Keutamaan Umroh Sunnah

Bagi setiap orang, dapat melaksanakan umroh adalah hal yang luar biasa karena tidak semua orang memiliki rezeki lebih untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Umroh sunnah menjadi ibadah yang dinantikan dan diharapkan oleh setiap muslim. Apa saja keutamaan umroh sunnah? Di bwah ini adalah ulasannya untuk Anda.

Hukum, Dalil, dan Keutamaan Ibadah Umroh

Meskipun tidak bersifat wajib, umroh merupakan ibadah yang sangat diidamkan. Selain karena tidak semua orang dapat memiliki kemampuan melaksanakannya, melakukan umroh juga akan diganjar pahala yang sangat besar oleh Allah. Oleh karena itu, di bawah ini adalah ringkasan tentang hukum, dalil, dan keutamaan umroh.

  1. Merupakan Ibadah dan Jihad

Umrah adalah jihad sebagaimana ibadah haji. Dari HR Ibnu Majah, ‘Aisyah berkata,

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Perempuan wajib berjihad yang tidak ada peperangan di dalam jihad tersebut, yaitu dengan melakukan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih dikatakan oleh Syaikh Al Albani).

Jadi, umroh merupakan ibadah yang termasuk pada jihad fi sabilillah. Tidak perlu mengangkat senjata, namun umroh sudah menjadi jihad, terutama bagi kaum wanita.

  1. Akan Menghapuskan Dosa Bagi Pengamalnya
unsplash.com

Keutamaan umroh yang selanjutnya yaitu umroh akan menghapus dosa di antara dua umrah. Berdasarkan hadits di bawah ini yaitu:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan bagi haji yang statusnya mabrur tidak ada balasan yang lain selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

  1. Akan Menghapuskan Kemiskinan

Menurut hadits, amalan haji dan umroh akan menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan dosa kita. “Ikutilah amalam haji dengan ibadah umrah, karena kedua amalan itu akan menghapus dosa dan kefakiran seperti ahli logam yang membuang karat dari perak, emas, dan besi.” (HR. Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

Ketika kita melakukan umroh, harta kita bukannya terbuang namun akan semakin bertambah sehingga sifat kikir akan hilang. Oleh karena itu, segeralah melaksanakan ibadah umroh ini jika mampu.

  1. Bagi Yang Melaksanakan Akan Menjadi Tamu Allah

Orang yang melaksanakan haji dan umrah akan menjadi tamu Allah. Hal ini sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi: “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karenanya Allah akan memberi apa yang mereka minta apabila mereka meminta.” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Siapa yang tidak ingin menjadi tamu Allah? Oleh karena itu, ibadah umroh ini sangat banyak hikmah dan keutamaannya.

unsplash.com
  1. Umroh Akan Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa

Bagi orang yang melaksanakan umrah, harinya akan dipenuhi dengan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Umroh mengajarkan kita untuk mengejar pahala dengan mendatangi Masjidil Haram. Ketika melihat ka’bah, akan ada getaran luar biasa yang menghentak hati kita. Oleh karena itu, umrah akan meningkatkan kualitas iman ddan taqwa kita.

  1. Jika Kita Wafat Pada Saat Umroh, Pahalanya Akan Dicatat Hingga Hari Kiamat

Hal ini terdapat dalam hadits rasul yang dijelaskan oleh Abu Hurairah yang berbunyi: “Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia meninggal, makan akan dicatat baginya pahala seorang yang berhaji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia meninggal, niscaya akan dicatat untuknya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat, dan barangsiapa keluar untuk berperang dijalan Allah lalu ia meninggal, niscaya akan dicatat baginya pahala seorang yang tengah berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.

Jadi, jika kita meninggal saat sedang melaksanakan mroh, pahala umroh kita akan dicatat hingga hari kiamat dan niscaya kita akan menjadi orang yang beruntung. Tentu kita mau kan jadi orang yang beruntung.

unsplash.com
  1. Doanya Akan Dikabulkan Oleh Allah Ketika Sedang Umrah

Bagi orang yang sedang melaksanakan umroh, doa yang dipanjatkan akan menjadi makbul dan diterima oleg Allah karena mereka merupakan tamu Allah. Hal ini seperti tercermin dalam hadits:

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Hal ini menunjukkan bahwa ibadah umrah sangat luar biasa. Tidak heran setiap orang berlomba-lomba mengejar pahala umroh sunah ini. Nah, jika Anda hendak melaksanakan umroh namun terhalang biaya, ada solusinya dengan umroh murah solo di umrahmurahsolo.com. Umrohmurahsolo menyediakan paket umroh dengan tarif 28 juta rupiah menggunakan turkish airlines. Paket umroh ini selama 9 hari.

Jika Anda tertarik, segeralah daftar ke umroh murah solo dan raihlah keutamaan umroh sunnah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *