Remaja Dan Media Sosial Yang Harus Dipahami Orang Tua

Remaja dan media sosial merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan saat ini dikarenakan banyak sekali para remaja yang membutuhkan internet untuk membantu mendukung kegiatan mereka sehari-hari. Banyak hal yang dilakukan dengan hadirnya sosial media oleh para remaja yang tidak hanya digunakan untuk melakukan kegiatan dalam mencari bahan-bahan untuk pelajaran, namun juga digunakan sebagai ajang komunikasi atau share foto maupun video.

Jika dilihat dari sisi positif mungkin sosial media memang memberikan banyak pengaruh positif yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan anak muda saat ini. Hanya saja hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pengaruh buruk yang turut mengintai para remaja saat ini yang tentunya hal ini patut untuk dipahami oleh para orang tua.  Penting dalam membiasakan diri memberikan pemahaman pada anak bagaimana cara kerja media sosial serta pengaruhnya pada diri remaja. Dengan begitu Anda sebagai orang tua bisa mendukungnya dalam mempergunakan media sosial dengan cara yang sehat serta memiliki manfaat yang baik.

www.pexels.com

Sisi Positif Dan Negatif Antara Remaja Dan Sosial Media

Tak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih saat ini menghadirkan begitu banyak terobosan-terobosan baru yang mempermudah aktivitas seseorang yang salah satunya yaitu dengan kehadiran internet.  Dengan munculnya internet di era modern membuat banyak aplikasi media sosial yang lahir dalam memenuhi kepuasan masyarakat luas saat ini.  Memang kehadiran media sosial sangat membantu dan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dunia yang akan tetapi penting untuk membatasi diri dalam menggunakan sosial media secara tepat.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang melewati batasan  atau melakukan hal-hal tidak sepatutnya melalui media sosial yang jatuhnya sangat membahayakan. Dan salah satunya yaitu seperti cyber bullying yang merupakan salah satu tindakan kriminal yang dilakukan melalui media sosial atau online. Adapun bentuk kriminal yang dilakukan yaitu dengan mengintimidasi seseorang dan membuat mental seseorang jatuh yang hal ini tentunya sangat diwaspadai dan perlu dihindari.  Bahkan akibat dari adanya cyber bullying tersebut menghadirkan banyak hal hal buruk terjadi seperti kasus bunuh diri, depresi, dan lain sebagainya.  Itu sebabnya sebagai orang tua penting untuk Anda membatasi remaja dan media sosial secara bijak agar tidak terlampau terlalu jauh dalam penggunaannya.

Memang banyak sekali remaja yang tidak ingin privasinya diganggu orang lain yang khususnya dalam sosial media, baik itu orang tua maupun siapa saja yang memang sangat sensitif untuk diketahui. Tak heran jika sangat erat hubungan antara remaja dan media sosial ini yang bahkan terkadang tidak masuk akal agar privasinya aman seperti menggunakan nama-nama palsu untuk melakukan hal-hal yang tidak patut dilakukan serta kegiatan-kegiatan yang tidak sepantasnya dilakukan oleh para remaja. Cukup banyak memang aplikasi aplikasi yang terpopuler saat ini dan digunakan tidak hanya oleh remaja saja, namun juga sampai dengan kalangan orang dewasa. sebut saja aplikasi aplikasi yang terpopuler tersebut seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya yang penggunaannya pun dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dalam share video foto memang bisa dilakukan melalui Facebook maupun Instagram. Dan untuk urusan tukar pulsa, mereka menggunakan Android tentu saja.

www.pexels.com

Sedangkan untuk cuitan atau kata-kata singkat yang biasanya banyak orang tidak mau repot dengan banyaknya kata yang dihadirkan,  umumnya lebih menggunakan Twitter. Yang pasti masih banyak jenis social media lainnya yang dihadirkan saat ini yang tentunya memberikan suatu kepuasan bagi masyarakat yang khususnya para remaja. Dan terkadang menguntungkan, karena bisa menghasilkan uang.  Seperti berjualan, penawaran jasa dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua patutnya kita untuk lebih berhati-hati dan mewaspadai apabila anak menggunakan Gadget seperti smartphone ataupun laptop yang sudah tersambung dengan layanan internet.  Hal ini bukanlah tanpa sebab, karena tanpa ada pengawasan secara khusus akan membuat anak terlampau dari apa yang dilakukan oleh anak seusianya. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan anda sebagai orang tua agar terhubung dengan dunia online remaja :

  • Yang pertama yaitu dengan mengunjungi saluran sosial media yang disukai oleh anak. Anda bisa mengetahui apa saja syarat favorit yang mereka sukai baik itu di YouTube maupun di mana saja yang menjadi tempat untuk mereka berlangganan. Kemudian cobalah untuk Anda menonton video tersebut bersama dengan anak remaja Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa saja yang mereka tonton selama ini dan bisa berbagi kenikmatan dalam menonton video bersama dengan orang tua.
  • Langkah kedua dalam mengawasi serta mewaspadai Adanya kemungkinan anak remaja melakukan aktivitas di sosial media yang tidak sepatutnya yaitu dengan menavigasi adanya resiko sosial media dengan melakukan percakapan seputar media sosial. Apabila Anda telah masuk ke dalam dunia online para remaja, maka hal ini akan lebih mudah untuk Anda melakukan percakapan yang sulit mengenai apa saja resiko serta bagaimana cara mengelolanya.
  • Selanjutnya tentunya Kita sebagai orang tua setuju bahwa cyber bullying bisa saja terjadi secara online yang mencoba untuk mengintimidasi suatu kaum atau seseorang. Dan bentuk intimidasi tersebut yaitu dengan memperlakukan seseorang secara rendah atau mempermalukannya baik itu melalui teks maupun melalui video yang tentunya sangat menyakitkan. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir dan biarkanlah anak untuk tahu apa saja yang terjadi di dunia online dan  berikanlah pemahaman agar tidak membalas ataupun merespon segala bentuk intimidasi yang diberikan kepada mereka. Dan apabila sudah melewati batas, berikan pengertian bagi mereka untuk melakukan penegyran secara langsung pada si intimidasi atau melaporkan kepada pihak yang berwajib.
www.pexels.com

Pentingnya Pemahaman Akan Remaja Dan Sosial Media

Dengan memberikan pemahaman bagi anak mengenai hubungan antara remaja dan media sosial tersebut akan memberikan penilaian positif serta menjauhkan anak dari hal-hal yang tidak diinginkan.  Selain itu juga patut sebagai orang tua dalam memahami apa yang menjadi privasi anaknya yang salah satunya yaitu berkaitan dengan kehidupan remaja baik itu teman pacar maupun hal-hal yang cukup sensitif bagi anak.  Anda boleh memberikan ultimatum pada anak agar tidak terlalu berfikir tentang pacaran maupun hal-hal yang bersifat main-main saat ini dan fokus pada pelajaran atau sekolah. Akan tetapi, kehidupan remaja tidak hanya berfokus pada sekolah maupun kursus-kursus yang membuat mereka stres namun juga penting untuk memberikan mereka kebebasan dalam bergaul yang hal tersebut tentunya sesuai dengan batasan yang Anda berikan.

Apabila anak lebih suka untuk bermain game, maka Anda juga harus memberikan pengertian bahwa ada hal lain yang harus dilakukan yang salah satunya yaitu tugasnya sebagai anak dan juga murid.  Dengan adanya pemahaman mengenai remaja dan media sosial saat ini tentunya tidak hanya memberikan pengetahuan atau wawasan bagi para orang tua dalam menyikapi secara bijak mengenai media sosial bagi remaja saat ini. Akan tetapi, juga memberikan suatu pemahaman bagi para orang tua untuk mengetahui apa saja nilai-nilai positif yang didapatkan dari sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *