Kesitimewaan Surat Yasin Luar Biasa

Surat yasin merupakan salah satu surat yang paling sering dibaca oleh orang-orang islam. Surat ini adalah surat ke 36 di dalam Al Quran yang memiliki 83 ayat. Termasuk surat golongan Makkiyah yang diturunkan di kota Makkah. Ada yang mengatakan bahwa surat ini diturunkan saat Umar bin Khottob masuk islam, namun ada juga yang mengatakan bahwa surat ini turun saat kenabian ke 4 dan ke 5. Di namai dengan Ya Sin karena dimulai dengan ayat yang memiliki dua ayat ya dan sin. Penting untuk diketahui bahwa Ya Sin ini termasuk kategori ayat mutasyabihat, yaitu ayat yang memiliki arti yang ambigu atau samar, dibutuhkan hadist lain untuk mengetahui arti dari ayat mutasyabihat. Surat ini diturunkan kepada Rosulullah setelah surat Al-Jin dan sebelum surat Al-Furqon. Keberadaan surat Yasin sangat penting sekali, karena surat ini dikenal sebagai jantung Al Quran. Surat ini menjadi salah satu surat yang sering sekali kita baca dan kita dengar, sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari khususnya setiap malam jumat, sering juga dibaca di kuburan.

Asbabun Nuzul Surat Yasin

Bersumber dari sahabat nabi Ibnu Abbas, diceritakan bahwa Rosulullah saw membaca surat As Sajdah dengan suara yang cukup keras, kemudian segolongan kaum quraisy merasa terganggu. Orang-orang quraisy tersebut bangkit dan akan memukul nabi, namun tiba-tiba tangan mereka menjadi kaku dan menempel pada leher mereka, selanjutnya mata mereka juga tidak mampu untuk melihat sekelilingnya. Akhirnya mereka mendatangi Rosululah saw dan meminta pertolongan kepada beliau. Rosulullah akhirnya mendoakan orang-orang quraisy tersebut, dan keadaan mereka kembali normal, kemudian turunlah Ya Sin, demi Al Quran yang penuh dengan hikmah. Tetapi pada akhirnya mereka tetap tidak mau beriman kepada Allah dan Rosulnya. Selanjutnya Allah menurunkan QS. yasin ayat ke 36. Berikut ini adalah isi dari surat Ya Sin yang menjelaskan berbagai hal :

pexels.com
  • Pokok-pokok keimanan atau akidah

Tercermin pada ayat pertama hingga ke enam,dijelaskan bahwa kebenaran Al Quran yang diturunkan kepada Rosulullah adalah beliau seorang rosul yang diutus oleh Allah swt, untuk kaumnya yang ingkar yang sudah lama tidak mendapatkan peringatan.

  • Untuk menjaga kemurnian aqidah juga kemusyrikan

Di dalamnya dijelaskan bahwa kita tidak diperbolehkan menyembah selain Allah saw, sembahkan Allah SWT sehingga anda akan mendapatkan jalan yang lurus, sedangkan syaitan adalah makhluk yang menyesatkan.

  • Menjelaskan tentang hari kiamat

Hal ini dijelaskan di surat yasin pada ayat ke 48 hingga 50. Di dalamnya dijelaskan tentang kejadian yang akan terjadi di hari kiamat. Dimana dijelaskan bahwa manusia tidak akan lagi memikirkan dan bertemu dengan keluarga saat kiamat terjadi.

  • Masa hari kebangkitan

Dijelaskan di dalamnya tentang manusia yang akan mengalami berbagai peristiwa saat hari kebangkitan tiba. Dijelaskan pada ayat 51 hingga 54.

  • Kondisi manusia di hari pembangkitan

Saat hari kiamat tiba, ada masanya waktu tutup mulut tiba, maka anggota tubuh lainnya akan memberikan kesaksian, terhadap apapun yang sudah dilakukan sebelumnya di dunia.

  • Penghuni surga yang akan mendapatkan kebahagiaan kekal.

Dijelaskan pada kalimat “Salamun, qoulum mir robbir rahim yang artinya adalah kepada penghuni surga, dikatakan salam untuk ucapan selamat datang dari Allah swt. Dengan membaca yasin maka anda akan menjadi penghuni surga yang kekal di dalamnya.

  • Menjadi mahluk Alllah yang paling bahagia

Selanjutnya isi dari surat ya sin adalah bahwa penghuni surga adalah makhluk yang paling berbahagia di surga, juga dijelaskan ada banyak macam buah-buahan yang bisa anda pilih di surga.

  • Penghuni neraka

Penghuni neraka dijelaskan juga dalam surat ini pada ayat 59 sampai 64. Bahwa kekuasaan Allah segala sesuatu yang ada tanpa adanya batasan, dijelaskan jika Allah menghendaki sesuatu maka Allah tinggal berucap “jadilah!” kunfayakun, maka terjadilah.

  • Mengingatkan tentang mati

Dalam surat ini juga dijelaskan tentang ajal atau kematian yang bisa saja datang kepada siapa saja, baik tua maupun muda, dan tanpa tahu waktunya. Di dalam surat ini ada banyak ayat yang membicarakan tentang kematian dan hari pembangkitan. Tujuannya adalah agar manusia selalu mengingat mati sehingga mereka akan lebih dekat kepada Allah swt. Melalui Ya Sin disampaikan bahwa sebaiknya kita segera bertaubat.

pexels.com
  • Sebagai ilmu pengetahuan

Di dalam surat Ya Sin juga dijelaskan tentang rahasia yang ada di alam semesta ini, sehingga diharapkan manusia segera beriman dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah swt. Di Dalam ayat 33 hingga 50 dijelaskan adanya hikmah pelajaran yang bisa dikaji dengan menggunakan akal. Yang berbunyi bahwa maha suci Allah yang sudah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dari diri mereka maupun apa yang tidak mereka ketahui. Juga berisi tentang matahari dan bulan yang beredar pada garisnya. Juga dijelaskan oleh Allah bahwa manusia ketika sudah tua maka akan kembali seperti mereka bayi, lemah dan tidak tahu apa-apa.

  • Ada kisah perjuangan dakwah dan para syuhada

Dalam ayat 13 hingga 29 dikisahkan bahwa sebagai pelajaran bagi penduduk Makkah saat orang-orang menolak kenabian, maka akan muncul orang-orang yang akan membela dan mendukung perjuangan Rosulullah saw. Orang-orang yang berani mendukung Rosulullah dan meninggal dijalannya maka mereka menjadi syuhada. Di dalam surat ini Allah memberikan contoh secara nyata adanya jihat dijalan Allah.

Surat Yasin ini adalah salah satu surat yang sering dibaca oleh kaum muslim, bahkan Ya Sin dijadikan sebagai surat yang sangat popular dan sebagian orang islam hafal dengan surat ini. Surat Ya Sin dikenal sebagai jantung Al-quran. Untuk Al Qur’an sendiri adalah kitab orang islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Ada banyak nama lain Al quran yang bisa anda ketahui, di antaranya adalah al-kitab yang artinya buku, dan ini sudah dijelaskan dalam qs surat Al-Baqoroh ayat 2 bahwa kitab (al quran) tidak ada keraguan di dalamnya dan menjadi petunjuk mereka yang bertaqwa. Juga memiliki nama lain yang bernama Al Bayan yang artinya penerang, dijelaskan di dalam qs Ali-Imron ayat 138, dijelaskan bahwa Al quran adalah keterangan yang jelas bagi semua manusia, juga sebagai petunjuk dan pembelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. Memiliki nama An-Nur yang artinya cahaya, dijelaskan dalam qs An-nisa ayat 174, di dalamnya menjelaskan bahwa ada bukti kebenaran Allah yaitu berupa nabi Muhammad dan mukjizatnya, juga sudah diturunkan cahaya yang terang kepada mereka. Juga memiliki nama lain Al Kalam, dijelaskan dalam qs At-Taubah ayat 6 yang berbunyi bahwa jika ada kaum musyrikin yang meminta perlindungan, maka lindungilah agar ia mendapatkan firman Allah, silahkan bawa ketempat yang aman, karena mereka adalah orang-orang yang tidak tahu. Nama lain dari Al quran selanjutnya adalah Al Mau’idhah atau nasihat, tercantum dalam qs Yunus ayat 57, dijelaskan bahwa Al quran adalah penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada dan juga sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh orang yang beriman.

Nama lain dari Al qur’an selanjutnya adalah Asy-syifa’ yang artinya obat atau penyembuh, tercantum di dalam al quran ayat 5. Dijelaskan bahwa Al quran sebagai obat yang sangat mujarab untuk penyakit dada dan lainnya. Al Hukm yang artinya peraturan atau hukum, dimana al quran adalah sebagai hukum atau aturan, tercantum dalam qs Ar-Ra’d ayat 37. Juga memiliki nama Al Balagh yang artinya kabar atau penyampaian bahwa al quran merupakan penjelasan untuk manusia agar mereka diberi peringatan agar mengetahui bahwa Alllah adalah Tuhan yang maha Esa, tercantum dalam qs. Ibrahim ayat 52. Adz-Dzikir yang artinya pemberi peringatan, dijelaskan dalam qs Al-Hijr ayat 9 bahwa sesungguhnya Allahlah yang menurunkan Adz Dzikir dan Alllah yang akan memeliharanya.  Al-Busyra yang artinya kabar gembira, Al Quran diturunkan sebagai petuunjuk dan juga sebagai kabar gembirabagi kaumNya, dijelaskan dalam qs. An Nahl ayat 102. Memiliki nama lain Al-Hikmah yang artinya kebijaksanaan, tercantum dalam qs al-israa’ ayat 39. Memiliki nama lain yaitu All-Furqon, yaitu pembeda mana yang benar dan mana yang salah, tercantum dalam qs Al Furqan ayat 1. At-Tanzil yaitu yang diturunkan, Al quran benar-benar diturunkan oleh Allah swt untuk seluruh makhluk yang ada di dunia ini. Tercantum dalam qs Asy-Syu’raa ayat 192. Nama lain dari al qur’an lainnya adalah Ar-rahmat yang artinya karunia tercantum dalamn qs An-naml ayat 77, Al Qaul yang artinya perkataan atau ucapan, tercantum dalam qs Al-Qashash ayat 51, Ar-Ruh yang tercantum dalam qs. As- Syuraa ayat ke 52, Al Basha’ir yaitu pedoman yang tertulis pada qs. Al-Jaatsiyah ayat 20, dan Al Huda artinya petunjuk yang tercantum dalam qs Al- Jin ayat 13.

pexels.com

Keistimewaan-Keistimewaan Ya Sin

Hampir semua orang islam mengamalkan surat yasin, surat ini biasa kita dengar dan baca berulang-ulang kali dalam satu minggu bahkan ada juga yang setiap hari. Surat ini juga digunakan sebagai surat yang digunakan untuk mendoakan orang-orang yang suudah meninggal dunia. Hal ini disebabkan bahwa ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membaca ini untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal. Keistimewaan surat ini tidak hanya sampai disitu saja, namun ada banyak sekali keistimewaan yasin yang bisa anda ketahui.

  • Diampuni dosa-dosanya

Keistimewaan surat yasin yang pertama adalah mampu mengampuni dosa-dosa orang, hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh At Thabrani disebutkan bahwa jika malam ini kita membaca surat yasin maka keesokan pagi dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

  • Akan mendapatkan ketenangan hati

Membaca al quran sama saja dengan melakukan dzikir, orang-orang yang membaca dzikir maka akan memiliki hati yang tenang. Begitu juga orang-orang yang membaca surat ini sesering mungkin maka hatinya akan tenang. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam Ar-ra’ad : 28 yang artinya bahwa orang-orang yang beriman mereka memiliki hati yang tenteram karena mengingat Allah swt. Dan cara mengingat Allah swt adalah dengan membaca yasin.

  • Akan terhindar dari siksa kubur

Siksa yang ada di dalam kubur juga pedih sama dengan di neraka, dan ini sesuaikan dengan amal perbuatan sewaktu hidup di dunia. Dengan membaca surat ini maka akan meringankan siksaan anda di dalam alam kubur yang sangat mengerikan. Hal ini sudah dijelaskan dalam tafsir Nu rats-tsagalayn 373 dijelaskan bahwa barang siapa yang mengunjungi makam seseorang kemudian membacakan surat yasin maka Allah akan meringankan siksaan kubur orang tersebut, maka tidak heran jika ada banyak orang khususnya anak yang datang ke kuburan dan mendoakan orang tua dengan membaca yasin.

  • Mempermudah sakarotul maut

Dengan membaca surat yasin maka mempermudah seseorang untuk melewati sakaratul maut. Hal ini sesuai dengan tafsir al quran Al-azhim 562 yang menjelaskan bahwa dengan membaca  yasin disisi mayat maka akan menurunkan rahmat dan berkah yang banyak, juga memudahkan keluarnya ruh. Sehingga waktu sakaratul akan lebih cepat dan nikmat. Maka tidak heran jika ada banyak orang yang membaca yasin saat ada orang yang sedang melakukan sakarotul maut.

  • Mati Syahid

Keistimewaan selanjutnya adalah barang siapa yang membiasakan membaca surat yasin setiap malam maka saat ia menemui ajalnya ia mati dengan keadaan syahid. ajalnya juga akan dipermudah. Hal ini dijelaskan dalam HR Ayt-thobroni dari pernyataan Anas bin Malik.

  • Mampu mempermudah segala urusan

Barang siapa yang membaca surat yasin di waktu pagi hari maka pekerjaan dihari tersebut akan dimudahkan oleh Allah swt, akan berhasil, dan juga tugasnya akan dimudahkan hingga pagi hari besoknya. Hadis tersebut terdapat dalam Sunan darimi juz 2 halaman 549. Bagi anda terlilit hutang maka surat yasin sangat disarankan untuk anda baca setiap hari.

  • Mampu meningkatkan keimanan

Cobalah untuk membaca surat ini beserta terjemahannya, maka anda akan terpesona betapa besarnya keagungan Allah swt. Anda akan tahu seberapa mengerikannya kematian, betapa semangatnya perjuangan pendakwah dalam membela islam, dan lain sebagainya. Dengan adanya beragam penjelasan di dalam terjemahan maka membantu kita untuk paham isinya, sehingga iman kita juga akan bertambah.

  • Semua hajat atau keinginan akan dikabulkan

Dijelaskan bahwa barang siapa yang membaca surat yasin saat mencapai ayat 58 dibaca berulang-ulang kali hingga 7 kali maka Allah akan mempermudah mengabulkan hajat kita. Sehingga bagi anda yang memiliki hajat bisa mencoba cara ini agar hajat atau keinginan segera tercapai.

pexels.com
  • Mendapatkan kemuliaan

Semua surat yang ada di dalam al quran baik, sebagaimana dijelaskan dalam HR Abu daud bahwa siapa saja yang membaca al quran juga beramal sesuai dengan isi kandungannya maka akan dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota saat hari kiamat tiba. Dan cahaya mahkota tersebut lebih baik dibanding dengan sinar matahari. Dan surat yasin adalah salah satu surat yang menjadi jantung Al quran, maka manfaatkan akan lebih banyak lagi yang bisa didapatkan.

  • Menjadi keluarga Allah swt

Jika anda rajin membaca yasin maka anda akan mendapatkan keistimewaan yang sangat besar, anda bahkan akan di anggap keluarga oleh Allah swt. Dijelaskan dalam HR Ahmad dan Ibnu Majah bahwa Sesungguhnya Allah swt memiliki keluarga yang berasal dari kalangan keluarga, dan siapa mereka?, yaitu ahlul qur’an dan mereka adalah orang-orang khusus. Dengan menghafal yasin maka anda juga akan menjadi keluarga Allah swt.

  • Memberikan syafa’at saat hari kiamat tiba

Hari kiamat merupakan hari mengerikan bagi orang-orang yang tidak beriman. Di jelaskan dalam HR Muslim Rosululllah bersabda bacalah al quran karena saat tiba hari kiamat maka al quran akan datang dan memberikan syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya. Selain mendapatkan syafaat dari nabi karena sering bersholawat, anda juga akan mendapatkan syafa’at dari al quran.

  • Jiwa yang bersih

Dengan rutin membaca al quran maka akan menjadikan jiwa kita bersih, dan ini berlaku untuk semua ayat yang ada di al quran, dijelaskan juga dari sahabat Abu Musa Al-Asya;ri bahwa Rosululllah saw bersabda bahwa perumpamaan seorang mu’min yang rajin atau giat membaca al quran maka akan memiliki wangi seperti buah Al-Atrrujah, memiliki bau yang wangi dan rasa yang enak. dan untuk perumpamaan mukmin yang tidak membaca al quran maka memiliki wangi seperti buah tamr atau kurma, tidak ada aroma tetapi rasanya manis. Untuk perumpamaan orang yang munafik yang rajin membaca al quran adalah seperti buah raihanah yang memiliki bau wangi namun rasanya pahit. Dan orang munafik yang tidak membaca al quran maka seperti buah hanzhalah tidak ada aroma wangi dan rasanya pahit.

  • Pengampunan kita akan lebih mudah diterima oleh Alah swt

Manusia adalah orang yang sering melakukan kesalahan dan kekhilafan, sehingga banyak manusia khususnya orang islam yang meminta mohon kepada Allah atas dosa yang dilakukannya. Agar pengampunan anda cepat dimaafkan maka salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan membaca yasin. Membaca yasin akan mempermudahkan kita untuk mendapatkan pengampunan dari Allah swt.

  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Hal ini dijelaskan dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi bahwa Rosululah saw menjelaskan bahwa surat yasin merupakan jantung dari Al quran, dan bagi yang membaca yasin maka akan diberikan pahala sebanyak 10 kali membaca al quran.

  • Akan memberikan cahaya pada kegelapan

Dengan membaca yasin atau al quran maka sesuai dengan HR baihaqi dijelaskan akan mendapatkan cahaya di kegelapan.

  • Akan mendapatkan cahaya saat hari kiamat tiba

Taukah anda bahwa menjelang kiamat datang akan dimatikan semua cahaya yang ada di dunia, jika anda sering membaca surat yasin maka akan mendapatkan cahaya dari Allah swt sehingga mempermudah untuk segala urusan sekaligus menolong di akhirat nanti. Hal ini dijelaskan oleh Abu Hurairoh ra berkata bahwa Rosulullah saw bersabda siapa yang mendengar satu ayat dari Al-quran maka akan mendapatkan satu kebaikan yang dilipat gandakan, dan apabila membacanya maka akan mendapatkan cahaya besok di hari kiamat.

  • Akan mendapatkan pahala layaknya orang yang bersodaqoh

Allah swt adalah Tuhan yang pemurah lagi maha penyayang, maka tidak heran bagi anda kaum muslim yang membaca al quran mendapatkan pahala seperti orang yang bersedekah. Hal ini diriwayatkan oleh HR Abu Dawud Tirmidzi dan juga Nisa bahwa orang yang membaca al quran secara terang-terangan maka ia seperti layaknya orang yang bersedekah secara terang-terangan, dan begitu juga orang yang membaca al quran secara sembunyi-sembunyi maka seperti orang yang bersodaqoh secara sembunyi-sembunyi.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan membaca surat yasin. Selain keistimewaan di atas, masih ada banyak lagi keistimewaan lainnya yang akan anda dapatkan. Pastikan anda membaca surat yang ada di dalam al quran ini dalam keadaan suci dari segala hadas dan najis.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *