Gambaran Umum Mengenai Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta atau PNJ merupakan salah satu perguruan tinggi favorit yang berdiri di ibukota. Perguruan tinggi negeri yang didirikan di tahun 1982 ini berada di kota Depok, Jawa Barat dan dekat dengan Universitas Indonesia. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, PNJ dapat tumbuh berkembang dengan baik. Evaluasi diri dan menjalin kemitraan dengan pihak lain merupakan langkah yang diambil oleh PNJ untuk melakukan perubahan secara besar-besaran. Jika Anda memperhatikan perguruan tinggi ini, Anda dapat mengetahui bahwa PNJ mengalakan program vokasi yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional pada industri manufaktur maupun industri jasa.

Sama halnya dengan perguruan tinggi lainnya, PNJ menerapkan Kurnas atau Kurikulum Nasional yang didukung oleh tenaga pengajar yang profesional. Sistem pendidikan PNJ sendiri memadukan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang. Peserta didik akan diperkaya dengan teori sebesar 45 % dan praktik langsung sebesar 55 %. Kedua sistem pendidikan ini dikombinasikan dengan harmonis sehingga lulusan PNJ memiliki kualifikasi yang tinggi di dunia kerja nantinya. Guna memberikan ilmu dan arahan kepada peserta didik, PNJ menyediakan beragam jenis program studi yang dapat dipilih oleh para peserta didik. Kesemua program studi yang ditawarkan oleh PNJ mampu menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab dan berkualitas.

Program Studi Politeknik Negeri Jakarta

Setiap perguruan tinggi tentunya menawarkan program studi kepada para peserta didiknya. Politeknik Negeri Jakarta menawarkan beberapa program studi kepada peserta didik yang tertarik menuntut ilmu di perguruan tinggi tersebut. Di bidang tata niaga, akutansi dan jurusan administrasi negara menjadi program studi yang dapat dipilih dan dimasuki oleh para peserta didik. Kedua program studi yang berkaitan dengan tata negara, perguruan tinggi akan menghasilkan lulusan Diploma III dan Diploma IV atau sarjana terapan. Selain bidang tata niaga, peserta didik dapat memilih program studi yang berkaitan dengan bidang rekayasa. Untuk memudahkan peserta didik memilih program studi yang tepat, berikut penjelasan mengenai program studi yang diterapkan oleh PNJ:

pexels.com
  1. Bidang rekayasa
  • Jurusan teknik sipil
  • Diploma III

Bidang studi: konstruksi gedung, manajeman konstruksi dan konstruksi sipil.

  • Diploma IV atau sarjana terapan

Bidang studi: perancang jalan dan perancang jembatan, konsentrasi jalan tol dan studi konstruksi gedung.

  • Jurusan teknik mesin
  • Diploma III

Bidang studi: teknik mesin, teknik konversi energi dan alat berat.

  • Diploma IV

Bidang studi: manufaktur dan pembangkit tenaga listrik

  • Jurusan teknik elektro
  • Diploma III

Bidang studi: teknik listrik, teknik elektronika industri dan teknik telekomunikasi.

  • Diploma IV

Bidang studi: broadband multimedia, otomasi listrik industri dan teknik elektronika industri.

  • Jurusan komputer dan teknik informatika
  • Diploma I

Bidang studi: teknik komputer beserta dengan jaringan.

  • Diploma IV

Bidang studi: teknik informatika, teknik multimedia beserta dengan jaringan, teknik multimedia digital dan penerjemahan bahasa Inggris.

  • Jurusan grafis dan penerbitan
  • Diploma III

Bidang studi: teknik grafika dan studi penerbitan.

  • Diploma IV

Bidang studi: desain grafis dan teknologi industri cetak.

  1. Bidang tata niaga
  • Jurusan akutansi
  • Diploma III

Bidang studi: akutansi, keuangan dan perbankan

  • Diploma IV

Bidang studi: akutansi keuangan, keuangan perbankan, manajemen keuangan dan keuangan perbankan syariah.

  • Jurusan administrasi negara
  • Diploma III

Bidang studi: administrasi bisnis.

  • Diploma IV

Bidang studi: administrasi bisnis dan usaha jasa konvensi.

pexels.com

Pendaftaran PNJ Secara Online

Menjadi salah satu perguruan yang banyak diincar oleh peserta didik, PNJ memberikan kesempatan bagi calon peserta didik untuk melakukan pendaftaran secara online. Dengan pendaftaran secara online, calon peserta didik diharapkan dapat dengan mudah mengakses informasi akan cara apa saja yang dapat mereka lakukan ketika mendaftar di PNJ. Selain mengetahui langkah yang harus dilakukan ketika mendaftar, calon peserta didik tidak perlu datang secara langsung ke perguruan tinggi ketika melakukan pendaftaran. Berikut ini merupakan beberapa jalur masuk online yang ditawarkan PNJ kepada para calon peserta didiknya:

  1. Pendaftaran Penelusuran Minat dan Kemampuan atau PMDK. Jalur masuk PMDK merupakan jalur seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Jika calon peserta didik tertarik dengan jalur PMDK, calon peserta didik harus memenuhi segala macam jenis ketentuan yang diberlakukan oleh PNJ. Berkas-berkas yang diperlukan harus diselesaikan dengan baik agar dapat memprosesnya secara online. Calon peserta didik yang berencana memasuki PNJ melalui jalur PMDK, mereka harus memiliki prestasi yang cukup tinggi agar percaya diri ketika bersaing dengan calon peserta didik lainnya.
  2. Pendaftaran bidik misi

Jalur masuk PNJ lainnya yang dapat digunakan oleh calon peserta didik adalah melalui bidik misi. Jalur bidik misi sendiri merupakan program beasiswa yang diterapkan oleh perguruan tinggi kepada calon peserta didik yang kurang mampu namun memiliki akademik yang tinggi. Dengan jalur masuk bidik misi, calon peserta didik diharapkan dapat terus menambah wawasan dan ilmunya tanpa terhambat akan biaya. Jalur masuk bidik misi dapat dilakukan secara online setelah calon peserta didik telah memenuhi persyaratan yang diminta oleh PNJ.

  1. Pendaftaran WNBK online

Dilansir dari ini bagus, pendaftaran online PNJ dapat dilakukan melalui WNBK atau Warga Negara Berkebutuhan Khusus. Sesuai dengan namanya, peserta didik yang masuk melalui jalur WNBK merupakan jalur yang hanya dapat digunakan oleh calon peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan jalur masuk WNBK, diharapkan orang-orang berkebutuhan khusus memiliki semangat juang yang tinggi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih besar.

Jalur masuk lainnya yang dapat dilakukan secara online oleh calon peserta didik PNJ adalah pendaftaran kerjasama. Jalur masuk kerjasama sendiri merupakan jenis jalur masuk yang melibatkan perusahaan dan perguruan ternama di Indonesia. Dengan jalur masuk kerjasama ini, calon peserta didik yang berniat untuk menempuh pendidikan di PNJ dapat dengan mudah menempuh pendidikan di sana. Pendaftaran kerjasama sendiri dilakukan melalui situs khusus yang disediakan oleh PNJ. Sama halnya dengan jalur masuk lain yang disediakan oleh PNJ, calon peserta didik yang memilih pendaftaran kerjasama harus memenuhi beberapa persyaratan yang diminta oleh perguruan tinggi. Setelah persyaratan dipenuhi dengan baik, pendaftaran di PNJ dapat dilakukan dengan baik dan lancar tanpa membuang banyak waktu.

Berbicara mengenai kerjasama yang dilakukan oleh PNJ, PNJ memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan dan perguruan tinggi di Indonesia. Dengan kerjasama yang dilakukan oleh PNJ, peserta didik PNJ nantinya akan memiliki kemudahan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dan pekerjaan di masa depan. Kerjasama antara pihak-pihak tertentu dengan PNJ nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang bermartabat, bertanggung jawab dan berkualitas. Untuk mengetahui pihak mana saja yang menjalin kerjasama dengan PNJ, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Kerjasama antara PNJ dengan Badak LNG
  2. Kerjasama antara PNJ dengan Holcim Academy
  3. Kerjasama antara PNJ dengan GMF Aeroasia
  4. Kerjasama anatara Asia e-University Malaysia dengan PNJ
  5. Kerjasama PNJ dengan B2PLKLN

Jika membahas mengenai Politeknik Negeri Jakarta, kurang lengkap rasanya jika calon peserta belum mengetahui kegiatan kemahasiswaan yang ada di PNJ. Kegiatan kemahasiswaan yang ada di PNJ diadakan demi mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan dirinya sebagai peserta didik yang berkualitas. Dengan kegiatan kemahasiswaan yang ada di PNJ ini, peserta didik nantinya tidak hanya memiliki akademik yang baik tetapi  memiliki kemampuan lainnya seperti kewirausahaan, komunikasi dan manajerial yang baik. Kegiatan yang dilakukan di PNJ sendiri dapat dilakukan melalui organisasi mahasiswa PNJ. Di setiap jurusan yang ditawarkan oleh PNJ, peserta didik akan menemukan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM menjadi wadah dimana para peserta didik dapat mencetuskan aspirasinya akan bakat, kegemaran dan minat yang dimiliki oleh peserta didik. Untuk mengetahui lebih jelas akan kegiatan kemahasiswaan apa saja yang dapat dilakukan di PNJ, simak penjelasannya di bawah ini:

pexels.com
  1. Pengembangan skill manajerial

Kegiatan pengembangan skill manajerial dapat dilakukan melalui LDK atau Latihan Dasar Kepemimpinan, pelatihan manajemen dan pelatihan pengendalian diri secara berkala yang diadakan oleh Badan Eksklusif Mahasiswa dan HMJ.

  1. Pengembangan kewirausahaan

Kegiatan mengembangkan kewirausahaan mahasiswa dapat dilakukan melalui Koperasi Mahasiswa Adil yang dimiliki oleh PNJ.

  1. Mengembangkan pola pikir ilmiah

Karena kegiatan mengembangkan pola pikir ilmiah penting untuk dilakukan, PNJ menyediakan UKM logika dan UKM Fikri kepada para peserta didik yang tertarik untuk mengembangkan pola pikirnya.

  1. Pengembangan jurnalistik

Kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan jurnalistik dapat dilakukan melalui Gema atau Gerakan Mahasiswa  dan Plastik atau Pelatihan Jurnalistik.  Baik Gema atau Plastik diadakan setiap tahunnya dibawah pengawasan BEM dan HMGP atau Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik  Grafika dan Penerbitan.

  1. Kegiatan keagamaan

Kegiatan keagamaan mahasiswa dapat dilakukan melalui Fikri, Musholla Putri atau MP, KMK atau Keluarga Mahasiswa Katholik dan POSA atau Persekutuan Oikumene Sivias Akademika.

Untuk mempermudah kegiatan kemahasiswaan yang ada di PNJ, perguruan tinggi ini juga memiliki lembaga formal kemahasiswaan yang dapat dimanfaatkan oleh setiap peserta didik atau mahasiswa nantinya. Lembaga formal yang ada di PNJ terdiri dari empat lembaga formal, berikut ulasannya:

  1. HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan yang terdiri dari:
  • Himpunan teknik elektro
  • Himpunan teknik sipil
  • Himpunan teknik mesin
  • Himpunan teknik grafis dan penerbitan
  • Himpunan jurusan akutansi
  • Himpunan administrasi niaga atau bisnis
  • Himpunan teknik komputer dan informatika
  1. Badan Otonom atau BO
  • Korp pecinta alam: ASTADECA
  • Pers mahasiswa: Gema
  • Kopma: koperasi mahasiswa
  1. Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang terdiri dari:
  • UKM Ansos atau Anjangsana sosial
  • UKM PEC atau Polytechnic English Club
  • UKM Menwa atau resimen mahasiswa
  • UKM Catur atau Polytechnic Chess Club
  • UKM basket
  • UKM voli
  • UKM PESOET
  • UKM taekwondo
  • UKM Pankreas
  • UKM KMK atau kerohanian katholik
  • UKM Fikri atau kerohanian islam
  1. Kelompok Studi Mahasiswa atau KSM yang terdiri dari:
  • Comic club
  • Alat berat
  • Physco robotic
  • CSC atau Computer Student Club
  • BBC atau Building and Bridge Club
  • Mobil listrik
  • CMSS atau Capital Market Student Society
pexels.com

Penerimaan Peserta Didik Baru PJN

Seperti pembahasan sebelumnya, Politeknik Negeri Jakarta membuka beberapa program studi yang dapat dimasuki dan dipilih oleh para calon peserta didik. Program studi yang dipilih tentunya hanya dapat dilakukan setelah calon peserta didik telah melakukan pendaftaran. Di dalam melakukan pendaftaran di PJN, calon peserta didik harus mengikuti semua jenis peraturan dan persyaratan yang diajukan oleh PJN. Dengan memenuhi segala jenis persyaratan yang diajukan, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang cepat. Para calon peserta didik PJN diharapkan harus memenuhi persyaratan di bawah ini ketika akan melakukan pendaftaran:

  • Calon peserta didik bukan sosok yang tuna netra.
  • Bukan merupakan pasien tuna rungu.
  • Peserta didik bukan seorang tuna wicara.
  • Peserta didik tidak boleh buta warna secara keseluruhan. Peserta didik yang menderita buta warna sebagian masih dapat melakukan pendaftaran di PNJ.
  • Tinggi peserta didik pria minimal 160 cm dan peserta didik wanita 158 cm.
  • Calon peserta didik bebas akan narkoba.
  • Lulus tes fisik dan tes kesehatan.
  • Calon peserta didik tidak menderita penyakit kronis.
  • Bebas dari penyakit hepatitis.
  • Calon peserta didik tidak memiliki cacat fisik yang dapat mengganggu kegiatan perkuliahan.
  • Bebas akan tato.
  • Belum pernah menikah.
  • Memiliki berat badan yang ideal.
  • Tidak berada dalam kondisi hamil ketika melakukan pendaftaran.
  • Calon peserta didik belum memiliki keturunan.
  • Calon peserta didik belum pernah mengalami tinggal kelas.
  • Calon peserta didik pria tidak bertindik di bagian telinga atau bagian tubuh yang lainnya.

Bagi para calon peserta didik yang tertarik untuk melakukan pendaftaran dan menjadi bagian dari PNJ, mereka dapat melakukan pendaftaran secara online. Ketika peserta didik mendatangi situs resmi PNJ, calon peserta didik akan disediakan lampiran pendaftaran. Di dalam laman pendaftaran yang disediakan, calon peserta didik dapat melakukan login. Calon peserta didik yang melakukan login merupakan peserta yang memiliki password dan username. Password dan username yang dimiliki oleh calon peserta didik merupakan siswa yang direkomendasikan oleh pihak sekolah. Password dan username akan diberikan melalui sekolah calon peserta didik. Jika calon peserta didik mengalami kehilangan akun, calon peserta didik sebaiknya melakukan permintaan ulang kepada pihak sekolah.

Selain calon peserta didik, pihak sekolah juga dapat melakukan pendaftaran untuk siswanya yang ingin mengeyam pendidikan di PNJ. Sekolah yang mendapatkan akun merupakan sekolah yang mendapatkan undangan dari pihak PNJ. Username dan password yang tertera pada surat undangan telah dikirim ke sekolah setiap siswa. Jika diperhatikan dengan seksama, username pihak sekolah memiliki username yang berbeda jika dibandingkan dengan username yang berlaku di tahun-tahun sebelumnya. Karena memiliki perbedaan, pihak sekolah harus melakukan pembaharuan mengenai informasi yang berkaitan dengan pendaftaran PNJ.

Di tahun 2019 ini, penerimaan siswa baru PNJ sendiri dimulai sejak bulan Febuari. Pada tanggal 4 Febuari hingga tanggal 6 April 2019, PNJ akan melakukan penyebaran undangan ke beberapa sekolah. PNJ akan menyampaikan undangan, proses login dan poster ke beberapa sekolah. Jika sekolah tidak mendapatkan undangan yang disebar oleh PNJ, pihak sekolah dapat melakukan pendaftaran secara langsung dengan memanfaatkan sistem PMDK-PN. Pada tanggal 4 Febuari hingga 6 Febuari, baik sekolah maupun para  calon peserta didik dapat melakukan pengisian data secara online. Pengisian data yang dilakukan oleh calon peserta didik PNJ dapat dilakukan dengan cara login dengan memanfaatkan username dan password. Setelah melakukan login, para calon peserta didik nantinya mengisi beberapa data yang dibutuhkan.

Untuk pengumuman seleksi PMDK-PN sendiri dimulai pada tanggal 6 April 2019.  Pada tanggal 6 April 2019, calon peserta didik yang memilih program studi khusus harus melakukan tes kekhususan berdasarkan dengan jadwal yang ditetapkan oleh jurusan yang dipilih. Tanggal 22 April hingga tanggal 23 April 2019 menjadi tanggal dimana para calon peserta didik khusus diharuskan melakukan beberapa tes khusus yang telah ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi. Hasil dari tes khusus akan diumumkan pada tanggal 26 April 2019. Tanggal 26 hingga tanggal 27 April 2019 menjadi tanggal dimana calon peserta didik PNJ memilih bidik misi atau UKT secara online. Pendaftaran ulang akan dilakukan pada tanggal 29 April 2019 hingga tanggal 1 Mei 2019 dimana calon peserta didik diwajibkan untuk melakukan penyerahan berkas-berkas. Penerimaan peserta bidik misi dan UKT akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2019. Pada tanggal 6 Mei hingga tanggal 10 Mei 2019, calon peserta didik yang diterima dapat melakukan registrasi akademik dan pembayaran UKT.

pexels.com

Jika berbicara mengenai biaya pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta, para calon peserta didik tidak perlu merasa khawatir dengan hal tersebut. Demi memberikan kenyaman dan kemudahan bagi para peserta didik yang ingin mengemban ilmu di PNJ, perguruan tinggi ini tidak menerapkan biaya pendaftaran sama sekali. Meskipun calon peserta didik akan dibebaskan dari biaya pendaftaran, peserta didik yang terdaftar sebagai peserta didik di PNJ akan dikenakan biaya kuliah berdasarkan dengan jurusan yang dipilih. Bagi peserta didik yang memilih jurusan teknik sipil, teknik mesin, teknik komputer, teknik grafis, akutansi dan akutansi bisnis, peserta didik kelompok 1 akan dikenakan biaya kuliah sebesar Rp. 500.000. Para peserta didik akan mendapatkan biaya kuliah yang berbeda sesuai dengan kelompok yang dipilih. Kelompok II akan dikenakan biaya kuliah sebesar Rp. 1.000.000, kelompok III sebesar 4 jutaan dan kelompok IV sebesar 5 jutaan. Peserta didik hanya perlu menyesuaikan kelompok dengan kemampuan mereka untuk membayarkan biaya kuliah.

Bagi mahasiswa atau peserta didik yang tertarik dengan Double Degree, peserta didik memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari hasil kerja sama PNJ dengan universitas yang ada di Malaysia. Ketika mahasiswa mendaftarkan dirinya melalui Double Degree, mereka nantinya akan memiliki dua jenis kartu mahasiwa yang berasal dari PNJ dan MSU atau Management Science University. Program studi hasil kerjama sama PNJ dengan MSU ini menggunakan sistem pembelajaran 6-2. Menurut sistem pembelajaran ini, mahasiswa nantinya harus mengemban pendidikan di PNJ selama 6 semester dan mengembang pendidikan selama 2 semester di MSU. Sama halnya dengan kartu mahasiswa, peserta didik yang memilih program studi Double Degree juga akan mendapatkan 2 jenis ijasah. Ijasah yang dikeluarkan oleh PNJ nantinya berbunyi sebagai mahasiswa terapan sedanglan ijasan yang dikeluarkan oleh MSU akan berbunyi bachelor. Mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris ketika memilih program studi Double Degree. Mereka yang memutuskan untuk memilih program studi Double Degree nantinya memiliki kesempatan yang besar untuk magang di negara Malaysia. Program studi hasil kerjasama antara PNJ dengan MSU antara lain:

  1. Teknik manufaktur
  2. Administrasi bisnis terapan
  3. Teknik multimedia digital
  4. Manajemen keuangan
  5. Akutansi keuangan

 

 

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *