Mengenal Jenis Rayap Dan Cara Mengatasinya Dengan Umpan Rayap Serta Cara Lainnya

Rayap adalah salah satu jenis hama yang butuh tingkat kelembaban tinggi agar bisa bertahan hidup. Indonesia adalah Negara yang cocok karena Indonesia memiliki iklim tropis yang panas namun memiliki kelembaban yang tinggi. Hal ini membuat pertumbuhan populasi rayap di Indonesia meningkat dan distribusi pertumbuhannya rata di seluruh daerah. Karena hal ini juga, banyak keluar di Indonesia yang harus menanggung kerugian yang tidak sedikit akibat rayap. Seperti yang anda ketahui bahwa rayap tidak memberikan keuntungan, hanya memberikan kemalangan karena merusak rumah beserta isinya. Rayap dapat merusak segala hal, mulai dari kayu, tanah hingga dinding rumah. Apabila tidak dilakukan pencegahan maupun pemusnahan rayap, maka tingkat kerugian yang harus ditanggung akan semakin besar. Cara pertama yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah memasang umpan rayap untuk membuat rayap-rayap keluar dari sarangnya dan memudahkan untuk memusnahkan rayap.

Di harapkan menggunakan umpan maupun memusnahkan rayap adalah cara terakhir yang dilakukan. Lebih baik mencegah agar rayap tidak datang dan merusak rumah beserta segala isinya daripada harus memperbaikinya. Seperti pepatah, “sedia payung sebelum hujan” dan juga “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

pxhere.com

Mengenal jenis rayap yang dapat diberi umpan rayap

Sebelum memasang umpan, langkah pertama adalah mengenal jenis-jenis rayap. Dengan mengenal rayap lebih baik, tentunya pemilihan dan pemasangan umpan bisa lebih tepat. Di Indonesia terdapat 3 jenis rayap yang dikategorikan berdasarkan tempat mereka bersarang atau keadaan ekologisnya. Berikut adalah 3 jenis rayap tersebut:

  1. Rayap tanah

Sesuai namanya, rayap tanah adalah jenis rayap yang tinggal dan membuat sarang di bawah tanah. Rayap jenis ini adalah rayap yang paling banyak ditemukan di daerah perumahan. Agar bisa tetap hidup, rayap tanah harus dekat dengan sumber kelembaban, karenanya rayap tanah akan membuat banyak terowongan yang akan mempermudah akses dari sarang ke tempat yang lembab. Ketika musim kemarau telah tiba, sarang rayap akan berada lebih jauh di dalam tanah agar lingkungan di sekitarnya tetap bisa lembab. Untuk jenis rayap ini, anda bisa memasang umpan rayap di atas tanah dekat lubang-lubang yang muncul di tanah.

  1. Rayap kayu kering

Rayap jenis ini hidup dalam koloni yang kecil dan tinggal atau membuat sarang di potongan kayu. Dibandingkan jenis rayap lainnya, rayap kayu kering tidak terlalu produktif, hanya saja tingkat keparahan yang ditimbulkan lebih tinggi dan sulit untuk dideteksi di awal. Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering tidak perlu mencari tempat yang memiliki tingkat kelembaban tinggi dan tidak perlu tinggal di dalam tanah. Untuk memasang umpan bagi rayap kayu kering, letakkanlah umpan di dekat kayu di dalam maupun di luar rumah.

  1. Rayap kayu basah

Rayap ini senang tinggal di kayu yang sudah membusuk dan basah, entah karena kayu tersebut menempel pada tanah atau karena kayu tersebut terkena air. Rayap jenis ini yang paling sering ditemukan di area luar rumah seperti di pepohonan ataupun sebatang kayu di atas tanah. Sama seperti rayap kayu kering, anda bisa memasang umpan di tempat-tempat dekat dengan kayu untuk menarik keluar rayap.

pxhere.com

Usir hama rayap dengan obat rayap

Cara paling mudah untuk mengusir rayap, membasmi rayap atau membunuh rayap adalah menggunakan obat rayap. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukannya, berikut adalah penjelasannya:

  • Fumigasi

Dilakukan dengan melakukan pengasapan pada tempat/ benda yang kena serangan rayap. Tidak hanya bisa membunuh rayap, cara ini juga bisa membunuh jentik nyamuk. Pastikan anda melindungi pernapasan anda dengan masker khusus agar obat anti rayap tidak masuk ke tubuh.

  • Pengeboran

Cara ini membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk membuat lubang sedalam 20 cm dan menyuntikkan obat rayap sebanyak 2 liter per titik atau lubang.

pxhere.com
  • Spray

Cara spray lebih tepat digunakan untuk rayap yang tinggal di atas permukaan tanah, yaitu untuk rayap kayu kering dan kayu basah. Caranya sangat mudah, cukup disemprotkan pada sarang rayap.

  • Pemasangan umpan

Menggunakan umpan rayap dilakukan dengan cara memasang umpan di sekeliling rumah dengan jarak 2-3 meter antar umpan. Dengan cara ini, rayap akan memakan umpan yang telah diberi obat rayap. Seketika rayap-rayap akan mati dan tidak akan mengganggu rumah anda lagi. Pemasangan umpan dapat anda lakukan selama 2 bulan hingga rayap menghilang dari rumah anda.

 

 

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *