Fakta Pesta Pernikahan Yang Syar’i

Menggelar pernikahan yang sesuai dengan keinginan dan selera anda tentu menjadi salah satu impian yang dinginkan para calon pasangan pengantin. Meski konsep pernikahan secara internasional banyak digemari oleh para calon pasangan pada umumnya. Karena memiliki kesan yang lebih glamor dan elegan. Namun tidak sedikit juga pasangan calon pengantin yang ingin merayakan pesta pernikahan sesuai dengan ketentuan agama yang syar’i. Dalam agama muslim tentu sudah ada ketentuan dan syarat syarat agar anda bisa melaksanakan pesta sesuai dengan syariat agama. Namun masih banyak masyarakat yang memiliki pemahaman yang sedikit dalam mengerti tentang aturan pernikahan syar’i. Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa fakta tentang tata cara menggelar pernikahan yang syar’i.

www.pexels.com
  1. Menggelar akad nikah tanpa memperlihatkan mempelai wanita terlebih dahulu. Seperti yang biasa kita ketahui bersama bahwa ketika mengelar prosesi akan maka mempelai wanita akan duduk disamping mempelai pria yang mengucapkan janji suci. Namun berbeda dengan prosesi pernikahan syar’i. Dalam pernikahan syar’i mempelai wanita tidak ditunjukkan terlebih dahulu sebelum mereka syah menjadi sepasang suami istri. Sedangkan untuk prosesi sungkem, cium ataupun berpelukan sebaiknya tidak melakukannya di depan umum. Sebaiknya dilakukan dibelakang atau setelah anda dirumah.
  2. Perbanyak kursi untuk para tamu agar tamu tidak berdiri saat makan. Seperti yang diketahui kebanyakan pesta pernikahan yang menggunakan konsep internasional akan memberikan jumlah kursi yang sedikit karena membutuhkan ruangan yang cukup besar dan para tamu biasanya akan berdiri ketika makan. Berbeda dengan konsep pernikahan syar’i. Dimana pernikahan syar’i pesta di hadirkan sebagai bentuk rasa syukur dan menyambut tamu. Sehingga pesta haruslah dibuat dengan nyaman. Sesuai dengan anjuran yang dipelajari dalam muslim bahwa ketika makan dan minum sebaiknya dilakukan pada saat duduk. Sehingga dalam konsep pernikahan syar’in ini akan disediakan jumlah kursi yang banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan para tamu yang ingin makan dengan duduk.
  3. Makeup pengantin yang sederhana. Jika dalam menggelar pernikahan biasanya mempelai wanita ingin tampil beda dan cantik. Sehingga tentunya akan menggunakan riasan yang tebal, bulu mata palsu ataupun mencukur alis. Sehingga ketika tamu datang maka akan pangling dengan penampilan anda. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk konsep pernikahan secara syar’in. Dalam agama telah diajarkan bahwa wanita dilarang untuk merias wajah secara berlebihan. Alangkah baiknya jika dilakukan dengan sederhana dan natural.
  4. Gaun pengantin yang tidak ketat. Untuk dapat tampil menawan dan cantik biasanya para mempelai wanita akan diet dan berusaha keras untuk tampil bagus. Hal tersebut membuat kebanyakan calon pengantin wanita ingin memakai baju yang ketat agar memancarkan kesexyannya. Namun dalam pernikahan berkonsep syar’i maka dilarang mempelai untuk menggunakan pakaian ketat. Usahakan menggunakan pakaian yang longgar dan tetap menutup aurat. Karena diajarkan dalam agama bahwa wanita diwajibkan untuk dapat menutup aurat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya melindungi dan menjaga wanita dari hal hal yang buruk.
  5. Gunakan musik yang tidak terlalu keras. Dalam sebuah pesta terasa biasa jika adanya musik. Karena dalam sebuah pesta pernikahan tentu anda ingin menghadirkan sebuah hiburan bagi tamu yang datang. Selain itu musik dan iringan lagu ingin menggambarkan kebahagiaan para pengantin baru. Namun dalam acara pernikahan yang syar’i tidak diperbolehkan menggunakan musik yang terlalu keras. Karena ketika musik terlalu keras ketika para tamu ingin mengobrol dan berbicara maka mereka harus berteriak dengan keras. Hal tersebut tentu akan sangat menggangu. Pasalnya pesta pernikahan digelar untuk dapat memuliakan dan menyambut tamu yang hadir. Sehingga alangkah lebih baiknya tidak menggunakan musik yang terlalu keras. Sehingga ketika tamu ingin berinterakso dan saling mengobrol untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan kekeluargaan.

Itulah beberapa fakta dan perbedaan antara pernikahan berkonsep syar’in dan konsep biasanya. Anda bisa memilih jenis pernikahan yang sesuai dengan keinginan anda. Beberapa hal tersebut dihadirkan agar anda setidaknya memiliki pertimbangan tentang seperti apa konsep pernikahan yang sesuai dan lebih menjamu tamu anda dengan baik.

www.pexels.com

Baju pengantin muslim yang cocok untuk outdoor

Setiap orang sudah beranjak dewasa tentu menginginkan sebuah pernikahan. Dimana pernikahan dilakukan guna memenuhi syariat agama dan juga untuk mencapai keselerasan dalam hidup. Setiap orang tentu menginginkan pernikahan yang sekali dalam seumur hidupnya. Untuk itu pastinya akan mempersiapkan pesta pernikahan dengan banyak pertimbangan dan persiapan. Berbagai konsep acara saat ini tersedia beraneka ragam. Anda hanya perlu memilihnya yang sesuai dengan keinginan anda. Di zaman sekarang ini sedang marak melangsungkan pernikahan di alam bebas atau yang bisa di sebuat dengan pernikahan outdoor. Konsep pernikahan outdoor ini menitik beratkan pada konsep alam yang asri dan indah. Sehingga biasanya konsep pernikahan outdoor akan diselenggarakan di alam bebas yang memiliki udara sejuk. Tentu hal tersebut akan memanjakan para tamu dengan pilihan konsep yang berbeda. Namun yang sering dikhawatirkan adalah pakaian yang akan dikenakan. Jika biasanya didalam ruangan pengantin bisa menggunakan sepatu high heel berbeda dengan acara outdoor ini. Konsep outdoor ini tentu akan beralaskan tanah dimana ketika anda menggunakan high heel tentu bisa tertancap disana. Beberapa hal tersebut haruslah anda pikirkan untuk dapat membuat konsep pernikahan yang unik nan elegan. Konsep pernikahan outdoor ini ingin menghadirkan atmosfir romantis yang akan dikombinasikan dengan taburan cahaya lampu yang redup.

Pertimbangan kedua adalah pemilihan baju pengantin muslim. Dimana seperti yang diketahui bersama bahwa konsep baju pengantin muslim memiliki ukuran yang cukup panjang dan lebar. Anda bisa membayangkan jika dengan menggunakan konsep outdoor dan memakai baju pengantin muslim seperti itu, tentu akan membuat pengantin kesulitan. Untuk itu anda haruslah memilih konsep baju pengantin muslim yang cukup simple namun tetap elegan. Memang konsep rusti dengan menggunakan pohon pohon ataupun daun daun sebagai konsep dekorasi sedang marak dilakukan. Hal tersebut mungkin dikarenakan kebanyakan masyarakat sudah bosan dengan konsep pernikahan digedung yang terkadang cukup pengap. Sehingga dengan menghadirkan konsep outdoor ini bisa memberikan refresh bagi para tamu. Konsep outdoor ini juga biasanya tidak menggunakan pelaminan. Namun para pengantin lebih berbaur dengan para tamu. Sehingga konsep pernikahan bisa terasa lebih akrab dan kekeluargaan. Tentunya dengan begitu jalannya pesta pernikahan akan semakin menyenangkan bukan hanya untuk para mempelai namun juga untuk para tamu. Untuk dapat terus berinteraksi dengan para tamu tentunya anda haruslah mondar mandir. Keaktifan anda menyambut tamu juga akan semakin besar. Untuk itu sebaiknya anda memilih baju pengantin muslim yang nyaman untuk digunakan. Apalagi Indonesia terkenal dengan negara tropis yang memiliki udara panas. Pemilihan bahan baju pengantin muslim juga sangatlah dibutuhkan agar anda tidak kegerahan dalam pesta yang berlangsung cukup lama.

www.pexels.com

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *