Tips Jualan Online Agar Sukses

Adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern serta kita mudahnya akses internet membuat pertumbuhan toko online semakin hari semakin melesat pesat. Sampai dengan saat ini, berbagai macam produk maupun jasa telah dipasarkan para pelaku usaha di dunia maya. Tentunya, kegiatan yang dilakukan para pelaku usaha ini untuk mendatangkan untuk besar setiap bulannya. Apabila anda tertarik untuk membuka usaha dalam bentuk toko online, maka anda wajib mengetahui beberapa tips jualan online.

Apabila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, masyarakat tanah air telah terbiasa dengan transaksi jual beli konvensional (bertatap muka). Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat lebih tertarik dengan segala hal yang serba praktis sehingga banyak yang mulai melakukan transaksi pembelian via online. Adanya fenomena yang demikian ini tentu menjadi sinyal positif bagi para pelaku usaha untuk bisa meraup untuk besar dengan cara membuat toko online.

Secara umum, membuka toko online sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu sampai mempelajari cara buka situs yang diblokir atau informasi rumit yang lain, membuat toko online juga tak perlu susah-susah mengeluarkan biaya mahal. Anda bisa coba menggunakan marketplace yang dapat memberikan kemudahan cara membuat toko online bagi para pemula maupun pelaku usaha. Apabila anda penasaran dengan manisnya laba dari peluang bisnis toko online, pertama anda perlu mengetahui apa saja tips jualan online.

pexels.com

Tips Jualan Online Terlengkap

Semenjak trend toko online telah booming di tanah air, sekarang ini banyak kalangan masyarakat yang mulai beralih dari sistem belanja konvensional menjadi sistem belanja online.  Dengan adanya trend tersebut, sekarang ini calon konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkan tanpa harus repot-repot ke luar rumah. Kemudahan yang ditawarkan toko onlinetersebut telah menjadi salah satu daya tarik yang mendorong pertumbuhan bisnis toko online di tanah air. Adapun tips jualan online yang bisa dilakukan yaitu dengan:

  1. Meninggalkan Komen pada Akun Selebgram atau Artis

Meninggalkan iklan dalam kolom komentar media sosial artis atau selebgram akan membantu masyarakat mengenal produk yang anda jual. Sesuaikan segmen dengan produk penjualan anda. Apabila anda menjual produk barang kesehatan, anda bisa mengiklankan toko anda pada atlet olahraga dan semacamnya. Hindari untuk meninggalkan komen yang berbau-bau spam.

  1. Endorse Selebgram atau Influencer yang Sedang Naik Daun

Tips jualan online yang bisa anda coba yaitu dengan meng-endorse selebgram. Pilihlah seseorang yang memiliki pengaruh, khususnya bagi anak-anak muda. Tidak mesti sepenuhnya selebgram, anda juga dapat memilih seorang influencer yang memiliki jumlah pengikut cukup besar.

  1. Upload Foto Secara Regular dan Teratur

Dalam dunia bisnis, konsisten adalah hal yang nomer satu. Apabila anda berniat membuka toko online, pastikan anda rutin meng-upload produk yang anda jual. Adanya sikap konsisten akan menunjukkan kepada para konsumen bahwa toko anda benar-benar serius bergerak dalam bidang online shop.

pexels.com
  1. Menyelipkan Foto dan Video Secara Lengkap

Untuk bisa menarik calon konsumen, buatlah iklan atau postingan yang semenarik mungkin. Apabila anda menjual produk elektronik, anda bisa membuat video seputar review gadget, atau semacamnya. Dengan penjelasan yang lengkap serta dikemas dengan cara menarik akan membuat toko anda dipercaya oleh banyak konsumen.

  1. Menggunakan Hashtag Berkaitan

Tips jualan online berikutnya yang perlu dilakukan ketika anda mengunggah postingan produk anda yaitu dengan menuliskan hashtag pada bagian captionnya. Penggunaan hashtag dalam toko online akan membantu konsumen dalam menemukan produk yang dicari. Gunakan hashtag yang simpel, namun mewakili produk yang anda jual.

  1. Promosi Lewat Media Sosial

Tips terakhir yang bisa anda lakukan ketika ingin sukses di dunia toko online adalah rutin mempromosikan produk anda lewat media sosial. Seperti yang telah diketahui, media sosial digunakan oleh banyak kalangan untuk melakukan proses interaksi. Apabila anda menggunakan media sosial sebagai ajang di mana anda mengenalkan produk yang anda jual, maka tindakan tersebut menjadi pilihan yang sangat tepat.

pexels.com

Perencanaan Bisnis

Sebelum mulai membuka toko online, ada baiknya memang anda perlu meluangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Adanya perencanaan bisnis ini akan membantu kelangsungan toko online milik anda. Perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran. Adapun beberapa faktor penentu yang berkaitan langsung dengan usaha milik anda:

  1. Pengeluaran Produksi

Walau memang jualan secara online gratis, namun perlu diingat apabila masih tetap ada biaya produksi. Oleh sebab itu, tentukan apakah produk yang anda jual adalah produk sendiri atau produk yang di mana ada kontrak dengan produsen.

  1. Biaya Pengiriman

Hal yang paling dekat dalam bisnis online adalah jasa pengiriman. Seperti yang sudah diketahui, bisnis online memang membuat konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung. Dari kejadian ini, tentu dibutuhkan jasa pengiriman agar produk yang dijual di produsen sampai di tangan konsumen. Pertimbangkan untuk memilih jasa pengiriman dari segi biaya, keamanan, serta cepat lambatnya.

  1. Biaya Memberi Nama Domain

Meskipun jualan online tidak membutuhkan modal, namun apabila anda ingin mengubah domain, maka anda akan dikenakan biaya.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *