anda, yang mana dapat menimbulkan nafsu bagi sebagian orang. Di samping itu, memilih pakaian yang tidak ketat juga ditujukan agar ruang gerak Anda tidak terbatas saat sholat dilakukan.

www.pexels.com
  1. Tidak memilih pakaian yang transparan

Selain tidak boleh ketat, pakaian yang tidak boleh digunakan pada saat sholat adalah pakaian yang bersifat transparan. Sama halnya dengan sebelumnya, pakaian transparan justru akan menampakkan apa yang ada di dalamnya secara lebih jelas. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari pakaian yang bersifat transparan.

  1. Tidak Menggunakan yang Terbuat dari Sutera

Hal ini hanya ditujukan untuk kaum laki-laki. Seperti yang telah diketahui bahwa laki-laki muslim dilarang keras untuk mengenakan pakaian yang terbuat dari sutera. Dengan demikian, jangan sekali-kali mengenakan pakaian untuk sholat yang terbuat dari sutera pasalnya hal tersebut sangat dibenci Allah.

www.pexels.com

Cara Membeli Pakaian Sholat yang Tepat dan Murah

Anda tak perlu khawatir tidak bisa menemukan pakaian sholat yang sesuai dengan syariat agama Islam. Dewasa ini, banyak sekali butik busana muslim yang menjual pakaian untuk sholat. Namun yang seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang ialah harganya yang relatif mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanfaatkan berbagai promosi yang ditawarkan oleh agen jual beli online busana muslim. Umumnya mereka akan menyediakn bonus bagi pelanggannya pada waktu tertentu. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering mengunjungi situs tersebut untuk memeriksa berbagai bonus yang ditawarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *