Tanda-Tanda  Husnul Khatimah  yang Harus Anda Ketahui

Setiap manusia pastinya akan meninggal tetapi  memang waktu, tempat dan bagaimana kematian itu datang tidak ada yang mengetahuinya. Pasalnya kematian adalah rahasia dan yang mengetahuinya hanya Allah semata.  Dalam Islam, dikenal dua jenis keadaan kematian yakni husnul khatimah dan suul khatimah.  Tentunya seluruh umat islam mendambakan untuk bisa meninggal dalam keadaan husnul khatimah (Akhir Hayat yang Bagus) dibandingkan suul khatimah (akhir hayat yang buruk).  Nah,  dalam husnul khatimah, terdapat beberapa tanda yang mesti harus Anda ketahui. Namun sebelum membahas mengenai tanda-tanda husnul khatimah, ketahui terlebih dahulu seperti ada keadaan kematian yang satu ini secara lebih mendalam.

Penjelasan Mengenai Husnul Khatimah

Apabila dilihat dari segi bahasa, husnul khatimah memunyai arti sebagai akhir yang baik atau bagus. Keadaan tersebut merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah dalam mengakhiri kehidupan salah satu hambanya dengan keadaan yang paling baik.  Perlu Anda ketahui bahwa husnul khatimah ini tidak bisa Anda raih tanpa usaha, perencanaan, persiapan yang baik termasuk hanya dengan berpangku tangan saja. Salah satu persiapan dalam meraih kematian yang husnul khatimah, telah dicantumkan dalam ayat Al-Quran pada QS: Al-Hasyr: 18). Dalam ayat tersebut setiap manusia diingatkan untuk mempersiapkan hari esok (akhirat) dengan baik dan selalu bertakwa kepada Allah.

pxhere.com

Setiap insan yang  menginginkan husnul khatimah, harus   mengevaluasi amal yang telah diperbuat selama kehidupan baik itu secara harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Hal tersebut kembali lagi ke fakta bahwa tidak ada yang mengetahui kapan kematian tersebut akan  datang menghampiri. Anda harus mulai menata kehidupan dan kebiasaan yang dipunyai apabila masih mengharapkan husnul khatimah. Niscaya ketika kematian yang husnul khatimah sudah diperoleh, akan dijauhkan  dari siksa atau azab kubur yang mengerikan.

 

Tanda-Tanda Husnuh Khatimah

Setelah Anda mengetahui mengenai penjelasan lengkap kematian yang husnul khatimah, informasi berikutnya yang harus diketahui  adalah tanda-tandanya.  Semua tanda yang akan dijelaskan ini beradasarkan dari Al-Quran dan dalil-dalil hadist yang ada. Untuk itulah Anda tidak perlu ragu mempercayai semua tanda-tanda husnul khatimah. Adapun semua tanda yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Meninggal dengan Mengucapkan Kalimat Syahadat

Tanda pertama  dari husnul khatimah adalah orang yang meninggal dengan tak lupa mengucapkan “La Ilaaha illallah” atau kalimat syahadat.

pxhere.com
  1. Meninggal pada Hari Jumat atau Malamnya

Siapapun yang meninggal pada malam jumat atau hari jumat akan dijaga oleh Allah dari finah kubur. Hal tersebut merupakan tanda kedua dari husnul khatimah yang harus Anda ketahui dan terdapat pada HR. Ahmad 6582 dan Tirmidzi 1095.

  1. Meninggal dengan Keadaan di Dahi Terdapat Keringat

Meninggal dengan adanya keringat pada dahi merupakan tanda ketiga dari kematian yang husnul khatimah. Tanda yang satu ini sudah disabdakan oleh Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam   yang tercantum dalam HR. Ahmad 22964, Nasai  1839 dan sebagainya).

  1. Menginggal Pada Saat Terkena Penyakit Perut

Dalam  HR. Muslim,  Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda mengenai seseorang yang meninggal oleh sebab sakit perut maka dianggap kematiannya syahid.  Maka dari itulah tanda keempat dari husnul khatimah  adalah siapa yang meninggal pada saat terkena penyakit atau sakit perut seperti usus, ginjal, lambung, dan berbagai penyakit perut lainnya.

pxhere.com
  1. Perempuan yang Meninggal Ketika Melahirkan Anaknya

Siapa saja perempuan yang meinggal ketika melahirkan anak dari dalam perutnya maka dianggap sebagai syahid.  Pernyataan tersebut terdapat dalam Sabda Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam yang tercantum di HR. Ahmad.

  1. Meninggal Karena Terkena Penyakit Seperti Penyakit Kulit (Tha’un)

Tanda-tanda husnul khatimah berikutnya adalah siapa saja yang meninggal karena penyakit tha’un. Tanda ini telah disabdakan oleh Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam pada HR. Muslim. Bagi yang belum mengetahui, penyakit Tha’un adalah penyakit yang sejenis atau seperti penyakit kulit seperti bisul, memar, bengkak dan lain sebagainya.

  1. Meninggal dalam Perang untuk Membela Agama Islam (Jihad Fisabilillah)

Siapa saja yang meninggal dalam perang untuk tujuan membela  agama Islam atau yang disebut dengan Jihad Fisabilillah akan  mendapatkan rizki langsung dari Allah sehingga merupakan tanda seseorang meninggal dengan husnul khatimah. Ketika perang tersebut terjadi di luar negri yang jauh dari kampung halaman jenazah, silahkan cek info di situs benama cargo jenazah lebih lanjut.

  1. Meninggal Karena Terbakar Api dan Tenggelam

Tanda kedelapan dari kematian yang husnul khatimah adalah seseorang yang meninggal karena terbakar api dan tenggelam. Keduanya ini bisa Anda cek pada HR. Abu Daud dan Hr. Bukhari karena Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri sudah bersabda akan kedua hal tersebut.

  1. Meninggal Karena Kejatuhan

Seseorang dianggap mati syahid sehingga husnul khatimah adalah yang meninggal karena kejatuhan baik itu kejatuhan bangunan ataupun jatuh dari tebing yang tinggi.

  1. Meninggal Sesudah Melakukan Amalan Shaleh

Siapapun yang meninggal ketika atau sesudah melakukan amalan saleh maka sudah tergolong meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

  1. Meninggal Tanpa ada Raut Wajah yang Takut

Semua umat islam yang semasa hidupnya sering melakukan amalan shaleh maka ketika meninggal akan mempunyai raut wajah yang tanpa takut menghadapi kematian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *