Cara Merawat Pohon Buah Naga yang Kaya Akan Nutrisi

Buah naga belakangan makin diminati, pasalnya buah yang satu ini selain rasanya yang nikmat, juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah naga ini juga cukup mudah dibudi dayakan. Jika anda tertarik untuk menanam buah naga ini dengan tujuan dijual maupun untuk dikonsumsi, mungkin sebaiknya anda belajar bagaimana cara merawat pohon buah naga ini agar bisa tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Untuk pecinta buah naga, jika memang anda memiliki tempat untuk menanam buah naga, sebaiknya budidayakan saja daripada harus membeli setiap saat anda menginginkan buah naga. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati buah naga selagi masih segar jika menanam sendiri.

            Cara Menanam Pohon Buah Naga Agar Cepat Berbuah

 

Pohon buah naga sebenarnya berasal dari meksiko, namun sekarang di Indonesia juga buah yang satu ini banyak ditanam. Jika anda juga ingin menanam buah naga ini, maka sebaiknya anda tahu bagaimana cara menanam tanaman buah naga ini agar tidak mati dan cepat berbuah. Tanaman yang awalnya hanya dianggap tanaman hias ini sekarang justru menjadi salah satu buah yang banyak disukai di Indonesia. Sekarang kita juga bisa dengan mudah mendapatkan buah naga ini di pasar buah maupun di super market. Langsung saja kita pelajari bagaimana cara merawat pohon buah naga merah agar dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah.

pexels.com
  1. Menggunakan media tanam yang tepat

Salah satu cara agar tanaman buah naga anda cepat berbuah adalah dengan menggunakan media tanam yang tepat. Buah naga dapat tumbuh dengan baik jika tanah atau media tanamnya kaya akan unsur organik. Tanah yang cocok untuk buah naga adalah tanah berpasir. Ingat, tambahkan juga pupuk kandang maupun sekam untuk menyuburkan tanahnya.

  1. Pemangkasan

Cara lainnya adalah dengan melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini dapat anda lakukan pada bagian dahan yang tidak produktif. Trik satu ini akan sangat membantu pemaksimalan pembuahan pada buah naga.

  1. Penyiraman
    kadar air yang dibutuhkan tanaman berbeda-beda. Untuk tanaman buah naga yang tidak membutuhkan terlalu banyak air, jangan sampai menyiram dengan kadar air yang terlalu banyak. Tak hanya itu, waktu penyiramannya juga bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Jangan menyiram di siang hari, pastikan anda menyiram tanaman buah naga pada pagi muapun sore hari.
  2. Pemberian pupuk

Untuk pupuknya, pupuk kandang yang terbuat dari kotoran hewan justru lebih baik karena pupuk urea malah berpotensi membuat pohon buah yang satu ini busuk. Penggunaan pupuk kandang yang banyak justru bagus untuk pertumbuhan tanaman buah naga.

 

Kira-kira itulah beberapa cara maupun trik merawat pohon buah naga agar tidak mati dan dapat berbuah dengan cepat. Karena buah naga ini memang bukan tanaman asli Indonesia, jadi untuk perawatannya tidak bisa kita samakan dengan tanaman asli Indonesia yang bahkan jika tidak dirawat akan tumbuh dengan subur. Terutama untuk masalah media tanam serta intensitas penyiraman pohonnya.

pexels.com

            Manfaat Buah Naga

 

Buah naga ini sekarang telah menjadi salah satu buah yang banyak diminati di pasaran. Selain mulai banyak yang membudidayakan buah ini, manfaat buah ini juga cukup banyak. Bahkan buah yang memiliki dua jenis warna daging ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Untuk ibu hamil, buah naga merah memiliki khasiat yang agus untuk kesehatan janin dalam kandungannya. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:

  1. Cemilan saat diet

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh buah naga adalah bisa dibuat camilan bahkan saat diet. Kenapa? Karena kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya cukup seimbang sehingga justru akan membantu proses diet.

  1. Mencegah kanker.

Pohon buah naga juga menghasilkan buah yang yang bagus dikonsumsi jika ingin mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang berbahaya, Jadi, daripada mengobati, sebaiknya kita mencoba sebaik mungkin untuk mencegah penyakit yang satu ini.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit lainnya, untuk itu menjaga tekanan darah agar tetap bagus sangat penting. Apalagi bagi ibu hamil, yang jika tekanan darahnya tinggi tentu akan membahayakan janin dalam kandungannya.

pexels.com
  1. Membantu proses pencernaan

Terkadang kita mengalami sembelit atau masalah pencernaan akibat kurangnya asupan serat untuk tubuh. Buah naga ini memiliki kandungan serat yang cukup untuk mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

  1. Membantu pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah naga juga bagus untuk membantu proses pertumbuhan tulang baik. Jika ibu hamil mengkonsumsi buah naga ini, maka perkembangan tulang pada janin dalam kandungannya juga akan lebih baik.

 

Dan itulah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil, janin dalam kandungannya atau kesehatan tubuh orang yang tidak hamil. Buah naga mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari karbohidrat, berbagai vitamin, asam folat, antioksidan, lemat sehat, dan bahkan kalsium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *