Penjelasan Singkat Biografi Ustadz Abdul Somad

Biografi ustadz Abdul Somad, siapa yang tak kenal dengannya, sebagai pendakwah beliau sudah terkenal di mana-mana. Video ceramahnya sudah banyak menyebar di media sosial sehingga ustadz Abdul Somad ini sudah populer di penjuru Indonesia. ustadz abdul somad ini dikenal dengan ulasannya yang lugas dan cerdas serta keahlian dalam merangkai kata-kata membuat retorika dakwah, sehingga ceramah beliau mudah dicerna dan mudah dipahami oleh para jamaah di Indonesia.

Ceramah yang beliau angkat mengenai berbagai persoalan agama yang kerap sekali terjadi. Selain itu ustadz Abdul Somad juga mengangkat mengenai masalah-masalah nasionalisme, kekinian dan berbagai masalah yang sedang terjadi di kalangan masyarakat. Terdapat banyak materi yang dibahas di dalam ajaran Islam.

Ternyata selain di dunia nyata, di dunia maya pun banyak orang yang yang mencari nama Ustadz Abdul Somad. Seperti mencari informasi data siapakah beliau sebenarnya. Selain mencari profil dan biodata, ternyata masih banyak lagi yang mencari berbagai kajian beliau dan berbagai ceramahnya.

Nah, kalau begitu pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan mengulas tuntas mengenai profil dan biodata seorang Ustadz Abdul Somad.

Profil dan Biodata Ustadz Abdul Somad

  • Nama : Abdul Somad Batubara,Lc, D.E.S.A
  • Tempat, tanggal lahir : Silo Lama, Sumatra Utara, 18 Mei 1997
  • Orang tua : Hj. Rohana (Ibu)

Pendidikan Ustadz Abdul Somad

  • SD al-Washliyah
  • Mts Mu’allimin Medan
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu
  • S1 Al-Azhar, Mesir
  • S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Pengabdian Ustadz Abdul Somad

  • Menjadi Dosen Tafsir dan Hadist di kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
  • Menjadi Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Keorganisasian dan Pengkajian
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau

Masa Kecil Seorang Abdul Somad

Sejak usia dini orang tua Abdul Somad sudah mengarahkan anaknya untuk mendalami islam dengan menyekolahkan Abdul Somad di sekolah yang berkulur agama Islam. Sekolah dasarnya beliau di SD Al-Washliyah Medan dan selesai pada tahun 1990. Setelah menyelesaikan pendidikannya di SD maka beliau langsung di arahkan untuk masuk ke pondok pesantren Darularafah yang lokasinya berada di wilayah Deliserdang, Sumatera Utara.

Di pesantren Darularafah ini lah ustadz Abdul Somad menjalani proses pendidikan selama satu tahun. Kemudian belau melanjutkan pendidikannya ke Riau pada tahun 1994.

Menginjak usia dewasa beliau melanjutkan studinya di Madrasah Aliyah Nurul Falah di wilayah Indragiri Hulu. Beliau lulus pada tahun 1996. Setelah selesai menyelesaikan studinya belua memutuskan untuk melanjutkan pendidikanya di perguruan tinggi. Ustad Abdul Somad melanjutkan kuliah ke UIN SISKA Riau.

Ustadz Abdul Somad hanya menjalani kuliah dua tahun saja di kampus UIN SISKA dari tahun 1996-1998. Hal itu dikarenakan beliau melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Mesir. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi beliau, keluarga dan negara. Beliau berhasil terpilih sebagai salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa dan berhasil mengalahkan 900 orang yang melamar.

Kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir beliau mampu menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 3 tahun 10 bulan. Sebuah pencapaian yang luar biasa, beliau lulus mendapatkan gelar Lc (License) sebuah gelar yang diperoleh ketika menyelesaikan pendidikan di wilayah timur tengah seperti Negara Mesir.

Perjalanan studinya tidak berhenti disitu aja. Ustadz Abdul Somad melanjutkan pendidikan S2 di institute Dar Al-Hadis Al-Hassania pada tahun 2004. Beliau kuliah lagi karena berhasil mendapatkan biasiswa dari kerajaan Maroko. Sebuah perestasi yang membanggakan dan sangat mengispirasi bagi jutaan umat.

Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu dari 5 orang asing yang diterima melanjutkan kuliah di Maroko. Beliau mampu menyelesaikan pendidikan Master selama 1 tahun 11 bulan. Akhirnya beliau mendapatkan gelar D.E.S.A (Diplome d’Etudes Superiurs Apprpfpndies).

 

Menjadi Dosen dan Pendakwah

Setelah menyelesaikan studinya Ustadz Abdul Somad memutuskan untuk kembali ke negara tercinta, Indonesia. Pada tahun 2009, beliau kemudian melanjutkan bekerja sebagai Dosen bahasa Arab dan Tafsir di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Selain itu Beliau juga mengajar di Sekolah Tinggi Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Riau sebagai Dosen Agama Islam.

Selain aktif menjadi Dosen, Ustadz Abdul Somad juga tercatat sebagai anggota MUI Provinsi Riau dan menjadi Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdatul Ulama. Pada tahun 2009 sampai dengan 2014 lalu beliau juga tercatat sebagai badan amil zakat di provinsi Riau.

Anak Dan Istri Ustadz Abdul Somad

Diketahui bahwa pada tahun 2008, tepatnya pada usia 31 tahun ustadz Abdul Somad telah memutuskan untuk menikah. Istri beliau termasuk seorang wanita yang taat. Buah dari pernikahan, beliau memiliki seorang anak yang bernama Mesian Haziq Abdillah.

Ustadz Abdul Somad semakin populer di kalangan Masyarakat

Berkat teknologi yang semakin canggih maka memudahkan setiap orang untuk mengakses informasi terbaru secara cepat. Hal ini tentunya dimanfaatkan ustadz Abdul Somad untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagu umat dengan memberikan ceramah seputar agama Islam.

Adanya media sosial seperti youtube membuat nama ustad Abdul Somad semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia karena video ceramahnya selalu menjadi viral. Yang bikin ceramahnya viral adalah isi ceramah beliau tentang agama Islam sangat berbobot dan sesuai dengan kemampuan dirinya sebagai ulama besar di Indonesia, Da’I dan sebagai Dosen Agama Islam.

Beliau juga selalu menjawab berbagai pertanyaan dan permasalahan berdasarkan pandangan imam mazhab dan bahasa yang dikeluarkan pun sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh semua kalangan.

Sosok yang cerdas dan selalu tampil dengan sederhana membuat ustadz Abdul Somad semakin banyak disukai oleh para jamaahnya. Hal inilah yang membuat banyak orang akan tertarik dan mengundangnya untuk mengisi ceramah di acaranya.

Selain menjalankan ceramah dan mengajar di perguruan tinggi, ustadz Abdul Somad juga aktif dalam menerjemahkan buku-buku Timur Tengah yang materinya berisi :

  1. Permasalahan Rumah Tangga Dalam Islam
  2. Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (judul aslinya : Al Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut)
  3. 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan (judul aslinya : 55 Nashihat li al-Banat qabla az-zawaj)
  4. 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (judul aslinya : 101 Qishsh wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah lahum ad-Du’a’ majdi Fathi As-Sayyid)
  5. 30 Orang Dijamin Masuk Surga (judul Aslinya : 30 al-mubasysyarun bi al-jannah)
  6. 15 Sebab Dicabutnya Berkah (judul aslinya 15 sabab min asbab naz’al-barakah)
  7. Indahnya Sek Setelah Menikah (judul aslinya : Syahr al-asal bi la khajal)
  8. Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (judul aslinya : Akhta’fi mafhum az-zawaj)
  9. Sejarah Agama Yahudi (judul aslinya : Tarikh ad-Diyanah al- Yahudiyyah)

 

Selain menerjemahkan buku Timur Tengah, ustad Abdul Somad juga menulis sebuah buku yang berjudul 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 33 Tanya Jawab Seputar Qurban dan 37 masalah Populer.

Kandidat Cawapres 2019

Dalam beberapa hari ini beredar bahwa nama ustad Abdul Somad yang selalu dikait-kaitkan dengan aktivitas dan dinamika politik. Berita yang berkembang pada pemilihan Presiden 2019 nanti.

Banyak munculnya dukungan agar sang ustadz Abdul Somad untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto atau dengan Presiden Joko Widodo. Terkait berita yang berkembang di masyarakat, secara terbuka ustad Abdul Somad menegaskan bahwa berita yang berkembang tersebut hoax atau tidak ada kebenarannya.

Sampai dua kali beliau melakukan klarifikasi terkait isu yang menyebar dengan cepat di masyarakat tersebut. Bantahan ustad Abdul Somad ini di lontarkan melalui akun Instagramnya @ustadzabdulsomad pada hari Jumat , 03/08/2018 lalu.

Ternyata walau berita tersebut hoax, banyak masyarakat yang mendukung apabila ustadz Abdul Somad melangkah menjadi wakil Presiden. Dampaknya pada saat mengisi ceramah di Semarang beliau disambut dengan baik oleh jamaahnya. Disambut seperti penyambutan wakil presiden. Beliau mengaku sangat bahagia atas sambutan tersebut.

Biasanya beliau itu kalau tiba di bandara biasanya disambut oleh panitia dan sekretaris, namun lain cerita pada waktu di Semarang. Beliau disambut TNI, Polri seperti sambutan wakil preseden. Setelah kejadian tersebut ustad Abdul Somad meminta doa kepada semuanya agara beliau tetap menjadi ustadz sampai mati. Sebuah komitmen yang luar biasa dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan disekitarnya. Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan bahwa di Indonesia tercinta ini masih banyak orang yang memiliki kemapuan yang baik dan lebih layak untuk di dukung.

Blak-Blakan Tarif Ceramah Ustadz Abdul Somad

Sebagai seorang ustadz kondang yang digandrungi oleh banyak masyarakat maka hal itu membuat beliau banjir undangan ceramah di berbagai wilayah Indonesia. kita tidaktau berapa banyak undangan yang beliau penuhi dalam sehari, seminggu sampai satu bulan. Seiring banyaknya undangan, maka timbul pertanyaan berapa tariff beliau sekali menghadiri undangan. Selain tarif, syarat apa yang harus dipenuhi apabila ada yang ingin mengundangnya?

Sudah menjadi rahasia umum apabila penceramah kondang memasang tariff sekali ceramah dan melontarkan beberapa syarat ketika akan diundang. Maka tak jarang kita mendengar ada penolakan undangan karena kedua pihak tidak sepakat tentang biayanya.

Lalu bagaimana dengan ustadz Somad yang namanya semakin melambung, apakah beliau juga memasang tarif? Menanggapi masalah tersebut ustads Abdul Somad langsung menjawab dengan tegas bahwa beliau mengaku tidak pernah memasang tarif pada saat beliau diundang oleh masyarakat.

Sementara masalah fasilitas beliau juga menegaskan bahwa orang mau mengundang kita untuk menyampaikan ayat Allah ini aja sudah Alhamdulillah. Sebuah kesederhanaan yang terlihat pada kepribadian ustadz Abdul Somad memang patut kita jadikan contoh yang baik untuk bekal kita di masa depan dan tanggung jawab di hadapan Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai profil ulama besar Ustadz Abdul Somad yang saat ini menjadi trending di dunia nyata dan dunia maya. Semoga beliau tetap di beri kesehatan sehingga terus bisa menjadi panutan dan membimbing kita semua ke jalan yang lebih baik.

Terkait dengan kekeliruan data maka kami mohon maaf, apabila anda ingin mengakses informasi yang lebih banyak dan akurat maka anda dapat mengunjungi Bagi-in.com. pada situs tersebut telah menyediakan berbagai informasi yang akurat dan tentunya akan bermanfaat bagia kalian semua yang membaca dan menyimaknya.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *